Rabu, 30 Desember 2020

Jaringan Otot (Materi Lengkap SMA XI)

Jaringan OtotJaringan otot adalah jaringan yang tersusun atas sel-sel panjang yg diklaim serabut otot. Serabut otot bisa berkontraksi waktu menerima rangsang dari impuls saraf. Fungsi jaringan otot adalah buat menggerakan organ-organ tubuh baik secara sadar maupun nir sadar. Sel otot memiliki struktur yang khusus. Membran sel otot disebut sarkolema, sitoplasma sel otot disebut sarkoplasma, dan serat otot diklaim miofibril yg disusun oleh beberapa sarkomer. Otot adalah jaringan yg paling poly masih ada pada sebagian besar hewan & kontraksi otot merupakan kerja seluler yang paling poly memerlukan tenaga. Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos, otot lurik, & otot jantung.

Otot polos merupakan otot yang berkontraksi secara tidak sadar (involunter) atau nir menggunakan kehendak kita. Otot polos bekerja secara refleks pada bawah imbas saraf otonom. Karena bekerja terus menerus, maka otot ini nir pernah merasa lelah. Otot polos masih ada dalam seluruh organ tubuh yang tidak bisa kita gerakkan sinkron menggunakan kehendak kita (kecuali jantung). Contohnya pada pembuluh darah, limfe, saluran pencernaan, kandung kemih, saluran pernapasan, dll.

Setiap sel otot polos berbentuk gelendong memanjang dengan ujung merincing, memiliki sebuah inti sel pada tengahnya, terdapat serabut miofibril, dan nir berwarna (transparan).

Otot lurik merupakan otot yang berkontraksi secara sadar (volunter) atau sesuai dengan kehendak kita. Otot lurik pula dianggap otot rangka lantaran sebagian akbar otot ini inheren pada kerangka. Fungsi otot lurik adalah buat menggerakkan tulang dan melindungi kerangka berdasarkan benturan keras. Otot ini gampang lelah sebagai akibatnya tidak sanggup bekerja lama .

Ciri-karakteristik otot lurik adalah berbentuk silindris/berserabut panjang, memiliki inti sel yang poly, letak inti sel di tepi, & serabut miofibril berwarna gelap terang.

Otot jantung merupakan otot yang istimewa karena dapat bekontraksi secara ritmis & terus-menerus. Otot ini istimewa karena otot ini menggerakkan organ terpenting yaitu jantung yang wajib bekerja terus menerus tanpa henti. Sesuai namanya, otot ini hanya buat menggerakkan jantung dan hanya terdapat dalam jantung. Otot ini bekerja secara nir sadar (involunter).

Sel-sel otot jantung tersusun misalnya anyaman bercabang menggunakan sedikit jaringan penyambung pada sekelilingnya. Ciri-ciri otot jantung adalah berbentuk silindris, berserabut pendek, bercabang, memiliki satu/2 inti sel pada tengah, dan serabut miofibril berwarna gelap jelas.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...