Selasa, 31 Agustus 2021

Persiapan Liburan Akhir Tahun

Persiapan Liburan Akhir TahunSekarang adalah liburan menjelang akhir tahun 2012. Saatnya kita menuju tahun baru 2013. Tentunya menggunakan semangat baru, tekad baru, tampilan baru, dan lainnya yang pula harus baru. Dengan tahun baru ini, semoga kita sanggup menjadi yang lebih baik menurut kita dalam tahun 2012. Nah, yang sekarang cukup menciptakan kita sibuk adalah persiapan liburan akhir tahun 2012. Apa sajakah persiapan liburan akhir tahun 2012 yang baik & sahih? Langsung saja kita simak yang pertama.?.

(saya akan menyusunnya supaya sesuai dengan motto HdS yaitu for your home, education, and business)

Anda mampu membersihkan rumah, kamar, taman, dan lainnya. ?Rumah? Bukan hanya mempersiapkan diri di pada tempat tinggal , namun mampu berupa hubungan Anda dengan famili dan orang-orang/lingkungan pada lebih kurang rumah Anda. Seperti meminta maaf bila Anda merasa pernah melakukan kesalahan terhadap tetangga Anda.

(Selengkapnya baca artikel mengenai Aktivitas Liburan di Rumah & Manfaat Beres-Beres Ketika Liburan)

Anda mampu mempersiapkan diri dengan belajar supaya pada tahun baru 2013 nanti Anda sanggup sebagai lebih baik. Anda jua mampu mempersiapkan indera tulis & buku tulis agar Anda mampu lebih siap menghadapi semester depan. Baikkan jua interaksi Anda menggunakan gebetan Anda & jua teman Anda. Tetaplah herbi mereka melalui SMS.

(Selengkapnya baca artikel mengenai Akrab dengan Teman Lewat SMS. Caranya? & Jauh Dengan Orang yang Di Sayang? Ini Tipsnya)

Lakukanlah usaha yg cocok dilakukan ketika liburan akhir tahun. Seperti jualan alat tulis, les privat tambahan, jualan kembang api, dll. Liburan bukan berarti Anda nir sanggup menerima uang, malah Anda sanggup mendapatkan banyak uang saat liburan. Yang lebih cantik, Anda mampu mencari relasi yg banyak waktu liburan.

(Selengkapnya baca artikel mengenai Peluang Bisnis yg Bagus Saat Liburan)

9 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Liburan

9 Persiapan Jelang Akhir Liburan

Apa yg Dilakukan Saat Liburan?

Cara Menghilangkan Rasa Bosan Saat Liburan Panjang

Liburan: Antara Santai & Sibuk

Semoga berguna Catatan Harian

Senin, 30 Agustus 2021

Perubahan Sosial dan Budaya Massa (Artikel Lengkap Sosiologi)

Perubahan sosial adalah proses sosial yang dialami sang anggota rakyat dan semua unsur-unsur budaya & sistem-sistem sosial, pada mana semua tingkat kehidupan rakyat secara sukarela atau ditentukan oleh unsur-unsur eksternal meninggalkan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial lama lalu beradaptasi atau menggunakan pola-pola kehidupan, budaya, dan sistem sosial yang baru.

Perubahan sosial terjadi ketika terdapat kesediaan anggota rakyat buat meninggalkan unsur-unsur budaya dan sistem sosial usang & mulai beralih menggunakan unsur-unsur budaya dan sistem sosial yang baru. Perubahan sosial dicermati sebagai konsep yang serba meliputi semua kehidupan masyarakat baik pada tingkat individual, gerombolan , rakyat, negara, & global yg mengalami perubahan.

Hal-hal penting dalam perubahan sosial menyangkin aspek-aspek sebagai berikut, yaitu; perubahan pola pikir masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, perubahan budaya materi. Pertama, perubahan pola pikir dan sikap masyarakat menyangkut persoalan sikap masyarakat terhadap berbagai persoalan sosial dan budaya di sekitarnya yang berakibat terhadap berbagai persoalan sosial dan budaya di sekitarnya yang berakibat terhadap pemetaraan pola-pola pikir baru yang dianut oleh masyarakat sebagai sebuah sikap yang modern. Contohnya, sikap terhadap pekerjaan bahwa konsep dan pola pikir lama tentang pekerjaan adalah sektor formal (menjadi pegawai negeri), sehingga konsep pekerjaan dibagi menjadi dua, yaitu sektor formal dan informal. Saat ini terjadi perubahan terhadap konsep kerja lama di mana pekerjaan konsep tidak sebagai sektor formal (menjadi pegawai negeri), akan tetapi dikonsepkan sebagai sektor yang menghasilkan pendapatan maksimal. Dengan demikian, maka bekerja tidak saja di sektor formal, akan tetapi di mana saja yang penting menghasilkan uang yang maksimal, dengan demikian konsep kerja menjadi sektor formal, yaitu bekerja di pemerintahan, sektor swasta yaitu bekerja di perusahaan swasta besar, sektor informal yaitu bekerja di sektor informal, seperti wiraswasta kecil, kaki lima, LSM, dan sebagainya, serta sektor lepas yaitu bekerja sebagai secara kontrakkan di berbagai kegiatan, proyek, dan sebagainya. Kedua, perubahan perilaku masyarakat menyangkit persoalan perubahan sistem-sistem sosial, di mana masyarakat meninggalkan sistem sosial lama dan menjalankan sistem sosial baru, seperti perubahan perilaku pengukuran kinerja suatu lembaga atau instansi. Apabila pada sistem lama, ukuran-ukuran kinerja hanya dilihat dari aspek output dan proses tanpa harus mengukur sampai di mana output dan proses itu dicapai, maka pada sistem sosial yang baru sebuah lembaga atau instansi diukur sampai pada tingkat kinerja output dan proses tanpa harus mengukur sampai di mana output dan proses itu, yaitu dengan menggunakan standar sertifikasi seperti BAN-PT pada perguruan tinggi dan sertifikasi ISO pada lembaga-lembaga umum termasuk perguruan tinggi. Ketiga, perubahan budaya materi menyangkut perubahan artefak budaya yang digunakan oleh masyarakat, seperti model pakaian, karya fotografi karya film, teknologi, dan sebagainya yang terus berubah dari waktu ke waktu menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Masyarakat memulai kehidupan mereka pada suatu fase yang disebut primitif di mana manusia hidup secara terisolir dan berpindah-pindah disesuaikan dengan lingkungan alam dan sumber makanan yang tersedia. Manusia saat ini hidup dalam kelompok-kelompok kecil (band) dan terpisah dengan kelompok manusia lainnya.

