Senin, 23 November 2020

9 Bagian-Bagian Sel Saraf dan Fungsinya

Sel saraf adalah sel yang mengantarkan impuls (rangsangan) dari reseptor (panca alat) ke otak & sebaliknya. Sel saraf pula bertanggung jawab atas mobilitas refleks. Sel-sel saraf diklaim neuron. Neuron-neuron tadi menciptakan suatu sistem saraf pada manusia. Sel saraf berbeda dengan sel-sel pada umumnya karena terdapat akson (neurit) sebagai akibatnya sel saraf terlihat seperti memiliki ?Ekor?. Sel saraf terdiri dari bagian-bagian yg umumnya terdapat dalam sel hewan & beberapa bagian lainnya. Nah, apa sajakah bagian-bagian saraf? Langsung saja kita simak yang pertama:

(Selengkapnya: Dendrit)

Dendrit merupakan percabangan berdasarkan badan sel saraf yg berupa tonjolan sitoplasma yang pendek & bercabang-cabang. Fungsi dendrit merupakan buat menerima dan mengantarkan rangsangan ke badan sel.

Badan sel merupakan bagian utama menurut sel saraf yg mengandung bagian-bagian yg umumnya dimiliki sang sel fauna. Di dalam badan sel terdapat sitoplasma, nukleus (inti sel), dan nukleolus (anak inti sel). Fungsi badan sel merupakan buat menerima impuls (rangsangan) menurut dendrit dan meneruskannya ke neurit (akson).

Inti sel (nukleus) merupakan inti sel saraf yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas sel saraf (neuron). Di pada inti sel juga masih ada kromosom & DNA yang berfungsi buat mengatur sifat keturunan berdasarkan sel tadi.

(Selengkapnya: Akson)

Neurit adalah serabut sel saraf panjang yang merupakan penjuluran sitoplasma badan sel. Neurit disebut jua akson. Neurit mirip dengan dendrit. Tetapi neurit hanya ada satu & berukuran lebih akbar & lebih panjang berdasarkan dendrit. Di pada neurit masih ada benang-benang halus yang disebut neurofibril. Akson berperan pada menghantarkan impuls menurut badan sel menuju efektor, seperti otot & kelenjar. Walaupun diameter akson hanya beberapa mikrometer, namun panjangnya sanggup mencapai 1 hingga dua meter. Fungsi neurit adalah buat meneruskan impuls dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya.

(Selengkapnya: Selubung Mielin)

Selubung mielin merupakan selaput pembungkus neurit. Selubung mielin poly mengandung lemak & bersegmen-segmen. Lekukan di antara dua segmen disebut nodus ranvier. Selubung mielin dilingkupi sang sel schwann. Sel yg memproduksi selubung mielin disebut sel glial atau oligodendrosit. Fungsi selubung mielin adalah buat melindungi neurit dari kerusakan dan mencegah impuls bocor. Fungsi selubung mielin seperti pembungkus kabel listrik yg bersifat isolator.

(Selengkapnya: Sel Schwann)

Sel schwann merupakan sel yan mengelilingi selubung mielin. Sel ini ditemukan sang Theodore Schwann, seorang ilmuwan dari Jerman. Sel schwann bekerja dengan menghasilkan lemak & membungkus neurit berkali-kali sampai terbentuk selubung mielin. Fungsi sel schwann adalah buat meningkatkan kecepatan jalannya impuls, membantu menyediakan kuliner buat neurit, & membantu regenerasi neurit.

(Selengkapnya: Nodus Ranvier)

Nodus ranvier adalah bagian dalam neurit yang nir terbungkus selubung mielin. Selubung mielin berfungsi sebagai pelindung akson & membungkusnya, namun selubung ini nir membungkus secara keseluruhan, & yang tidak terbungkus adalah Nodus Ranvier. Fungsi utamanya sebagai loncatan buat mempercepat impuls saraf ke otak atau sebaliknya. Nodus ranvier berdiameter kurang lebih 1 mikrometer dan ditemukan sang Louis-Antoine Ranvier. Adanya nodus ranvier tersebut memungkinkan saraf meloncat dari satu nodus ke nodus yang lain, sehingga impuls lebih cepat sampai pada tujuan. Apabila nodus ranvier diselubungi oleh selubung myelin maka impul saraf nir bisa loncat ke nodus ranvier, akhirnya nir terjadi respon apapun.

