Kamis, 20 Agustus 2020

Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

Berikut adalah soal ulangan generik bahasa Indonesia buat kelas 11 semester dua. Pembahasan soal sedang pada proses pengerjaan. Jumlah soal sebesar 50 soal. Jika kamu ingin berlatih mengerjakan soal ini, siapkan selembar kertas dan tulis jawabannya disana. Selamat mengerjakan!

Penggalan cerpen berikut untuk soal nomor 1-2.

2008 di Pinggir Selokan

Pagi menjelang siang tersebut, anak pria aku , Keenan, datang-datang menarik tangan saya & menggiring saya menuju sandal capit yang terparkir pada teras depan. Saya sudah hafal kegiatan yg dia maksud, sekaligus rute bepergian yg menanti engkau . Inilah program jalan kaki yg kerap beliau tagih, yakni satu kali putaran ke jalan belakang pada mana tidak ada tempat tinggal di sana, hanya tanah kosong berilalang tinggi. Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu akbar, & banyak dahan berduri pada pinggir kiri-kanan.

Terakhir kami berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka karena tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu menentukan jalur yang sama. Sejak sebelum kami berjalan kaki, aku telah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini. Langit yang berawan, angin yg bertiup kencang, dan meski matahari bersinar cukup jelas & terlihat angkasa biru di balik timbunan awan, saya tidak mampu menyampaikan bahwa ini pagi yg cerah. Masih terasa jejak mendung peninggalan hujan semalam. Kendati demikian, pagi ini pun nir mampu diklaim pagi yg mendung. Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan aku mengenai pergantian tahun kali ini. Ada impian bertenaga buat menuliskan sesuatu, semacam refleksi & sejenisnya. Tapi aku nir tahu harus memulai dan mana, wajib menulis apa.

1. Latar saat penggalan cerpen tadi adalah ?

a.siang hari
b.sore hari
c.senja hari
d.malam hari
e.pagi hari

dua. Kalimat yg mendeskripsikan latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut merupakan ?

a.Saya sudah hafal aktivitas yang dia maksud, sekaligus rute perjalanan yang menanti kami.
b.Terakhir kami berjalan ke sana, kaki Keenan sempat luka karena tersobek duri, tetapi entah mengapa ia selalu memilih jalur yang sama.
c.Jalan itu menurun dan curam, berbatu-batu besar, dan banyak dahan berduri di pinggir kiri-kanan.
d.Sejak sebelum kami berjalan kaki, saya sudah mengamati pagi pertama tahun 2008 ini.
e.Sambil berjalan, saya merenungi kesan-kesan saya mengenai pergantian tahun kali ini.

3. Orang yg bertugas buat menceritakan kepada penonton mengenai isi cerita dalam sebuah drama dianggap ?

a.antagonis
b.protagonis
c.narator
d.tritagonis
e.sutradara

4. Berikut ini adalah tujuan utama kita meringkas, kecuali

a.memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif (menyeluruh) tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah produk (buku, kaset, film, sinetron, dan sejenisnya yang sudah saya sebutkan di atas).
b.mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah produk.
c.memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah produk pantas mendapat sambutan masyarakat atau malah sambitan?
d.menjawab pertanyaan yang (mungkin) muncul jika seseorang melihat produk yang baru diluncurkan (diterbitkan), seperti: (selain buku, sesuaikan dengan kategorinya)
e.agar karya kita menjadi terkenal.

5. Bacalah kutipan cerita berikut.

Dengan maksud yang licik, Datuk Maringgih meminjamkan uangnya dalam Baginda Sulaiman. Berkat pinjaman uang dari Datuk Maringgih tersebut, usaha dagang Baginda maju pesat. Tetapi sayang, rupanya Datuk Maringgih sebagai iri hati melihat kemajuan dagang yang dicapai sang Baginda Sulaiman ini maka menggunakan seluruh orang suruhannya, yaitu pendekar 5, pendekar empat, pendekar 3, dan yang lainnya, Datuk Maringgih memerintahkan untuk membakar toko Baginda Sulaiman. Dan toko Baginda pun habis terbakar. Akibatnya baginda Sulaiman jatuh bangkrut & sekaligus dengan hutang yg menumpuk dalam Datuk Maringgih.

