Sabtu, 26 September 2020

17 Masalah yang Terjadi di Indonesia

Indonesia termasuk negara berkembang, sebagai akibatnya masih banyak pertarungan yang terjadi baik di bidang ekonomi, sosial, politik, dll. Negara maju saja masih mempunyai beberapa konflik. Masalah yang terjadi pada Indonesia saling berkaitan satu sama lain. Pemerintah terus berbenah buat mengurangi masalah tersebut. Tetapi dukungan dan partisipasi rakyat sangat diperlukan buat meningkatkan kecepatan penyelesaian segala perseteruan yang ada. Berikut adalah masalah-perkara yang terjadi di Indonesia. Langsung saja kita simak yg pertama:

17 Masalah yang Terjadi di Indonesia

Kemiskinan merupakan masalah utama yang melanda Indonesia. Hampir pada setiap sudut ditemukan pemukiman kumuh. Ada sekitar 30 juta masyarakat Indonesia yang hidup sangat miskin. Penyebab primer kemiskinan adalah ledakan penduduk yang tidak disertai dengan peningkatan kualitas penduduk tersebut ditambah lagi menggunakan kebutuhan hayati yang makin kompleks dan mahal.

Korupsi sangat merugikan negara. Mereka adalah pencuri uang yg sudah kita bayar ke negara melalui pajak. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, bisa jutaan sampai milyaran sekali korupsi. Kurangnya imbas jera menjadi penyebab primer korupsi ini. Negara lain telah menerapkan hukuman berat bagi pelaku korupsi. Seperti pada Arab Saudi yang dieksekusi pangkas tangan. Bahkan Tiongkok menerapkan hukuman tewas.

Negara Indonesia adalah negara aturan, tapi kenapa hanya masyarakat mini yg dihukum? Penyebabnya karena aturan di Indonesia masih mampu dipermainkan. Orang kaya masih mampu terbebas dari jeratan aturan. Jangan dulu melihat perkara-masalah hukum yg besar , kita masih bisa melihat pada sekitar kita. Terutama waktu ditilang polisi. Apa yang umumnya dilakukan? Tentu saja menyuap polisi tadi. Kalau terus saja dibiarkan begini, hancurlah Indonesia.

Sistem pendidikan di Indonesia mampu dikatakan sangat tidak baik. Biaya sekolah yg semakin mahal tidak sebanding menggunakan output yang dihasilkan. Memang siswa selalu lulus dengan nilai sangat baik, tetapi angka tadi hanya diatas kertas. Buktinya kualitas penduduk Indonesia masih sangat rendah dibandingkan pada negara lain. Tak heran kita selalu mendatangkan energi pakar dari luar negeri ad interim kita selalu mengirim energi kerja ke luar negeri menjadi buruh atau pembantu.

Sampai kini kita tidak sanggup mencapai swasembada beras. Padahal Indonesia adalah negara agraris yg sangat luas. Namun lantaran kesejahteraan petani tidak pernah diperhatikan, poly menurut mereka yang menjual huma pertaniannya dan dialihfungsikan sebagai perumahan. Kita juga tidak pernah menikmati output bumi kita yang melimpah secara utuh. Justru pihak asing yg mengelola dan mengambil hasil pertambangan kita, sedangkan kita hanya menerima pemasukan menurut pajak dan upah buruh.

Indonesia adalah negara yg mempunyai suku bangsa dan agama yg beragam. Di lebih kurang kita mungkin kehidupan antara umat beragaman telah rukun. Tetapi pada beberapa loka masih saja terdapat kasus yang menyangkut SARA. Seperti meminta seseorang pemimpin buat turun hanya karena agamanya nir sama menggunakan agama dominan, perusakan tempat ibadah, terorisme, konfrontasi antar suku, & saling ejek antar agama pada dunia maya. Apabila kasus ini dibiarkan terjadi, maka akan terjadi disintegrasi bangsa & sangat berbahaya bagi kedaulatan bangsa.

Kerusakan lingkungan di Indonesia telah semakin parah. Penebangan hutan secara ilegal, pembuangan sampah & limbah pabrik ke sungai, alih fungsi lahan, dan penggunaan tunggangan bermotor yang semakin meningkat. Penyebabnya sangat kompleks. Intinya merupakan penegakan aturan yang kurang serius & kurangnya kesadaran menurut setiap pihak.