Fase berikutnya adalah fase agrokultural, ketika lingkungan alam mulai tidak lagi mampu memberi dukungan terhadap manusia, termasuk juga karena populasi manusia mulai banyak, maka pilihan budayanya adalah bercocok tanam di suatu tempat dan memanen hasil pertanian itu serta berburu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada fase ini budaya berpindah-pindah masih tetap digunakan walaupun pada skala waktu yang relatif lebih lama.

Fase tradisional dijalani oleh masyarakat dengan hidup secara menetap di suatu tempat yang dianggap stratedis untuk penyediaan berbagai kebutuhan hidup masyarakat, seperti di pinggir sungai, di pantai, di lereng bukit, di dataran tinggi, di dataran rendah yang datar, dan sebagainya. Pada fase ini kita mulai mengenal kata ‘desa’ di mana beberapa band (kelompok kecil masyarakat) memilih menetap dan saling berinteraksi satu dan lainnya sehingga menjadi kelompok besar dan menjadi komunitas desa, mengembangkan budaya dan tradisi internal serta membina hubungan dengan masyarakat di sekitarnya.

Pada fase transisi, kehidupan desa sudah sangat maju, isolasi kehidupan hampir tidak ditemukan lagi dalam skala luas, transportasi sudah lancar walaupun untuk masyarakat desa tertentu masih menjadi masalah. Penggunaan media informasi sudah hampir merata. Namun secara geografis, masyarakat transisi berada di pinggiran kota serta hidup mereka masih secara tradisional, termasuk pola pikir dan sistem sosial lama masih silih berganti digunakan dan mengalami penyesuaian dengna hal-hal yang baru dan inovatif. Dengan demikian, maka umumnya masyarakat transisi bersifat mendua atau ambigu terhadap sikap, pandangan, dan perilaku mereka sehari-hari. Pola pikir masyarakat masih tradisional dan masih memelihara kekerabatan namun perilaku masyarakat sudah terlihat individualis. Sesuatu yang masih dominan dalam kehidupan masyarakat ini adalah proses asimilasi budaya dan sosial yang belum tuntas dan terlihat masih canggung di semua level masyarakat.

Fase modern ditandai dengan peningkatan kualitas perubahan sosial yang lebih jelas meninggalkan fase transisi. Kehidupan masyarakat sudah kosmopolitan dengan kehidupan individual yang sangat menonjol, profesionalisme di segala bidang dan penghargaan terhadap profesi menjadi kunci hubungan-hubungan sosial di antara elemen masyarakat. Di sisi lain, sekularisme menjadi sangat dominan dalam sistem religi dan kontrol sosial masyarakat serta sistem kekerabatan mulai diabaikan. Anggota masyarakat hidup dalam sistem yang sudah mekanik, kaku, dan hubungan-hubungan sosial ditentukan berdasarkan pada kepentingan masing-masing elemen masyarakat. Masyarakat modern umumnya berpendidikan relatif lebih tinggi dari masyarakat transisi sehingga memiliki tingkat pengetahuan yang lebih luas dan pola pikir yang lebih rasional dari semua tahapan kehidupan masyarakat sebelumnya, walaupun kadang pendidikan formal saja tidak cukup untuk mengantarkan masyarakat pada tingkat pengetahuan dan pola pikir semacam itu. Secara demografis, masyarakat modern menempati lingkungan perkotaan yang cenderung gersang dan jauh dari situasi yang sejuk dan rindang, ditambah lagi karena kehidupan mereka yang serba mekanik sepanjang minggu sehingga masyarakat kota memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kebutuhan rekreasi di akhir minggu untuk rileks dan melepaskan kepenatan.

Fase postmodern adlaah sebuah fase perkembangan masyarakat yang pertama-tama dikenal di Amerika Serikat pada akhir tahun 1980-an. Di Indonesia ciri masyarakat postmodern dideteksi ada sejak tahun 1990-an. Masyarakat postmodern sesungguhnya adalah masyarakat modern yang secara finansial, pengetahuan, relasi, dan semua prasyarat sebagai masyarakat modern sudah dilampauinya. Walaupun terkadang ada satu dua masyarakat modern yang terlihat memiliki ciri postmodern walaupun belum memiliki kemampuan tersebut, namun hal itu bersifat temporer dan meniru-niru kelompok lain yang lebih mapan. Jadi, masyarakat postmodern adalah masyarakat modern dengan kelebihan-kelebihan tertentu di mana kelebihan-kelebihan itu menciptakan pola sikap dan perilaku serta pandangan-pandangan mereke terhadap diri dan lingkungan sosial yang berbeda dengan masyarakat modern atau masyarakat sebelum itu. Sifat-sifat yang menonjol dari masyarakat postmodern adalah:

Memiliki pola hidup nomaden, artinya kehidupan mereka yang terus bergerak dari satu tempat ke tempat lain menyebabkan orang sulit menemukan mereka secara ajeg termasuk dapat mendeteksi di mana tempat tinggal menetapnya. Hal ini disebabkan karena kesibukan mereka dengan berbagai usaha dan bisnis, akhirnya mereka bisa saja memiliki rumah di mana-mana di dunia ini.

Secara sosiologis mereka berada pada titik nadir, antara struktur dan agen, yaitu pada kondisi tertentu orang postmodern patuh pada strukturnya, namun pada sisi lain ia mengekspresikan dirinya sebagai agen yang mereproduksi struktur atau paling tidak agen yang terlepas dari strukturnya. Berdasarkan hal tersebut, maka berdasarkan pengamatan “orang luar” sesungguhnya pribadi postmodern adalah pribadi yang secara permanen ambivalensia atau mereka yang ambigu dalam pilihan-pilihan hidup mereka. Namun sesungguhnya pada pribadi-pribadi postmodern hal tersebut adalah pilihan-pilihan hidup yang demokratis dan ekspresi dari kebebasan pribadi orang-orang kosmopolitan.

Manusia postmodern lebih suka menghargai privasi, dan kegemaran mereka melebihi apa yang mereka anggap berharga pada hayati mereka, dengan demikian kegemaran khusus mereka menjadi aneh-aneh & unik.

Kehidupan pribadi yang bebas menyebabkan orang-orang postmodern menjadi sangat sekuler, memiliki pemahaman nilai-nilai sosial yang subjektif dan liberal sehingga cenderung terlihat sangat mobile pada seluruh komunitas masyarakat dan agama serta berbaai pandangan politik sekalipun.

Pemahaman orang postmodern yang bebas pula menyebabkan mereka cenderung melakukan gerakan back to nature, back to village, back to tradirional, atau bahkan back to religi, namun karena pemahaman mereka yang luas tentang persoalan kehidupan maka “gerakan kembali” itu memiliki perspektif yang berbeda dengan orang lain yang selama ini sudah dan sedang ada di wilayah tersebut.