Watak tokoh Datuk Maringgih dalam kutipan cerita tersebut adalah …

a.Licik
b.Suka uang
c.Pasrah
d.Tamak
e.Pembohong

6. Editorial merupakan artikel pada surat berita atau majalah yg menyampaikan perkara-perkara aktual & sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Editorial disusun sang ?

a.wartawan lepas
b.sastrawan
c.staf redaksi
d.pengamat politik
e.kolumnis

7. Biografi yg menekankan penggambaran riwayat hayati seorang secara jelas adalah ?

a.biografi ilmiah
b.biografi populer
c.biografi berat sebelah
d.novel biografi
e.bibliografi

Paragraf berikut buat soal angka 8 dan 9.

Bahasa merupakan alat komunikasi sosial yg dipakai manusia buat berinteraksi antar sesamanya. Penggunaan bahasa berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi. Sebagai galat satu produk teknologi, televisi memengaruhi penggunaan bahasa pada rakyat melalui berbagai tayangan sehari-hari. Pengaruh tersebut dapat berupa aspek-aspek positif ataupun negatif. Suatu penyelidikan perlu dilakukan buat mengetahui macam-macam pengaruh penggunaan bahasa dalam tayangan-tayangan tersebut, khususnya bagi generasi muda. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan menjadi antisipasi dini terhadap aspek-aspek negatif dari penggunaan bahasa dalam tayangan televisi yang dapat Mengganggu kepribadian generasi muda Indonesia.

8. Isi utama paragraf tersebut adalah ?

a.Penelitian ini penting untuk segera dilakukan agar diketahui dampak negatif tayangan televisi.
b.Penggunaan bahasa di televisi memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui berbagai tayangan.
c.Televisi menggunakan sarana berupa bahasa dalam menyampaikan tayangan-tayangannya.
d.Tayangan televisi memengaruhi pemirsanya untuk membeli berbagai produk iklan yang ditawarkan.
e.Penggunaan bahasa dalam televisi perlu dicermati agar tidak memberikan pengaruh buruk kepada pemirsa.

9. Paragraf tersebut merupakan bagian ?

a.latar belakang
b.rumusan masalah
c.tujuan penelitian
d.pembahasan
e.kesimpulan

10. Perhatikan dialog diskusi berikut dengan saksama!

Penyaji:

“Kenyataannya, pembangunan tidak dapat terlepas dari penggunaan sumber daya alam. Sumber daya alam tersebut dapat berupa sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kita sering tidak pernah memperhatikan kelestariannya setelah kita memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Manusia cenderung memanfaatkan sumber daya alam secara besar-besaran tanpa memperhatikan kelestarian dan dampak yang akan terjadi. Di sisi lain, pembangunan juga dapat menimbulkan dampak negatif pada manusia itu sendiri.”

Penanya:

“Memang benar pembangunan dapat menimbulkan dampak bagi sumber daya alam, tetapi apakah pembangunan selalu bersifat negatif? Bukankah pembangunan juga dapat berdampak baik, salah satunya sebagai bentuk kemajuan suatu bangsa?”

Kutipan diskusi tersebut membahas …

a.Dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat pembangunan.
b.Pembangunan dapat meningkatkan dampak negatif bagi kelestarian sumber daya alam.
c.Pembangunan dapat berdampak positif bagi kelangsungan sumber daya alam dan manusia.
d.Pembangunan sebenarnya berdampak positif terhadap suatu bangsa.
e.Pembangunan sebenarnya tidak diperlukan.

Kutipan makalah berikut buat soal nomor 11-13.

Jagung Manis (Zea Mays L. Saccharata) merupakan jenis jagung yang belum lama dikenal di Indonesia. Jagung manis semakin populer dan sering dikonsumsi karena memiliki rasa lebih manis dibandingkan jagung biasa dan umur produksinya lebih singkat sehingga sangat baik untuk dibudidayakan. Kebanyakan warga masyarakat menyukai jagung manis untuk dikonsumsi (direbus, dibakar, dan dibuat sup). Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah. Dibandingkan dengan jagung biasa, jagung manis lebih banyak kandungan vitaminnya. Maka dari itu, perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan cara pemberian bahan organik karena selain dapat memberikan hasil berkualitas, bahan organik juga dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis.

