Jumat, 22 Januari 2021

3 Harapan Saya Kepada Kabinet Kerja

Indonesian President Joko Widodo (C), accompanied by first lady Iriana (11th L), Vice-President Jusuf Kalla (9th R) and his wife Mufidah (8th R), introduces his new cabinet at the presidential palace in Jakarta October 26, 2014. President Widodo on Sunday assigned professional technocrats to lead the top economic ministries and implement much-needed reforms that address costly fuel subsidies, cooling investment and the country's creaky infrastructure.<br />REUTERS/Darren Whiteside (INDONESIA - Tags: POLITICS)Saya adalah seseorang pemuda yg senang mengikuti warta politik, meskipun nir terlalu serius & aku nir pernah fanatik terhadap keliru satu parpol. Baru saja kita mendengar pengumuman susunan kabinet presiden Joko Widodo. Saya melihat kabinet yang dinamakan Kabinet Kerja itu disusun menggunakan sangat matang. Wajar saja jika proses penyusunannya membutuhkan saat 6 hari sejak Jokowi dilantik. Jokowi sangat mempertimbangkan segala aspek sehingga susunan anggota kabinetnya terlihat paripurna meskipun terdapat beberapa kekurangan. Kabinet Kerja mempunyai keberagaman kepercayaan , wilayah, parpol/profesional, dan jenis kelamin (ada 6 menteri perempuan ). Yang patut saya apresiasi adalah keterlibatan KPK dan PPATK dalam penyusunan kabinet & keharusan setiap anggota kabinet buat mundur menurut jabatan lain. Sehingga kabinet Jokowi benar-sahih bersih dan profesional.

Saya, sebagai anak belia bangsa, memiliki beberapa harapan pada Kabinet Kerja. Saya hanya mewakili isi hati saya menjadi pemuda bukan seluruh pemuda pada Indonesia, tentu saja.

Yang pertama merupakan tentang pendidikan. Saat ini nomenklatur kementerian dirombak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Riset dan Teknologi dirombak sebagai Kementerian Kebudayaan & Pendidikan Dasar Menengah & Kementerian Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi. Perombakan kementerian tersebut membuat pemerintahan sebagai lebih sinkron. Sebagai model, perguruan tinggi lah yang paling berkaitan menggunakan riset dan teknologi lantaran dalam jenjang itulah peserta didik sanggup menciptakan sebuah riset dan teknologi yg berguna. Sedangkan kebudayaan lebih cocok diajarkan oleh siswa yg menempung jenjang pendidikan dasar dan menengah. Meskipun terdapat beberapa fakultas yg mengarah ke bidang kebudayaan, tapi yg akan mereka lakukan niscaya menjurus ke penelitian.

Yang ke 2 merupakan mengenai internet. Menteri Komunikasi & Informatika sekarang memiliki latar belakang pernah memimpin beberapa perusahaan telekomunikasi ternama pada Indonesia. Sehingga aku anggap beliau sudah mengerti apa kebutuhan para pelaku bisnis telekomunikasi & keadaan internet di Indonesia yg membuat malu. Saya berharap bapak menteri mampu merevolusi internet Indonesia supaya lebih cepat, murah, dan merata.

Pembentukan Kementerian Desa & Pembangunan Daerah Tertinggal sangat cantik agar area kerjanya sanggup diperluas. Lantaran jika dulu Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal hanya fokus dalam daerah-wilayah perbatasan dan terpencil, tapi sekarang seluruh desa pada Indonesia mampu dijangkau kementerian ini. Saya berharap supaya kementerian ini dapat mengawasi penggunaan dana 1 milyar buat setiap desa yg telah disepakati dalam UU mengenai Desa.

Hanya itu saja yg saya soroti pada Kabinet Kerja. Semoga saja pemerintahan yg baru sanggup membawa Indonesia sebagai yang lebih baik.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...