Menurut Dennis McQuail, kata massa berdasarkan sejarah mempunyai dua makna, yaitu positif dan negatif. Makna negatifnya adalah berkaitan dengan kerumunan (mob), atau orang banyak yang tidak teratur, bebal, tidak memiliki budaya, kecakapan dan rasionalitas. Makna positif, yaitu massa memiliki arti kekuatan dan solidaritas di kalangan kelas pekerja biasa saat mencapai tujuan kolektif.

Sehubungan dengan makna komunikasi terutama komunikasi massa, makna kata massa mengacu dalam kolektivitas tanpa bentuk, yg komponen-komponannya sulit dibedakan satu menggunakan yang lainnya. Dengan demikian, maka massa sama dengan suatu kumpulan orang poly yang nir mengenal eksistensi individualitas.

Blumer pada McQuail, mengemukakan ada empat komponen sosiologis yang mengandung arti massa, yaitu:

Anggota massa adalah orang-orang dari posisi kelas sosial yang tidak sinkron, jenis pekerjaan yang berlainan, menggunakan latar belakang budaya yang beragam, dan tingkat kekayaan yg beraneka atau berasal berdasarkan segala lapisan kehidupan dan dari seluruh tingkatan sosial.

Massa terdiri berdasarkan individu-individu yg anonim.

Biasanya secara fisik anggota massa terpisah satu sama lainnya dan hanya masih ada sedikit hubungan atau penukaran pengalaman antar anggota-anggota massa dimaksud.

Keorganisasian dari suatu massa bersifat sangat longgar, dan tidak mampu untuk bertindak bersama atau secara kesatuan, seperti hanya suatu kerumunan (crowd).

Secara umum pengertian massa ditandai menggunakan:

Kurang mempunyai pencerahan diri.

Kurang mempunyai bukti diri diri.

Tidak bisa beranjak secara serentak & terorganisir buat mencapai suatu tujuan eksklusif.

Massa ditandai sang komposisi yg selalu berubah dan berada dalam batas daerah yang selalu berubah juga.

Massa tidak bertindak menggunakan dirinya sendiri, tetapi dikooptasi buat melakukan suatu tindakan.

Meski anggotanya heterogen, dan menurut seluruh lapisan sosial, massa selalu bersikap sama dan berbuat sinkron menggunakan persepsi orang yg akan mengkooptasi mereka.

Kata massa juga sering kali digunakan untuk menyebutkan kata konsumen di pasar massal, sejumlah besar pemilih dalam pemilu. Konsep massa kemudian mengandung pengertian masyarakat secara keseluruhan “masyarakat massa” (the mass society). Menurut McQuail, massa ditandai oleh (1) memiliki agregat yang besar; (2) tidak dapat dibedakan; (3) cenderung berpikir negatif; (4) sulit diperintah atau diorganisasi; dan (5) refleksi dari khalayak massa.

Media massa merupakan institusi yang menghubungkan seluruh unsur rakyat satu menggunakan lainnya menggunakan melalui produk media massa yg dihasilkan. Secara khusus institusi media massa merupakan (1) sebagai saluran produksi dan distribusi konten simbolis; (dua) sebagai institusi publik yang bekerja sesuai aturan yang ada; (tiga) keikutsertaan baik menjadi pengirim atau penerima adalah sukarela; (4) menggunakan standar profesional & birokrasi; dan (5) media menjadi perpaduan antara kebebasan & kekuasaan.

Kehidupan masyarakat kota, dalam umumnya, satu sama lain, tidak saling mengenal & kebutuhan yg dilandasi dalam interaksi sekunder, sehingga secara real media massa telah menjadi galat satu kebutuhan pada berinteraksi pada pada rakyat perkotaan satu dengan lainnya.

Namun penggunaan media massa berbeda dengan komunikasi antarpribadi. Media massa membutuhkan persyaratan tertentu dari pemakainya. Pertama adalah orang harus bisa membaca, sebalum mengonsumsi surat kabar atau majalah. Kedua, orang harus memiliki pesawat radio atau televisi, bila akan mengikuti siarannya, atau punya uang untuk beli karcis bila akan menonton film. Ketiga, kebiasaan memanfaatkan media (media habit). Untuk menjadi khalayak media massa, maka ketiganya perlu dimiliki atau dilakukan. Apabila tidak, maka mereka tidak bisa menjadi khalayak media massa atau masyarakat media.

Dalam penyampaian berbagai produk tayangan, media massa berupaya menyesuaikan dengan khalayaknya yang heterogen dan berbagai sosio-ekonomi, kultural, & lainnya. Produk media pun dalam akhirnya dibentuk sedemikian rupa, sebagai akibatnya bisa diterima oleh poly orang. Di sisi lain, media pula sering kali menyajikan keterangan, film, dan kabar lain dari aneka macam negara menjadi upaya media memberikan pilihan yg memuaskan bagi khalayaknya. Produk media baik yg berupa fakta, program famili, kuis, film, dan sebagainya, diklaim sebagai upaya massa yaitu karya budaya.

Berdasarkan karakteristik yang demikian, maka seni hiburan ini banyak diproduksi media buat menarik sebesar mungkin khalayaknya. Hal ini nir hanya ditentukan kebutuhan khalayak massa yang heterogen, juga adanya kepentingan komersial media yang kini masuk sebagai industri yg membutuhkan dana akbar melalui iklannya. Budaya massa dibentuk disebabkan:

Tuntutan industri pada pencipta buat membentuk karya yang poly dalam tempo singkat. Maka si pencipta buat menghasilkan karya yg poly pada tempo singkat, tidak sempat lagi berpikir, & menggunakan secepatnya menuntaskan karyanya. Mereka mempunyai sasaran produksi yg wajib dicapai pada saat eksklusif.

Karena massa budaya cenderung ?Latah? Menyulap atau meniru segala sesuatu yang sedang naik daun atau laku , sebagai akibatnya media berlomba buat mencari keuntungan sebesar-besarnya.

Pada umumnya budaya massa ditentukan oleh budaya terkenal. Pemikiran tentang budaya populer berdasarkan Ben Agger dapat dikelompokkan dalam empat genre (a) budaya dibangun dari kesenangan tetapi tidak substansial dan mengentaskan orang menurut kejenuhan kerja sepanjang hari; (b) kebudayaan populer menghancurkan nilai budaya tradisional; (c) kebudayaan sebagai perkara akbar pada pandangan ekonomi Marx kapitalis; & (d) kebudayaan populer merupakan budaya yang menetes menurut atas.