11. Kutipan makalah tersebut merupakan bagian ?

a.latar belakang
b.rumusan masalah
c.tujuan penelitian
d.pembahasan
e.simpulan

12. Isi utama kutipan makalah tersebut merupakan ?

a.Jagung manis belum lama dikenal di Indonesia.
b.Jagung manis semakin populer dan banyak dikonsumsi.
c.Penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis.
d.Syarat budi daya jagung manis dengan pertanian organik.
e.Pengenalan tanaman organik

13. Pernyataan yang sinkron dengan kutipan makalah tadi terdapat dalam kalimat ?

a.Jagung manis semakin populer dan sering dikonsumsi karena umur produksinya lebih lama.
b.Jagung manis mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin tinggi, serta kandungan lemak rendah.
c.Dibandingkan dengan jagung manis, jagung biasa lebih banyak kandungan vitaminnya.
d.Perlu ditingkatkan produksi dan kualitas jagung dengan cara pemberian bahan anorganik karena dapat memberikan hasil yang berkualitas.
e.Bahan anorganik dapat memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan bobot pipilan kering jagung.

14. Bacalah paragraf berikut.

Memang, ada banyak cara menurunkan berat badan. Ada diet macan yg lebih mementingkan konsumsi daging, diet butir-buahan, membatasi makan nasi & kuliner berkarbohidrat tinggi lain seperti kuliner menurut gandum, jagung, singkong, atau ubi, serta mengurangi konsumsi gula. Banyak jua iklan pada media massa yang menjanjikan penurunan bobot badan hingga beberapa kilogram hanya pada beberapa minggu. Atau, menggunakan tusuk jarum, sedot lemak, minum jejamuan, minum teh hijau, dsb.

Pokok isi teks tersebut adalah …

a.banyak cara menurunkan bobot badan
b.hindari mengonsumsi gula saat melakukan diet
c.kita harus mencontoh macan saat akan menurunkan berat badan
d.berat badan bisa turun dalam beberapa minggu
e.iklan secara tidak langsung ikut berperan dalam diet seseorang

15. Bacalah paragraf berikut menggunakan baik.

Salah satu program pemerintah pada masa pembangunan adalah usaha penyebaran penduduk Jawa, bali, & Lombok. Untuk memperjelas penyebaran disebutlah dengan nama khusus, yaitu transmigrasi. Bahkan, dalam kaitan itu, Bung Hatta berkata dalam kongres pakar-ahli ekonomi, ?Satu kasus yang maha krusial dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini nir terpecahkan, Indonesia nir bakal makmur?.

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat …

a.pertama
b.kedua
c.terakhir
d.pertama dan terakhir
e.semua kalimat

16. Perhatikan pendapat berikut.

Penyaji: Penerapan RUU P0rnografi tidak perlu diterapkan pada Indonesia.

Tanggapan yg sinkron menggunakan pendapat tadi adalah ?

a.saya kurang sependapat dengan penyaji karena pendapatnya terlalu mengada-ada.
b.saya tidak setuju dengan penyaji karena pendapatnya sulit dipecahkan.
c.saya menolak pendapat penyaji karena masalah yang dibahas terlalu bertele-tele.
d.saya kurang sependapat dengan penyaji karena realita yang diungkapkan tidak sepenuhnya demikian.
e.saya rasa pendapat penyaji terlalu teoritis, maka saya tidak setuju.

17. Hal yang nir dimuat dalam notulen kedap OSIS mengenai rencana aplikasi seminar merupakan ?

a.judul rapat
b.pelaksanaan
c.pemimpin rapat
d.biaya pelaksanaan
e.keputusan-keputusan rapat

Kutipan cerpen berikut buat soal angka 18-20.

Akhir-akhir ini, sebelum pukul enam pagi, seringkali kulihat ayah duduk di kursi rotan di beranda sambil mendengarkan kabar dari radio baterai yang beliau taruh pada meja. Ketika loper koran datang, ayah akan mematikan radio, kemudian mulai memamah koran sambil sesekali geleng-geleng kepala. Setelah kenyang memakan warta, ia akan menenteng radionya ke pada kamar. Dan selepas Zhuhur, ayah pulang keluar kamar, duduk di kursi beranda yang dingin dan lengang memandang nyalang ke seberang jalan menggunakan napas yang sesekali mendesah. Kemudian, menjelang senja ayah akan menuju ruang tengah, khusyuk menatap TV 14 inci.

?Mungkin ayah ingin beristri lagi, Mas,? Ujar Lastri, saudara termuda perempuanku suatu kali.

Hus, ngawur! Ayah sudah tua, enam puluh umurnya. Lagian ayah begitu mencintai ibu. Tak mungkin ingin beristri lagi,” sanggahku.

