Minggu, 27 September 2020

9 Manfaat Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap Biologi SMA X)

Kenekaragaman biologi memberi banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya kepulauan Maluku yang kaya akan rempah-rempah dan pulau Komodo yg mempunya spesies hewan endemik & unik. Peran keanekaragaman hayati sangat poly di banyak sekali bidang studi. Keanekaragman hayati pula memperlihatkan kekayaan alam yg dimiliki bumi.

Sumber pangan bagi manusia selalu berasal dari hewan dan tumbuhan. Manusia juga tidak dapat mensintesis makanannya sendiri, maka dari itu manusia sangat bergantung pada keanekaragaman hayati. Di dunia terdapat ratusan jenis tumbuhan (contoh: padi, jagung, sagu, dan ketela) dan hewan (contoh: sapi, ayam, babi, dan ikan) yang dapat dijadikan sumber pangan. Sumber-sumber pangan tersebut diolah melalui pertanian dan peternakan. Beberapa jenis tumbuhan seperti rempah-rempah juga sering dijadikan bumbu tradisional. Daun pandan dan kunyit dapat digunakan sebagai zat pewarna alami pada makanan. Manusia juga dapat memakan beberapa jenis fungi (jamur). Bakteri juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan fermentasi pada bahan pangan. Namun tidak semua keanekaragaman hayati dapat dijadikan bahan pangan karena beberapa ada yang beracun dan mematikan bagi manusia.

Sandang (sandang) terbuat dari kain, kain terdiri menurut tenunan benang, dan benang sebagian besar asal berdasarkan kapas. Pohon kapas sering dijadikan bahan utama buat membuat sandang. Pakaian tradisional & aksesorisnya pula kebanyakan asal berdasarkan keanekaragaman hayati misalnya bulu merak, tulang, bulu burung, & kulit kayu. Dedaunan pula sering digunakan menjadi pakaian pada orang pedalaman. Saat ini, kulit fauna acapkali dijadikan bahan pembuatan tas, dompet, dan ikat pinggang. Bahkan bulu domba bisa dijadikan bahan pembuatan kain wol.

Tempat tinggal atau tempat tinggal tradisional sebagian akbar berbahan standar menurut keanekaragaman hayati seperti kayu jati, mahoni, & bambu. Bahkan atapnya ada yg masing menggunakan alang-alang. Kayu jati jua menjadi bahan baku pembuatan furniture. Rajutan rotan juga bisa dipakai menjadi dinding tempat tinggal tradisional.

Jamu merupakan obat tradisional asal Indonesia yg menggunakan kekayaan hayati tumbuhan sebagai bahan bakunya. Jamu alami memiliki poly khasiat dan memiliki dampak samping yang sedikit. Indonesia mempunyai hampir 1000 spesies tumbuhan obat.

Lulur adalah kosmetik alami yg dari berdasarkan Indonesia. Indonesia juga memiliki majemuk ramuan pewangi, kosmetik, & sampo yang terbuat dari bahan alami.

Jika dikelola menggunakan baik, keanekaragaman biologi dapat dijadikan menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan. Indonesia mempunyai kekayaan keanekaragaman hayati yg seharusnya membawa kemajuan jika dikelola dengan baik.

Ini adalah yg terpenting, lantaran setiap spesies makhluk hidup niscaya berperan dalam sebuah ekosistem. Jadi bila terdapat satu saja yang punah, maka hal itu akan mengganggu makhluk hidup lain yg bergantung padanya. Misalnya apabila ular sawah terus diburu & dibunuh, maka populasi tikus sawah akan berkembang pesat karena tidak ada yang memakannya. Akibatnya output panen padi terus menurun lantaran diserang hama tikus.

Biologi merupakan pelajaran yang mempunyai bidang yg sangat luas. Masih banyak spesies makhluk hayati di Indonesia atau pada dunia yg belum teridentifikasi. Beberapa manfaat makhluk hayati di global juga masih menjadi misteri sebagai akibatnya harus dilakukan banyak sekali penelitian lebih lanjut. Pada akhirnya ilmu pengetahuan berkembang dan berguna bagi kehidupan insan.

Keanekaragaman biologi jua bisa dijadikan sebuah karya seni. Taman merupakan galat satu contohnya. Daerah Asia Timur pula mempunyai seni merangkai flora yg dianggap bonsai. Tumbuhan & hewan jua kerap sebagai pandangan baru para seniman.

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...