Kebudayaan populer banyak berkaitan dengan masalah keseharian yang dapat dinikmati oleh semua orang atau kalangan orang tertentu, seperti pementasan mega bintang, kendaraan pribadi, fashion, model rumah, perawatan tubuh, dan semacamnya.

Sebuah budaya yang akan memasuki dunia hiburan, maka budaya itu umumnya menempatkan unsur populer sebagai unsur utamanya. Dan budaya itu akan memperoleh kekuatannya manakala media massa digunakan sebagai by pass penyebaran pengaruh di masyarakat. Seperti Kapten Medison Avenue yang menggunakan media untuk menjual produk melalui studio dan televisi.

Budaya juga memiliki nilai yang membedakan satu budaya dengan budaya lainnya. Budaya yang memiliki nilai tinggi dibedakan dengan budaya yang memiliki nilai di bawahnya. Namun dalam budaya populer, ‘perangkat media massa’ seperti pasar rakyat, film, buku, televisi, dan jurnalistik akan menuntun perkembangan budaya pada ‘erosi nilai budaya’. Sedangkan kelompok konservatif seperti Edmund Burke mengatakannya dengan ‘erodi peradaban berharga’. Sedangkan Allan Bloom dalam bukunya The Clossing of The American Mind mengartikulasikan pemahaman kaum neokonservatif, di mana paham ini menyalahkan kebudayaan baru sebagai yang merusak kebudayaan tradisional. Kebudayaan populer tidak hanya secara langsung disalahkan bagi penantang inteligensia publik dan melemahkan keadaan normal, namun justru kritik neokonservatif semakin mempekeruh suasana dengan tidak menunjukkan sikap penyelamatan terhadap budaya tradisional.

Sampai ketika ini kaum ortodok dan neokonservatif terus menyerang kebudayaan terkenal, tetapi anehnya kekuatan budaya terkenal semakin bertenaga dengan begitu akbar pengarunya pada miliaran insan. Dan anehnya pula kebudayaan populer lebih banyak berpengaruh pada gerombolan orang muda & menjadi sentra ideologi rakyat dan kebudayaan, padahal budaya populer terus menjadi kontradiksi dan perdebatan.

Budaya populer juga menjadi bagian menurut budaya elite pada rakyat tertentu. Sejauh itu pula budaya populer dipertanyakan konsepnya yg konkret, serta pengaruhnya yg lebih dirasakan misalnya umpamanya apa perbedaan antara modernisasi dan posmodernisasi. Begitu jua perseteruan konseptual antara kebudayaan tinggi & kebudayaan pop. Pertanyaan itu jua ditujukan pada bagaimana pendekatan metodik hegemonisasi dan dorongan pembebasan berdasarkan kebudayaan populer. Dalam istilah lain kekuatan hegemonisasi budaya menguasai unsur-unsur krusial dalam kehidupan rakyat.

Sebagaimana yang dijelaskan bahwa budaya populer lebih poly mempertontonkan sisi hiburan, yg kemudian mengesankan lebih konsumtif. Richard Dyer, berkata hiburan merupakan kebutuhan eksklusif rakyat yg sudah dipengaruhi sang struktur kapitalis. Hiburan menyatu menggunakan makna-makna hiburan dan waktu ini didominasi sang musik. Saat ini musik adalah perangkat hiburan yang lengkap yang dipadukan dengan aneka macam seni lainnya. Hampir nir dapat ditemui sebuah hiburan tanpa mengabaikan kiprah musik, kebalikannya musik menjadi sebuah bangunan hiburan yang besar & paling lengkap. Sehingga komposit dunia musik menjadi sebuah seni pertunjukan profesional yg membuat uang dan membentuk lapangan kerja yang luas.

Menurut Richard Dyers, hiburan merupakan respons emosi jiwa dan perkembangan akibat emosi diri, merupakan suatu tanda asa insan yang meronta-ronta ingin ditanggapi dengan memenuhinya.

Prinsip-prinsip yang menonjol dalam hiburan merupakan kesenangan yang tertanam & menjelma pada kehidupan manusia, sebagai akibatnya pada waktu lain akan berkembang menjadi membangun budaya insan. Dan akhirnya kesenangan itu menjadi larut dalam kebutuhan insan yang lebih besar , bahkan kadang sebagai keberadaan kehidupan insan. Kesenangan pula membuat manusia manja & terbiasa dengan kehidupan yang aduhai & serba cantik.

Konteks sosial semacam ini lebih cenderung membawa manusia pada dunia yg serba tipuan. Maksudnya, kadang kefanaan menjadi sesuatu tujuan yang lebih nyata menurut apa yang diperjuangkan sang manusia itu sendiri. Dan pada ketika dunia tipuan ini bisa dimanipulasi oleh industri, maka tipuan itu sebagai abadi pada global fana. Contohnya, teknologi film sudah hingga pada tingkat di mana kefanaan sebagai sesuatu yang bisa ditangkap sang alat insan sebagai kenyataan konkret. Kemajuan teknologi telekomunikasi telah membentuk global ini sekecil telur burung merpati. Batas-batas budaya & negara sebagai musnah. Kekuasaan tertinggi pada global nir lagi terletak dalam kepemilikan, akan namun dalam penguasaan.

Dalam dunia kapitalisme, hiburan dan bahkan budaya telah menjelma menjadi industri. Pada konteks ini, Theodore Adorno dan Max Horkheimer mengatakan budaya industri adalah media tipuan. Mereka percaya, bahwa hilangnya kepribadian yang tulus seperti kemampuan menggambarkan keadaan yang nyata karena budaya telah berubah menjadi alat industri serta menjadi produk standar ekonomi kapitalis. Dunia hiburan telah menjadi sebuah proses reproduksi kepuasan manusia dalam media tipuan. Hampir tidak ada lagi perbedaan antara kehidupan nyata dan dunia yang digambarkan dalam film yang dirancang menggunakan efek suara dengan tingkat ilusi yang sempurna sehingga tak terkesan imaginatif.

Proses reproduksi juga terjadi pada saat budaya hiburan mampu mereproduksi tatanan baru dalam interaksi individu & famili pada rakyat. Umpamanya bagaimana sebuah Telenovela mampu mereproduksi hubungan perselingkuhan menjadi bagian yg dulu ditolak masyarakat, ketika ini sebagai samar-samar. Keadaan serupa juga tergambarkan secara gamblang pada film-film Hollywood tahun 2005 yang mengunggulkan kehidupan homoseksual itu justru sebagai film terbaik dan menperoleh Piala Oscar 2006. Kehidupan seksual sejenis yg ditakuti sang umumnya famili, sebagai sesuatu yg tidak termasuk menjadi bahan pertimbangan pada penilaian baik-tidak baik sebuah karya seni. Artinya, pada budaya hiburan, makna mampu saja terlepas berdasarkan nilai sebuah benda, & nilai begitu tidak penting di waktu berhadapan dengan makna benda tadi.