“Ibu kan sudah meninggal, tak bakal tahu kalau ayah beristri lagi.”

?Tetapi, saya tidak senang punya bunda tiri.?

“Jika ibu tiri itu orangnya baik, kenapa tidak, Mas? Toh, ini demi kebaikan ayah.”

Mungkin Lastri benar, ayah ingin beristri lagi atau bisa jadi ia keliru. Ah, entahlah. Yang jelas, setelah pensiun ayah turun, ayah masih sering bepergian; berkunjung ke rumah-rumah tetangga dan seminggu sekali pergi ke toko buku. Sering kali ayah pulang bersama teman-temannya yang seumuran lalu ngobrol berjam-jam di ruang tamu. Tetapi, tidak untuk minggu-minggu ini. Entah sebab apa, ayah lebih senang diam di rumah, membaca koran, tiduran, dan menyaksikan berita di TV. Di ruang tengah tulah kami sering menemani ayah.

18. Latar tempat yang dalam kutipan cerpen tersebut, kecuali di …

a.beranda rumah
b.kamar
c.ruang tengah
d.ruang tamu
e.jalan depan rumah

19. Kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur dalam termin ?

a.pengenalan masalah
b.pemunculan masalah
c.pemuncakan masalah
d.penurunan masalah
e.penyelesaian masalah

20. Kutipan cerpen tersebut beralur ?

a.progresif
b.regresif
c.sorot balik
d.mundur
e.campuran

Paragraf berikut buat soal angka 21 dan 22.

Salah satu impak jelek televisi terhadap anak adalah obesitas. Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, rata-rata anak menonton televisi selama minimal empat jam setiap hari. Saat menonton televisi, anak akan mengkonsumsi makanan ringan menjadi kudapan. Camilan yg disukai oleh kebanyakan anak adalah camilan nir sehat, misalnya minuman kaleng dan kuliner berbahan pengawet. Camilan nir sehat tersebut dapat memengaruhi kesehatan anak sehingga anak berisiko lebih akbar terserang penyakit. Penyakit yg seringkali ditimbulkan oleh kudapan-camilan tersebut merupakan obesitas. Keadaan tadi akan diperparah apabila anak nir pernah melakukan olahraga.

21. Informasi krusial dalam paragraf tersebut adalah ?

a.Televisi merupakan sarana hiburan yang penting bagi anak.
b.Anak yang terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitas.
c.Obesitas pada anak dapat ditanggulangi dengan berbagai kegiatan olahraga.
d.Sebagian besar anak menonton televisi lebih dari empat jam setiap hari.
e.Camilan yang sering dikonsumsi anak adalah minuman kalengan dan makanan berbahan pengawet.

22. Dalam makalah tadi, paragraf soal masih ada pada bagian ?

a.simpulan
b.pembahasan
c.tujuan penelitian
d.rumusan masalah
e.metode penelitian

Ilustrasi berikut buat soal angka 23 & 24.

?Saudara moderator, kenyataan dalam kehidupan sehari-hari sudah menunjukkan dengan tegas dan kentara bahwa membuang sampah di sungai telah menjadi kebiasaan warga yg bertempat tinggal pada pinggiran sungai. Padahal telah relatif kentara bahwa salah satu penyebab banjir adalah tersumbatnya genre air sungai lantaran sampah menumpuk. Kesadaran rakyat kita memang pada menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan masih kurang.?

23. Peserta diskusi tersebut menyatakan ?

a.persetujuan
b.ketidaksetujuan
c.saran
d.tanggapan
e.simpulan

24. Inti liputan yang diungkapkan oleh peserta diskusi merupakan ?

a.Sampah menyebabkan banjir.
b.Masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai.
c.Membuang sampah di sungai dapat mengakibatkan banjir karena aliran air tersumbat.
d.Tumpukan sampah mengganggu kesehatan masyarakat.
e.Sampah di sungai menyebabkan peningkatan sumber penyakit.

Kutipan diskusi berikut untuk soal angka 25?28.

Pemakalah:

“Belum banyak petani di Indonesia yang mengolah tanahnya dengan sistem pertanian organik. Kebanyakan petani masih melakukan sistem pertanian konvensional. Situasi ini terjadi karena keterbatasan pengetahuan tentang sistem pertanian organik. Meskipun Pemerintah sudah mulai melaksanakan sistem pertanian berkelanjutan yang tujuannya adalah pertanian organik memperhatikan aspek kelestarian alam, program ini belum sepenuhnya terserap oleh petani Indonesia.”

