Kamis, 24 Desember 2020

Biokimia (Artikel Lengkap)

biokimiaBiokimia merupakan ilmu yg menyelidiki proses kimia yg ada kaitannya dengan organisme hayati. Biokimia berhasil mengungkapkan proses hidup dalam makhluk hidup. Secara tidak langsung, biokimia merupakan salah satu disiplin ilmu menurut kimia organik & sains hayati. Fokus utama biokimia adalah buat memahami bagaimana molekul biologis mengakibatkan proses-proses yang terjadi pada sel, yang pada akhirnya memberikan pemahaman akbar tentang sebuah organisme. Biokimia diterapkan dalam bidang kedokteran, ahli gizi, & pertanian.

Biokimia berkaitan erat menggunakan biologi molekuler, yaitu studi mengenai mekanisme molekul dengan liputan genetik yg disimpan dalam DNA. Biologi molekuler bisa dianggap menjadi cabang biokimia atau biokimia menjadi alat yg bisa digunakan buat memeriksa dan mempelajari biologi molekuler. Biokimia pula berkaitan dengan struktur, fungsi, dan interaksi hayati makromolekul misalnya protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid yg menaruh banyak fungsi yg terkait dengan kehidupan.

1. Sejarah Perkembangan Biokimia

Pada awalnya, poly orang percaya bahwa makhluk hidup hanya sanggup membuat molekul hidup. Kemudian, pada tahun 1828, Friedrich W?Hler menerbitkan sebuah makalah mengenai sintesis urea. Hal ini mengambarkan bahwa senyawa organik bisa diciptakan oleh makhluk hayati.

Pada tahun 1833, Anselme Payen menemukan enzim amilase. Eduard Buchner berhasil melakukan proses biokimia yang kompleks di luar sel dalam tahun 1896 yaitu fermentasi alkohol di ekstrak sel ragi. Meskipun kata ?Biokimia? Pertama kali dipakai dalam tahun 1882, namun kata tadi baru resmi diterima pada tahun 1903. Pada abad ke-20, biokimia berembang pesat seiring dengan penemuan teknologi baru misalnya kromatografi, difraksi sinar X, mikroskop elektron, dll. Teknologi ini memungkinkan penelitian yang lebih rinci mengenai berbagai molekul & jalur metabolik sel misalnya glikolisis & daur krebs.

Salah satu inovasi yang sangat berkontribusi pada perkembangan biokimia merupakan inovasi gen dan kiprahnya pada pengiriman kabar pada pada sel. Ini adalah bagian dari hayati molekuler. Pada tahun 1950, James D. Watson, Francis Crick, Rosalind Franklin, & Maurice Wilkins berperan pada memecahkan struktur DNA dan memberitahuakn interaksi DNA dengan transfer keterangan genetik. Pada tahun 1958, George Beadle dan Edward Tatum mendapat Hadiah Nobel waktu meneliti fungi dan menemukan pendapat bahwa satu gen membentuk satu enzim. Pada tahun 1988, Colin Pitchfork adalah orang pertama yg dieksekusi karena penghilangan nyawa dengan DNA menjadi bukti. Hal ini menyebabkan perkembangan ilmu forensik semakin berkembang.

2. Unsur-Unsur Kimia dalam Kehidupan

Terdapat 92 unsur-unsur kimia alami yg krusial untuk kehidupan. Sebagian akbar elemen langka di bumi nir diperlukan oleh kehidupan kecuali selenium dan yodium. Sementara itu, beberapa yang generik seperti aluminium dan titanium tidak digunakan sang kehidupan. Semua hewan membutuhkan sodium, namun beberapa flora tidak. Tanaman membutuhkan boron & silikon, namun hewan nir atau diharapkan pada jumlah yg sangat sedikit.

Enam unsur kimia?Karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, kalsium, dan fosfor?Menciptakan hampir 99% berdasarkan massa tubuh insan. Selain enam unsur utama yg membangun sebagian besar tubuh insan, manusia juga membutuhkan 18 unsur lainnya tetapi dalam jumlah yang lebih mini .

Tiga. Biomolekul

Empat molekul utama dalam biokimia (yg diklaim biomolekul) merupakan karbohidrat, lipid (lemak), protein, dan asam nukleat. Banyak molekul biologis merupakan polimer.

Karbohidrat terdiri berdasarkan beberapa monomer yg dianggap monosakarida. Beberapa jenis monosakarida tadi merupakan glukosa, fruktosa, deoksiribosa, dll. Unsur yang menyusun karbohidrat merupakan karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat adalah sumber tenaga bagi makhluk hayati.

Lipid (lemak) terdiri dari satu gliserol dan trigliserida. Trigliserida terdiri menurut satu molekul gliserol dan 3 asam lemak. Asam lemak dipercaya menjadi monomer, & mungkin jenuh (nir terdapat ikatan rangkap dalam rantai karbon) atau tidak jenuh (satu atau lebih ikatan ganda dalam rantai karbon). Unsur penyusun lipid yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Lipid, terutama fosfolipid, poly digunakan pada banyak sekali produk farmasi.

Protein merupakan molekul yang sangat besar dan terdiri menurut monomer yg disebut asam amino. Terdapat 20 jenis asam amino baik yang esensial juga yg non esensial. Ketika asam amino bergabung, mereka membentuk ikatan khusus yg disebut ikatan peptida & menjadi menjadi polipeptida atau protein.

Asam nukleat adalah molekul yg menyusun DNA. DNA merupakan zat yg sangat krusial lantaran fungsinya buat menyimpan berita genetik. Asam nukleat yang paling generik merupakan asam deoksiribonukleat (DNA) & asam ribonukleat (RNA).

Monomer asam nukleat dianggap nukleotida. Nukleotida yg paling generik merupakan adenin, sitosin, guanin, timin, & urasil. Adenin berikatan menggunakan timin dan urasit. Timin hanya mengikat adenin. Sitosin & guanin hanya bisa saling mengikat satu sama lain.

4. Hubungan Biokimia dengan Ilmu Biologi Lainnya

Saat ini, istilah biologi molekuler & biokomia hampir dipercaya sama. Berikut merupakan hubungan biokimia dengan ilmu biologi lainnya:

Genetika merupakan studi tentang dampak perbedaan genetik dalam organisme.

Biologi molekuler merupakan studi tentang dasar-dasar molekul pada proses replikasi, transkripsi, dan terjemahan menurut materi genetik.

Biologi kimia berusaha untuk mengembangkan alat baru dari molekul yang memungkinkan gangguan dari sistem biologis sembari menaruh warta mengenai fungsi mereka.

Lima. Manfaat Biokimia

Di bidang kesehatan & pengobatan, biokimia mempelajari penyebab suatu penyakit bersama obatnya. Dalam bidang nutrisi, biokimia menyelidiki bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dengan makanan & memeriksa impak menurut kekurangan nutrisi. Di bidang pertanian, biokimia memeriksa tanah & pupuk dan mencoba untuk menemukan cara buat menaikkan budidaya tumbuhan, penyimpanan tanaman , dan pengendalian hama.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat!

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...