Para sejarawan begitu sulit memilih kaidah-kaidah dasar mengenai kesalahan, sama susahnya dengan memilih kaidah-kaidah dasar mengenai kebenaran. Kemerdekaan pribadi sebagai ukuran utama dan dalam dunia postmodern, ukuran ini sebagai semakin nir kentara.

  1. Interaksi Sosial (Materi Lengkap Sosiologi)
  2. Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap)
  3. Tugas Sosiologi: Perubahan Sosial Budaya
  4. Sosiologi (Artikel Lengkap)
  5. Pengertian Sosiologi Komunikasi

Unsur (Materi Lengkap Kimia)

Dengan banyak sekali jenis zat yg ada, mungkin kamu merasa terkejut apabila mengetahui bahwa zat terbentuk menurut sejumlah mini unsur. Contohnya, karbon mampu bergabung dengan unsur lain (seperti hidrogen dan oksigen) buat membangun ribuan zat (misalnya gula, alkohol, dan plastik). Meskipun beberapa unsur telah usang diketahui, sebagian besar ditemukan selama 300 tahun terakhir.

Setiap unsur memiliki keunikan tersendiri dengan segala sifatnya. Untuk memudahkan, setiap unsur diwakili oleh sebuah simbol. Sebagai contoh, H untuk hidrogen, O untuk oksigen, dan Cl untuk klorida. Sebagai tambahan, setiap unsur memiliki nomor atom dan berat atom sendiri. Simbol-simbol unsur, bersama dengan nomor atom dan berat atom, ditampilkan dalam susunan tertentu yang disebut tabel periodik. Meskipun unsur-unsur dengan sifat-sifat kimia yang serupa disusun dalam kolom-kolom. Susunan tersebut akan membantu dalam mempelajari kimia.

Ilmu kimia modern dimulai selama abad kedelapan belas, ketika beberapa filsuf menggolongkan hasil-hasil penguraian ke dalam sejumlah kecil zat-zat dasar. Sebagai contoh, pada tahun 1774, seorang berkebangsaa Inggris, Joseph Priestley menemukan bahwa ketika bubuk merah merkuri oksida dipanaskan, bubuk tersebut terurai menjadi logam merkuri cair dan menjadi gas tak berwarna yang membantu pembakaran. (Gas ini kemudian dinamakan oksigen.) Sebagian besar zat dapat diuraikan menjadi beberapa zat yang lebih sederhana melalui pemanasan atau melalui arus listrik; namun demikian, zat yang paling dasar tidak dapat diuraikan lebih lanjut, bahkan dengan temperatus atau tegangan listrik yang sangat tinggi. Bahan pembangunan dari semua zat yang ada kemudian dikenal sebagai unsur.

Ketika ahli kimia Prancis, Antoine Lavoiser mempublikasikan daftar unsurnya yang populer dalam tahun 1789, dalam waktu itu hanya terdapat 33 unsur, beberapa pada antaranya keliru. Menjelang tahun 1930, para pakar kimia yang pintar berhasil menambah daftar unsur kimia yang terbentuk pada alam sebagai 90. Baru-baru ini, para ahli ekamatra pada berbagai laboratorium berenergi tinggi, sudah menciptakan lebih kurang 20 unsur yg sangat radioaktif yg sama sekali tidak stabil yg secara alamiah tidak terdapat di Bumi. Ada kemungkinan unsur-unsur tadi mungkin diproduksi pada dalam inti-inti yg panas berdasarkan beberapa bintang.

Unsur kimia yang ada sekarang berjumlah 109, dan daftar ini terus bertambah. Untungnya bagi para siswa, dari jumlah tersebut, kira-kira hanya 40 unsur yang berkaitan erat dengan kimia dasar. Kamu harus memahami simbol dan sifat-sifat umum ke-20 unsur paling sederhana yang serupa dengan kalsium.

Terdapat kelompok unsur di alam yang memiliki sifat kimia yang serupa. Helium, neon, argon, kripton, dan xenon adalah gas-gas tak berwarna yang hanya dua dari gas-gas tersebut yang dapat bergabung dengan unsur-unsur lain di bawah kondisi yang sangat khusus; karena kurangnya reaktivitas menjadikan gas-gas tersebut disebut gas inert (gas-gas mulia). Sebaliknya, fluorin dan klorida merupakan gas berwarna kehijauan bersifat korosif yang membentuk garam ketika bereaksi dengan logam, oleh karena itu disebut sebagai halogen (pembentuk garam) untuk fluorin, klorin, bromida, dan iodin.

Sebagai contoh terakhir dari kelompok unsur dengan sifat-sifat yang serupa, unsur-unsur logam litium, sodium (natrium), dan potasium (kalium) memiliki berat jenis yang rendah sehingga mampu mengapung di air dan sedemikian reaktifnya sehingga langsung terbakar dengan mengambil oksigen yang ada dalam air. Logam-logam ringan ini membentuk basa kuat sehingga dinamakan logam-logam alkali. Kamu hanya dapat memahami setiap kolom dari unsur-unsur yang sejenis.

Unsur-unsur homogen juga terjadi dalam lingkungan alam yg sama. Sebagai model, unsur-unsur halogen terkonsentrasi pada air bahari. (Sebagian besar garam di laut tersusun sang natrium klorida.) Halogen-halogen lainnya diekstraksi dari air bahari yg telah dipekatkan lebih lanjut ? Bromin diperoleh berdasarkan garam yang terbentuk melalui penguapan & iodin dari rumput laut yang tumbuh pada samudera .

Kunci utama untuk memahami sistem ekstensif tentang fakta dan prinsip yang disebut kimia adalah aturan bahwa sifat suatu unsur atau senyawa dapat diperkirakan dari unsur-unsur sejenis.

Menjelang abad kesembilan belas, para pakar kimia berusaha menata pengetahuan mereka yg masih sederhana mengenai unsur-unsur kimia. Pada waktu itu, telah diketahui bahwa unsur-unsur menggunakan berat yang tidak sinkron bereaksi untuk membentuk senyawa. Sebagai model, mereka menemukan bahwa 3 logam magnesium bereaksi dengan dua gr oksigen. Namun demikian, berat oksigen yg sama akan membutuhkan 5 gram logam kalsium buat bereaksi secara sempurna membangun kalsium oksida. Tabel pada bawah ini memberitahuakn perbandingan berat kombinasi.