Moderator:

“Saya persilakan peserta diskusi untuk menanggapi pejelasan dari pemakalah. Silakan Saudara Devi.”

Devi:

“Saya setuju dengan pendapat pemakalah bahwa petani Indonesia masih sedikit yang menerapkan pertanian organik. Kurangnya pemahaman petani tentang pertanian organik harus segera diatasi. Petani Indonesia seharusnya dapat menerapkan sistem pertanian organik karena selain hasil panennya bebas dari residu, pertanian organik juga ramah lingkungan.”

Moderator:“Silakan, Saudara Ardian!”
Ardian:

“Ya, pendapat Devi benar. Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan. Pemerintah harus lebih memperhatikan pengetahuan dan pemahaman petani tentang pertanian organik. Petani dapat diberi penyuluhan tentang pertanian organik. Dengan begitu, petani akan lebih paham dan dapat menerapkan pertanian organik untuk ke depannya.”

25. Kutipan diskusi tersebut membahas ?

a.kerugian menerapkan pertanian organik
b.kelebihan dan hambatan menerapkan pertanian organik
c.dampak negatif pertanian sistem organik
d.dampak pertanian organik terhadap petani
e.pertanian organik aman bagi masyarakat

26. Pernyataan yang sinkron dengan isi kutipan diskusi masih ada dalam kalimat ?

a.Kita dapat menerapkan sistem pertanian organik untuk meningkatkan pendapatan petani.
b.Penerapan pertanian organik memerlukan biaya yang cukup besar.
c.Pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu.
d.Pertanian organik dapat didukung dengan penggunaan pupuk anorganik.
e.Pemerintah sama sekali belum pernah mengadakan penyuluhan terhadap petani.

27. Kalimat simpulan menurut diskusi tersebut merupakan ?

a.Petani harus diberi pemahaman terhadap pertanian organik karena pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan.
b.Pemerintah harus selektif dalam memberikan pemahaman pertanian organik kepada petani.
c.Petani tidak boleh melakukan pertanian konvensional karena tidak ramah lingkungan.
d.Pemerintah harus tegas dalam memberikan aturan agar petani Indonesia menerapkan sistem pertanian organik.
e.Hasil pertanian organik memberikan banyak manfaat bagi petani.

28. Tanggapan yg sinkron menggunakan isi diskusi tersebut merupakan ?

a.Pertanian organik tidak selamanya ramah lingkungan.
b.Melalui diskusi ini saya masih meragukan manfaat pertanian organik.
c.Melalui penyuluhan atau tidak, pertanian organik tidak akan dilirik petani.
d.Menurut saya, pertanian organik sangat bagus karena dapat melestarikan alam dan aman bagi kesehatan karena bebas residu.
e.Menurut saya, penerapan pertanian organik akan memerlukan banyak biaya.

Dialog diskusi berikut buat soal nomor 29?31.

A:

Saya adalah seorang guru yang mengajar di sebuah sekolah dasar di pedalaman Kalimantan. Kondisi di sana sangat memprihatinkan. Kami menggunakan bangunan mirip kandang untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran.

B.:

Usaha apa yang sudah dilakukan pihak sekolah agar mendapatkan fasilitas lebih baik?

A:

Berkali-kali kami sudah melaporkan keadaan tersebut kepada dinas terkait di daerah kai, tetapi hingga kini belum ada respons. Akhirnya, kami terpaksa bertahan dengan segala keterbatasan yang ada. Meskipun demikian, para guru tetap bertekad untuk mendidik para bunga bangsa di daerah itu. Kami bersyukur karena anak-anak pedalaman memiliki semangat belajar tinggi meskipun orang tua mereka bukan orang berpendidikan.

B:

Bukankah Pemerintah telah menyediakan dana bagi pembangunan sekolah-sekolah di daerah pedalaman melalui program khusus?

A:

Benar sekali. Namun, kamu tidak tahu ke mana dana itu mengalir. Buktinya, sejak beberapa tahun lalu hingga hari ini kondisi kami masih sama. Namun, kenyataan ini tidak mengurangi semangat kami untuk terus mendidik anak-anak pedalaman.