Ini telah biasa terjadi di negara kita dimana orang kaya akan permanen kaya hingga tujuh turunan, sedangkan orang miskin tetaplah miskin walau sekeras apapun beliau bekerja. Pendidikan yang layak merupakan satu-satunya jalan buat mengatasi kesenjangan sosial ini. Saya juga menyarankan mereka yg nir bekerja buat menjadi pengusaha.

Di beberapa kota besar pada Indonesia, stagnasi sudah sebagai hal yg masuk akal. Kemacetan ditimbulkan oleh penggunaan tunggangan bermotor yg meningkat dan banyak orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor ketimbang bersepeda walaupun jeda tempuhnya cukup dekat. Contohlah Singapura dimana penduduknya setiap hari menggunakan angkutan umum dan mau berjalan menuju loka kerjanya.

Angka pengangguran pada Indonesia cukup tinggi. Bahkan orang-orang pengangguran kebanyakan telah sarjana. Pengangguran sebagai penyebab primer kemiskinan. Kurangnya lapangan pekerjaan menjadi keliru satu penyebab terjadinya pengangguran. Sebaiknya penganggur tersebut sebagai pengusaha. Banyak sekali pengusaha sukses yang awalnya adalah seseorang pengangguran.

Banyak sekali masih ada wilayah tertinggal pada negara ini terutama pada tempat dekat perbatasan negara dan bagian timur Indonesia. Pembangunan cenderung berpusat pada sekitar pulau Jawa, Sumatera, & Bali saja. Mungkin lantaran hanya daerah tadi yg paling potensial. Namun sebaiknya pemerintah memperhatikan daerah lain. Siapa memahami daerah yang kurang diperhatikan tadi sebenarnya sangat berpotensi bagi pembangunan negara.

Rakyat miskin seringkali kesulitan menerima akses perawatan kesehatan yang memadai. Terutama mereka yang tinggal di daerah tertinggal. Mereka harus berjalan berpuluh-puluh kilometer hanya buat pergi ke puskesmas terdekat. Sedangkan mereka yang tinggal pada kota dikeluhkan menggunakan biaya tempat tinggal sakit yang sangat mahal. Namun keberadaan BPJS Kesehatan telah sangat membantu masyarakat buat meringankan porto pengobatan. Saran aku buat selanjutnya merupakan: menciptakan lebih banyak puskesmas agar warga yg tinggal pada pedalaman bisa memperoleh fasilitas kesehatan.

Banyak sekali terjadi kejahatan. Entah itu premanisme, terorisme, pencurian, perampokan, penghilangan nyawa, dll. Kebanyakan perkara tadi terjadi karena kemiskinan & kurangnya pendidikan. Saat ini penjahat semakin nekat melakukan aksinya, walaupun sebenarnya pelaku kejahatan tadi telah niscaya tertangkap polisi.

Kenapa saya jadikan satu bagian? Lantaran keduanya sama-sama merusak kesehatan, sia-sia untuk dibeli, & mengakibatkan kecanduan. Meskipun impak narkoba lebih merusak, namun merokok usahakan jua dihindari. Karena tidak hanya perokok tadi yg akan terkena bahayanya, namun orang yang secara tidak sadar ikut menghirup asap rokok tadi.

Banyak sekali remaja yang pacaran dengan berlebihan, bahkan hingga melakukan hubungan secksual. Kelakuan yg keterlaluan ini bisa memicu terjadinya penyakit yg sangat berbahaya seperti sifilis dan AIDS. Perlu dilakukan pelatihan moral secara menyeluruh agar remaja sekarang nir terjerumus ke pergaulan yg tidak baik.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk konsumtif terbanyak pada global. Penduduk Indonesia sangat gengsi sebagai akibatnya seringkali membeli sesuatu yg sebenarnya nir terlalu krusial. Ditambah lagi dengan kecintaan terhadap produk pada negeri yang kurang.

Mengunduh lagu, film, & perangkat lunak bajakan telah menjadi hal yang biasa pada negeri ini. Bahkan pedagang film bajakan bisa dengan bebas berjualan. Yang dirugikan tentu saja para penyanyi, penghasil film, dan produsen perangkat lunak tersebut. Mereka menjadi kehilangan kesempatan buat berkarya lantaran hasil karyanya selalu dibajak.

Dan masih poly lagi?

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...