Tabel: Rasio dan Percobaan
Berat yang berkombinasi
5 gram Kalsium
3 gram Magnesium
2 gram Oksigen

Para ahli kimia akhirnya berhasil mengetahui bahwa perbandingan berat dalam reaksi kimia merupakan sifat dasar dari unsur. Ahli kimia Inggris, John Dalton menyadari bahwa semua berat kombinasi yang telah diketahui adalah hampir sama dengan hasil perkalian antara bilangan bulat dengan berat kombinasi unsur teringan (hidrogen). Pada tahun 1803, Dalton mengusulkan teori atom dimana semua unsur lain dapat dibuat dari penggandaan atom hidrogen. Konsekuensinya, Dalton mendasarkan skala berat atom pada hidrogen yang setara dengan 1.

Meskipun teori Dalton nir bisa dikatakan sederhana, Dalton berhasil tetapkan skala standar berat atom. Karena berat kombinasi menurut oksigen kira-kira 16 kali berat hidrogen, bagan sebelumnya dapat diperbaiki, misalnya masih ada pada tabel pada bawah ini.

Tabel: Skala Standar
Berat Atom
40,08 Kalsium
24,31 Magnesium
16,00 Oksigen
1,01 Hidrogen

Berat atom untuk kalsium, magnesium, & oksigen masih tetap berasio 5:3:dua menurut berat aslinya. Perhatikan bahwa berat atom hidrogen nir tepat 1, oleh karenanya skala berat atom kini didasarkan pada atom karbon yg memiliki unit berat 12. Pendapat Dalton yg menyatakan bahwa seluruh unsur yg lebih berat mempunyai berat yang adalah penggandaan integral atom hidrogen tidak begitu valid, namun teorinya cukup baik buat mengarahkan dalam inovasi partikel-partikel yang menyusun atom-atom.

Pada tahun 1869, pakar kimia Rusia, Dmitri Mendeleev menerbitkan sistematisasi yang terkenal yang disebut tabel periodik. Mendeleev menyusun semua unsur kimia yang dikenal berdasarkan berat atomnya dan menemukan bahwa sifat-sifat kimia dan fisika yang serupa berulang setiap 7 unsur bagi unsur yang lebih ringan dan setiap 17 unsur untuk yang lebih berat. (Gas inert belum ditemukan pada saat itu; nilai yang benar untuk sifat yang sama adalah 8 dan 18.) Tabel periodik didasarkan pada berat atom dan sifat-sifat yang mirip. Pada setiap baris, semakin ke kanan berat atomnya semakin bertambah. Setiap kolom berisi sekelompok unsur yang memiliki sifat kimia yang serupa.

Pada tabel periodik modern, setiap kotak terdiri atas empat data. Selain nama unsur dan simbolnya, berat atom berada di bawah, dan nomor atom terdapat di atas. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan bertambahnya nomor atom pada baris horizontal yang disebut periode.

Nomor atom, yang terdapat di bagian atas setiap simbol unsur merupakan urutan yang penting dalam tabel periodik. Ketika suatu unsur dirujuk berdasarkan bilangan bulat, maka bilangan ini merupakan nomor atom dan bukan berat atom. Oleh karena itu, unsur 27 adalah kobalt (yang nomor atomnya 27), bukan aluminium (yang berat atomnya 27). Sekarang, ingat baik-baik perbedaan antara berat atom dan nomor atom.

Tabel periodik menunjukkan pola sifat-sifat setiap unsur. Unsur yang teringan berada di bagian atas bagan; semakin ke bawah, berat atomnya semakin bertambah. Unsur-unsur yang berada di kanan atas, di atas garis diagonal dari aluminium (13) sampai ke polonium (84) merupakan unsur nonlogam, kira-kira setengahnya berupa gas pada kondiri normal laboratorium Semua unsur di bagian tengah dan kiri tabel adalah unsur-unsur logam, kecuali gas hidrogen (1). Sebagian besar logam bersinar, benda yang padat yang dapat diubah, kecuali merkuri yang memiliki titik leleh yang rendah sehingga menjadi cair di suhu ruangan. Semua logam memiliki panas dan listrik daya hantar yang tinggi. Banyak sekalo senyawa kimia sederhana dibentuk dari sebuah unsur logam yang bereaksi dengan unsur nonlogam.

Pada tabel periodik, unsur-unsur yang berada dalam kolom yang sama memiliki sifat yang serupa dan unsur-unsur memiliki sifat yang serupa lainnya (seperti sulfur, selenium, dan tellurium) adalah anggota dari kelompok atau keluarga yang sama dan merupakan kongener satu dengan lainnya.

Hukum-Hukum Dasar Kimia (Artikel Lengkap)

Perkembangan Teori Atom (Artikel Ringkasan)

Teori Atom (Artikel Lengkap)

Afinitas Elektron Terbesar

TEORI-TEORI ATOM

Semoga berguna,

Bintang di Tahun 2012

Bintang di Tahun 2012Dari boy band yg berbasis pada Inggris hingga sensasi penyanyi rapYouTube tanah Korea Selatan, berikut adalah beberapa terobosan tak terduga tetapi menakjubkan pada industri hiburan dari 2012.

Park JaeSang, lebih dikenal sebagai Psy, adalah ekspor terpanas menurut Korea Selatan, yg menyumbang sesuatu di tengah keberhasilan Kpop. Menular Nya video musik "Gangnam Style" telah memikat semua orang menurut orang-orang misalnya Katy Perry hingga pemenang MotoGP Jorge Lorenzo. Bahkan PBBSekretaris generik Ban Ki Moon, yang jua orang Korea, digigit oleh bug Gangnam dan menerima pelajaran tari berdasarkan insan itu sendiri. Rahasia nyata untuk keberhasilannya, kata-katanya sendiri, sederhana: baju berkelas, menari cheesy.

Setelah membintangi tujuh film dan memenangkan lebih dari 35 critics'awards tahun 2011, Jessica telah memutuskan dirinya menjadi gadis terkini "itu" pada Hollywood. Tapi itu tidak hingga penampilannya pada The Help bahwa beliau akhirnya menjadi Hollywood bonafide A-lister.

"Kebanyakan gadis kecil bermimpi gaun pernikahan mereka, aku dibesarkan memimpikan gaun Oscar saya," ucapnya seperti dikutip waktu ditanya mengenai mimpinya buat menaklukkan Hollywood. Apakah itu benar-sahih mengherankan mengapa majalah TIME menetapkan buat memasukkan beliau dalam daftar tahunan 100 orang yg paling berpengaruh di tahun 2012.