29. Dialog pada diskusi tersebut membahas ?

a.Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di daerah pedalaman.
b.Anak-anak di pedalaman juga bersemangat dalam belajar.
c.Anak-anak pedalaman akan memiliki masa depan cerah dengan pendidikan.
d.Pemerintah mengalokasikan dana khusus bagi pendidikan di daerah pedalaman.
e.Pemerintah telah memberikan perhatian terbaik bagi pendidikan di daerah pedalaman.

30. Pernyataan yang sinkron menggunakan diskusi tersebut merupakan ?

a.Para guru menuntut Pemerintah lebih serius dalam menjalankan tugasnya.
b.Siswa pedalaman berharap agar mereka mendapatkan pendidikan layak.
c.Aliran dana Pemerintah bagi pendidikan di daerah pedalaman tidak jelas.
d.Pemerintah setempat akan memproses permintaan para guru tersebut.
e.Orang tua siswa di daerah pedalaman ingin agar anaknya tetap sekolah.

31. Tema: Masalah kebersihan di kota

Rumusan kasus yang sempurna buat presentasikan sesuai menggunakan tema tersebut merupakan ?

a.Untuk apa masalah kebersihan di kota dibahas?
b.Berapa banyak kota yang memiliki masalah kebersihan?
c.Bagaimana penanganan masalah kebersihan di kota?
d.Berapa orang yang terlibat dalam masalah kebersihan di kota?
e.Apa jadinya jika kota dipenuhi sampah?

32. Bacalah paragraf berikut.

Hutan mempunyai fungsi yang menguasai hidup orang banyak. Hutan berfungsi mengatur rapikan air, mencegah dan membatasi bahaya banjir dan erosi, dan sekaligus memelihara kesuburan tanah. Hutan memenuhi produksi output hutan buat keperluan masyarakat dalam biasanya & pembangunan industri dalam khususnya.

Isi paragraf tersebut adalah …

a.kebutuhan penduduk akan kayu meningkat
b.pentingnya hutan bagi kehidupan manusia
c.fungsi hutan bagi kehidupan masyarakat
d.ruang lingkup kegiatan kehutanan
e.bencana alam yang disebabkan keberadaan hutan

33. ?Saudara yg terhormat, pada ketika ini aku akan mengungkapkan makalah tentang aktivitas di sekolah, yakni Meningkatkan Kepedulian Berbahasa Indonesia yg Baik & Benar.?

Pernyataan yang tepat untuk menyetujui pendapat tersebut adalah …

a.Saudara, setujukah dengan pendapat tersebut?
b.Saudara, silakan tanyakan kepada peserta lain.
c.Saudara moderator, pada dasarnya kami setuju. Akan tetapi, tolong uraikan persoalannya secara tuntas.
d.Saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yang akan Saudara sampaikan.
e.Saudara-saudara, baiklah kita lanjutkan diskusi kali ini.

34. Hal-hal berikut termasuk unsur-unsur intrinsik dari sebuah karya sastra,kecuali …

a.tokoh
b.biografi penulis
c.tema
d.amanat
e.alur

Kutipan output penelitian berikut buat soal angka 35?38.

Karya sastra dapat diartikan sebagai suatu tulisan atau karangan yang unsur estetiknya dominan dan dapat dijadikan alat pengajaran. Meskipun tidak memiliki definisi jelas, cerpen dapat diartikan sebagai bagian dari sastra tulis yang selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Hubungan antara sastra dan cerpen tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya bertema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang akhlak kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, berdoa hanya kepada Tuhan), akhlak terhadap sesama manusia (cara memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yang terbaik. Nilai-nilai pendidikan tersebut sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

35. Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam kutipan hasil penelitian tersebut adalah …

a.Mengapa cerpen K.H.A. Mustofa Bisri hanya memiliki satu konflik?
b.Apa perbedaan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dengan cerpen karya pengarang lain?
c.Apa yang terjadi jika cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri tidak mengangkat tema agama?
d.Siapa penulis cerpen yang mampu menulis cerpen dengan tema yang menarik?
e.Apa perbedaan karya sastra dan cerpen?

36. Pernyataan yang sesuai menggunakan bacaan tadi merupakan ?

a.Di dalam kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri, semua cerpen berlatar belakang kaum masyarakat berpendidikan.
b.Cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri dilihat dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema kesetiaan.
c.Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang pribadi seseorang.
d.Akhlak kepada diri sendiri di antaranya takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan.
e.Nilai-nilai pendidikan dalam cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.

