Kamis, 30 September 2021

Perjalanan Tirtayatra saya di Bali

Tirtayatra merupakan bepergian suci buat berziarah & bersembahyang (berdoa) di sebuah atau beberapa tempat suci. Saya bertirtayatra dalam hari Minggu, 17 April 2011 lalu ke 6 pura di Denpasar, Badung, dan Tabanan yaitu:

1. Pura Sakenan di Pulau Serangan, Denpasar

2. Pura Candi Narmada di Denpasar

tiga. Pura Petitenget pada Kab. Badung

4. Pura Batubolong pada Badung

5. Pura (maaf lupa namanya, pokoknya dekat Pura Tanah Lot) pada Kab. Tabanan

6. Dan Pura Tanah Lot di Tabanan

Saya mempersiapkan semua ini menurut kemarin malamnya sembari nonton OVJ mulai dari tas, bekal, snack, pakaian tata cara bali, canang, dupa, korek api, minyak angin, serta kantong muntah buat berjaga-jaga. Sebelum tidur aku meminum obat anti mabuk perjalanan agar nir mabuk di bis besok.

Saya bangun tidak seperti umumnya, yaitu jam lima pagi. Saya langsung mandi, menggunakan sandang sinkron anggaran, makan secukupnya, memeriksa barang bawaan & meminum antimo lagi. Saya eksklusif berangkat ke sekolah dan menghaturkan (mempersembahkan) canang pada padmasana sekolah. Setelah itu saya menaiki bis1 dan duduk pada urutan ke 5. Perjalanan pun dimulai yg diisi dengan menyanyi beserta.

Saya bersama rombongan sudah sampai pada Pura Sakenan di Pulau Serangan Denpasar. Walaupun masih jam 9 pagi permanen saja cuacanya sangat panas dan saya nir menerima tempat teduh buat bersembahyang. Sembahyang diisi menggunakan membaca mantra Panca Sembah. Setelah bersembahyang aku & para rombongan diizinkan untuk berkeliling sebentar buat berbelanja & melihat-lihat pemandangan hutan bakau pada pura sakenan. Setelah waktu jalan-jalan habis, bepergian dilanjutkan ke Pura Candi Narmada.

Pura Candi Narmada merupakan pura yang terletak di Bypass Ngurah Rai & di dekat pantai selatan Denpasar. Dari sana terlihat hutan bakau & Pelabuhan Tanjung Benoa. Seperti biasa, aku bersembahyang & eksklusif naik ke bis.

Perjalanan ke pura-pura yg lain seperti biasa (sembahyang dan jalan-jalan sementara waktu). Lalu saya bersama rombongan pergi ke sekolah. Saya menunggu orangtuaku buat menjemput saya pergi. Dan itulah pengalaman menarik saya bertirtayatra ke 6 pura pada Denpasar Selatan, Kuta, & Tabanan. Bagaimana pengalaman anda sewaktu berlibur?

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...