Pada bulan September 2011, anggota boyband Niall Horan, Zayn Malik, Liam Payne, Harry Styles dan Louis Tomlinson menaklukkan global musik Inggris menggunakan megahit mereka What Makes You . Tapi itu hanya pada tahun 2012 bahwa seluruh dunia mulai menaruh perhatian terhadap remaja.

Album mereka "Up All Night" dirilis secara global pada awal 2012, dan berhasil mengamankan tempat nomor satu di chart US Billboard 200. Prestasi ini membuat mereka menjadi grup Inggris pertama dalam sejarah chart US untuk masuk di nomor satu dengan album debutnya. Selama tahun 2012 MTV Video Music Awards, band ini dinyatakan sebagai pemenang terbesar  dengan menyapu semua tiga nominasi mereka, termasuk banyak penghargaan berharga sebagai artis baru terbaik.

Dibentuk kembali dalam bulan Februari 2011, sembilan gadis beruntung Indonesia secara eksklusif dipilih sang produser musik Dino Raturandang dari ribuan kandidat pada audisi terbuka yg diadakan pada Jakarta. Tujuannya adalah buat membangun sebuah band gadis homegrown yg seperti dengan Girls'Generation & Wonder Girls. Meskipun ada banyak keraguan tentang talenta musik mereka, Cherrybelle sudah terbukti sanggup sebagai hit. Pada 2012, mereka mencetak setidaknya sembilan kesepakatan dukungan, 3 penghargaan & theis film otobiografi sendiri Love is U.

Album "21" Adele, dengan hits besar misalnya Someone Like You, Rolling in the Deep & Set Fire to the Rain, sebagai soundtrack resmi untuk yg patah hati pada tahun 2011. Pada 2012, penyanyi lincah mendapat pengakuan industri sesudah memenangkan enam Grammy Awards. Prestasi yg lain tahun ini termasuk yg declarated wanita pertama dalam sejarah Billboard Hot 100 memiliki 3 single pada 10 akbar pada saat yg sama, merekam lagu hit tema untuk Skyfall Obligasi film modern James, dan mungkin prestasi terbesarnya menurut semua, merayakan kelahiran bayi pria barunya.

Minggu, 29 Agustus 2021

Tata-Buku (Dasar-Dasar Akuntansi)

Kita tidak perlu repot dengan cara kerja tata-kitab . Anggap saja semuanya bekerja dengan baik, misalnya komputer. Yang krusial, sanggup kita pakai dan berjalan menggunakan baik. Tetapi, ada baiknya jikalau kita memahami beberapa kata. Supaya kita mampu mengubah topik pembicaraan ke topik yg lebih penting jika kata-istilah itu timbul.

Tata-kitab mirip dengan sistem pemasukan ganda, hanya berlapisan ganda. Karenanya, terdapat 3 pemasukan buat setiap transaksi. Akuntan merahasiakan hal ini atau barangkali mereka nir mengetahuinya. Terutama lantaran ini adalah ancaman bagi konsep sistem pemasukan ganda.

Pemasukan Utama (Dasar-Dasar Akuntansi)

Lapisan pertama terdiri berdasarkan kitab pemasukan primer, seperti buku uang tunai, kitab penjualan harian, buku pembelian harian, dan jurnal (yang terakhir ini buat transaksi yg tidak bisa dimasukan ke 3 buku sebelumnya). Semua masukan ke dalam kitab ini, secara tersendiri atau pada bentuk total, dimasukan dua kali. Satu kali di bagian debit, & satu lagi dibagian kredit. Bagian debit berada disebelah kiri, dan bukan di sebelah jendela seperti istilah orang. Ledger, loka dimana pemasukan ganda terjadi, terdiri dari dua lapisan.

Ledger itu sendiri bermacam-macam jenisnya. Yang pertama, ledger perorangan, terdiri menurut rekening penyalur dan pembeli. Ledger ini dibagi lagi menjadi ledger pembelian dan ledger penjualan. Semuanya adalah daftar hutang & piutang.

Kedua, ledger nominal, terdiri berdasarkan rekening bukan perorangan & rekening benda nyata. Rekening bukan perorangan nantinya akan menjadi pertimbangan rekening untung dan rugi. Mencakup penjualan, pembelian, gaji, sewa, perangko, dan biaya pribadi lainnya dan pengeluaran secara nir langsung lainnya. Sedangkan rekening benda nyata adalah rekening benda-benda yang bisa kita rasakan dan lihat misalnya tanah, gedung, dan sebagainya nominal.

Ada satu ledger lagi, ledger langsung. Ledger yg telah hampir nir pernah dipakai. Ledger ini digunakan sang bisnis yg bersifat sangat misteri dan yang ingin menyembunyikan bagian ledger nominalnya menurut kaum buruh.

Selanjutnya adalah kitab uang tunai. Di dunia bisnis pada umumnya, buku uang tunai tidak mencatat uang yang berada di tangan. Buku ini hanya mencatat uang yang tersedia pada rekening bank (kecuali usaha yang banyak melakukan tukar-menukar uang tunai misalnya toko pengecer).

Uang tunai yang berada pada tangan dicatat pada pada kitab petty cash. Bisnis jaman sekarang tidak senang menyimpan uang di tempat, karena masalah keamanan. Mereka yang menyukainya, dalam biasanya penjual mini -kecilan yang perlu uang dalam setiap ketika dan merasa bahwa mereka sedang menipu orang pajak. Perlu Anda ketahui bahwa ini hanya adalah suatu delusi.

Apabila perbandingan dari keuntungan & penjualannya ada pada bawah baku yaitu baku berdasarkan bisnis sejenis. Dinas pajak akan memberikan evaluasi dari perbandingan yang dari mereka terbaik. Penjual tadi akan menghadapi perkara ganda, ongkos akuntan yang tinggi untuk melawan kasus tersebut dan tagihan pajak yg besarnya tidak sebanding.

Satu hal lagi mengenai kitab perusahaan mini , bila Anda mau membeli suatu bisnis, pub, toko, atau restoran, pemiliknya akan selalu pertanda 2 hal:

Bisnis yang berkembang.

Keuntungan konkret yg lebih besar dari laba yg tertulis. Katanya, sebagian menurut keuntungan nyata tadi sudah habis terpakai.

Berhati-hatilah. Karena cerita yg sebenarnya terjadi adalah: Si pemilik mengembalikan uang yg beliau ambil, sebagai akibatnya tampaknya ada perkembangan.