(Selengkapnya: Oligodendrosit)

Oligodendrosit merupakan sebuah sel pendukung yg menyediakan isolasi bagi sel-sel saraf dengan menciptakan selubung mielin di kurang lebih akson. Fungsi oligodendrosit adalah buat menciptakan selubung mielin yg sama pada sistem saraf sentra & sebagai sel penyokong. Oligodendrosit memiliki beberapa juluran memanjang yg masing-masing membungkus (misalnya dadar rol) sepotong akson antarneuron buat membentuk segmen mielin.

Sinapsis merupakan titik temu antara terminal akson galat satu neuron menggunakan neuron lain. Pada setiap neuron, terminal aksonnya membengkak membangun suatu tonjolan kecil yang dianggap tombol sinapsis. Pada setiap sinapsis terdapat celah sinapsis. Sebuah sinapsis menyediakan koneksi antar neuron yg memungkinkan keterangan sensorik mengalir pada antara mereka. Pada bagian ujung akson terdapat kantong yg disebut bulbus akson. Kantong tersebut berisi zat kimia yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter bisa berupa asetilkolin dan kolinesterase yang berfungsi pada penyampaian impuls saraf dalam sinapsis. Fungsi sinapsis adalah buat mengirimkan impuls berdasarkan akson ke dendrit di sel saraf lain.

Sumber:

Judul

Alamat

1. Sel Saraf (Neuron)http://adriautami.wordpress.com/2010/06/24/sel-saraf-neuron/
2. Sistem Saraf Pada Manusia (Artikel Lengkap)http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/04/sistem-saraf-pada-manusia.html
3. Bagian dan Fungsi Sel Saraf (Neuron) Manusiahttp://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/12/bagian-dan-fungsi-sel-saraf-neuron-manusia.html
4. Sistem Saraf pada Manusiahttp://fembrisma.wordpress.com/science/sistem-koordinasi-manusia/sistem-saraf-pada-manusia/
5. Koordinasi 1http://rendezvous-point.blogspot.com/p/koordinasi.html
6. Sel sarafhttp://id.wikipedia.org/wiki/Sel_saraf
7. SISTEM SARAF MANUSIAhttp://aanarnasari.blogspot.com/2013/04/sistem-saraf-manusia.html
8. SISTEM SARAF MANUSIAhttp://zaifbio.wordpress.com/2010/01/14/sistem-saraf-manusia/
9. Apa Fungsi mielinhttp://smabiologi.blogspot.com/2013/09/apa-fungsi-mielin.html
10. Fungsi Sel Schwannhttp://www.sridianti.com/fungsi-sel-schwann.html
11. Apa sih fungsi sel schwann atau neurilema?http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20110314232111AA0gn0B
12. Sel Schwannhttp://id.wikipedia.org/wiki/Sel_Schwann
13. Minta tolong dong buat tugas sekolah,mengapa nodus ranvier tidak terbungkus oleh selubung myelin?http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120504040325AAYCL3k
14. Nodus Ranvierhttp://id.wikipedia.org/wiki/Nodus_Ranvier
15. Definisi:Oligodendrosithttp://kamuskesehatan.com/arti/oligodendrosit/
16. Selubung Mielinhttp://id.wikipedia.org/wiki/Selubung_Mielin
17. Makalah Neurogliahttp://aanborneo.blogspot.com/2013/03/makalah-neuroglia.html
18. Sinapsishttp://id.wikipedia.org/wiki/Sinapsis
19. CARA KERJA SINAPSIShttp://faozani-15.blogspot.com/2013/04/cara-kerja-sinapsis.html
20. Apa Peran Fungsi neuron Sinapsishttp://www.sridianti.com/apa-fungsi-sinapsis.html

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...