Lebih tidak baik lagi, jika bisnis ini adalah perseroan terbatas dan Anda membelinya. Anda akan menanggung dampak menurut permainan keuangan itu. Kalau dinas perpajakan hingga menciumnya, cepat cari akuntan yang terbaik buat membantu Anda keluar berdasarkan lubang maut.

Tata-Buku

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

My Best Year is 2012

My Best Year is 2012Tahun 2012 merupakan tahun yg paling membahagiakan dalam hayati aku . Mengapa? Lantaran tahun itu adalah tahun dimana banyak masalah selesai & mendapatkan sangat poly hal baru yg membahagiakan. Apa sajakah itu? Langsung saja kita simak selengkapnya:

Saat yang paling membahagiakan dalam hidupku adalah saat dimana saya telah memiliki pacar yang benar-benar pacar yang benar-benar mencintai saya. Dia adalah wanita yang paling aku idam-idamkan selama ini.  Dia adalah adik kelasku saat SMP.

Dalam prestasi? Hmm sangat bagus bahkan ini yang terbaik selama aku duduk di bangku sekolah menengah pertama. Saya balik menerima rangking 3 pada kelas. Bukan cuma itu, saya juga menerima peringkat ke-8 NEM tertinggi di SMPN 5 Denpasar. Ternyata, tekad, semangat, kesabaran, dan kerja keras aku berakibat hasil yg aporisma.

(Selengkapnya baca artikel tentang Akhirnya Saya Bisa! Membuktikannya dua)

Di tahun ini, aku berhasil diterima di sekolah yg relatif ?Tertentu? (kenapa tertentu? Karena peminatnya poly sekali sedangkan yang diterima hanya seperlimanya) yaitu SMAN 3 Denpasar. Saya merasa beruntung sekali apalagi saya telah menerima peringkat 30 akbar nilai TPA tertinggi di sana. Saya pula telah menerima poly sekali sahabat baru yg sangat baik pada SMAN 3 Denpasar. Saya baru pertama kali mencicipi punya poly teman sejak aku mendapatkan kebebasan bergaul sejak SMP. Saya mulai mendapatkan poly sekali pelajaran di sana & saya masih akan terus belajar.

Dalam urusan bisnis. Bisnis aku cuma satu, yaitu melalui blog ini. Pada hari ulangtahun aku , saya diberikan hibah terbaik berupa 1.000 orang pengunjung dalam satu hari & itu terus bertambah hingga 2.500 orang per harinya hingga sekarang. Pendapatannya pula meningkat menjadi Rp 3.000,00 per hari. Jadi, saya sudah bisa menutupi porto internet aku .

Hmm kayaknya cuma itu deh yg sanggup saya jangan lupa & yang niscaya, HdSBlog akan terus berusaha buat sebagai yang terbaik dan yg terdepan dibidangnya. Selamat tahun baru 2013.

Semoga bermanfaat,

Tetap Semangat! | Catatan Harian

Sabtu, 28 Agustus 2021

Akunting Pembiayaan (Dasar-Dasar Akuntansi)

Akunting pembiayaan, misalnya akunting managemen bukan suatu kewajiban. Bisa saja kita menjalankan usaha tanpa rekening porto. Tidak terdapat hukum yg mengharuskan buat mempunyai mereka, walau auditor mungkin akan menanyakan keabsenannya.

Oleh karenanya, Anda tidak perlu memahami banyak akan hal ini. Asal Anda memahami saja. Banyak akuntan senior terdaftar berlaku seperti itu.

Hanya beberapa istilah dan perkara yang harus Anda ketahui. Contohnya, bagi seseorang awam, pengeluaran merupakan porto. Akuntan membedakannya. Satu, biaya yang termasuk di pada tahap awal berdasarkan proses produksi dan yang bisa dihubungkan secara pribadi menggunakan hasil produksi (pekerja, bahan mentah, & sebagainya). Dua, biaya yg dipercaya menjadi pengeluaran tambahan, yang bekerjasama secara tidak eksklusif dengan output produksi (seluruh administrasi, staff, & pemikir konseptual tingkat tinggi).

  1. Rekening Keuangan
  2. Pemasukan Ganda
  3. Pemasukan Utama
  4. Tata-Buku

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat!

Biaya (Dasar-Dasar Akuntansi)

Akuntan acapkali menggolongkan porto. Lalu menempatkannya di suatu rekening tertengu untuk lalu menyalahkan pusat biaya yg membawahi rekening tadi.

Pusat keuntungan merupakan bagian berdasarkan perusahaan yg menarik secara bersamaan, beberapa pusat porto dan membentuk keuntungan. Perusahaan yg berbeda, divisi, cabang, atau kelompok negara merupakan suatu pusat laba.

Kita yang awam sanggup mencemooh suatu pusat laba yg nir melaksanakan kegiatan jual belinya menggunakan dunia luar. Sudah pasti harga pemindahan jasa atau barang yg dijualnya ke bagian lain menimbulkan poly perselisihan. Diikuti dengan dokumen palsu atau laba yg menyangsikan.

Manager sentra laba umumnya membuang saat. Mereka mencoba menempatkan pengeluaran tambahan menurut sentra ke tempat lainnya.

Akunting Pembiayaan

Rekening Keuangan

Pemasukan Ganda

Pemasukan Utama

Tata-Buku

Semoga bermanfaat,

Statistik Sampah Indonesia

Kini, saya akan menaruh diagram sampah pada Indonesia yang bersumber dari buku Statistik Persampahan Indonesia Tahun 2008 yg diterbitkan oleh Kementrian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Nah, saya akan memberi ringkasan lengkap pada bentuk diagram supaya mudah dipahami dan gampang dijadikan menjadi sumber tugas sekolah. Langsung saja kita simak selengkapnya?..

Jumlah sampah yg ada pada semua Indonesia mencapai 38,lima juta ton per tahun. Dengan lebih banyak didominasi sampah tersebut berada di Pulau Jawa (21,2 juta ton per tahun). Berikut adalah tabel yg berisi jumlah sampah yg ada di beberapa bagian daerah pada Indonesia:

jumlah sampah yang muncul di beberapa bagian wilayah di Indonesia

Kalau berikut adalah total berat sampah dari jenis sampahnya:

total berat sampah berdasarkan jenis sampahnya

Truk sampah pada Indonesia sebagian akbar (97%) berasal dari pemerintah & sisanya adalah truk sewa.

Berikut merupakan tabel mengenai jumlah truk sampah yang berfungsi:

jumlah truk sampah yang berfungsi

Berikut adalah berita mengenai jenis-jenis truk tersebut:

image

Armroll Truck merupakan truk yg mengangkut sampah dalam kontainer ke TPA. Truk ini dilengkapi mesin pengangkat kontainer.

jumlah truk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...