37. Gagasan utama paragraf tadi adalah ?

a.Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.
b.Semua kumpulan cerpen karya K.H.A. Mustofa Bisri sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional.
c.Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi diterbitkan oleh penerbit Kompas.
d.Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam cerpen K.H.A. Mustofa Bisri sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama.
e.Kumpulan cerpen K.H.A. Mustofa Bisri semuanya berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.

38. Presentasi hasil penelitian yang sesuai menggunakan kutipan tadi adalah ?

a.

Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri adalah tentang akhlak kepada Tuhan (takwa, rida atas ketentuan Tuhan, dan berdoa hanya kepada Tuhan), akhlak terhadap sesama manusia (cara memberi nasihat dan menerimanya, lapang dada, ikhlas, dan saling menolong). Akhlak kepada diri sendiri di antaranya introspeksi diri, berbaik sangka, ikhtiar, dan selalu berbuat yang terbaik.

b.

Karya sastra dapat diartikan sebagai suatu tulisan atau karangan yang unsur estetiknya dominan dan dapat dijadikan sebagai alat pengajaran. Meskipun tidak memiliki definisi yang jelas, cerpen dapat diartikan sebagai bagian dari sastra tulis yang selesai dibaca dalam sekali duduk dan tidak menghabiskan waktu. Dari hubungan antara sastra dan cerpen di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa cerpen juga dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak.

c.

Cerpen dapat digunakan sebagai media pendidikan akhlak. Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan. Beberapa nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari kumpulan cerpen tersebut adalah tentang akhlak kepada Tuhan, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak kepada diri sendiri. Nilai-nilai pendidikan di atas sangat relevan dengan ajaran-ajaran agama sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

d.

Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen. Semua cerpen tersebut sebelumnya telah diterbitkan oleh berbagai media massa, baik daerah maupun nasional. Namun untuk kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam.

e.

Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi sendiri diterbitkan oleh penerbit Kompas. Di dalam kumpulan cerpen ini, semua cerpen berlatar belakang kaum santri dan masyarakat awam. Dari segi tema hampir semuanya merupakan tema-tema keagamaan.

Ilustrasi tajuk rencana berikut untuk soal nomor 39 dan 40.

Banyak tayangan televisi mempertontonkan gaya hayati warga kelas atas, baik dalam film juga fakta. Tayangan-tayangan tadi dapat memengaruhi perubahan gaya hidup anak. Anak akan mencoba gaya hidup tadi meskipun nir sinkron dengan kemampuan keluarganya di global nyata. Akibatnya, anak akan mempunyai obsesi tinggi terhadap isi tayangan-tayangan tadi. Contohnya, anak akan malu memakai benda-benda nir bermerek terkenal. Jika orang tua tidak dapat memenuhi obsesi tadi, anak cenderung menampakan perilaku membangkang.

39. Gagasan utama gambaran tajuk rencana tadi adalah ?

a.Anak memiliki obsesi tinggi terhadap berbagai tayangan.
b.Tayangan televisi mempertontonkan berbagai gaya hidup.
c.Anak malu menggunakan barang tidak bermerek terkenal.
d.Tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak.
e.Gaya hidup anak sering berubah-ubah.

40. Pernyataan yg sinkron menggunakan paragraf tadi adalah ?

a.Obsesi berlebihan pada anak dapat muncul akibat menonton tayangan televisi.
b.Tayangan film dan berita merupakan tontonan yang sangat disukai oleh anak.
c.Anak tidak segan-segan meminta sesuatu kepada orang tuanya.
d.Gaya hidup anak dipengaruhi oleh gaya hidup orang tua dan lingkungan sekitar.
e.Televisi memberikan pengaruh negatif terhadap kemampuan berbahasa anak.

Kutipan biografi berikut buat soal angka 41?42.

Muhammad Fudoli adalah tokoh muslim yang lebih dikenal sebagai cerpenis beraliran sufisme. Sebagian besar karyanya mendapat penghargaan dari berbagai instansi, antara lain penerbit majalah Horison. Selain itu, dia berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yang halus dan memikat sehingga kritik tajam itu tidak terasa lagi bagi pembaca. Dia dikenal sebagai penulis yang sangat teliti, sabar, dan halus dalam mengungkapkan permasalahan yang terkesan singkat, tetapi tiba-tiba pada akhir-akhir cerita mengejutkan pembaca karena menampilkan adegan tragis sehingga cerita tersebut mengesankan pembaca. Kekuatan cerita Fudoli terlihat dalam kesederhanaan tokoh yang mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinannya kepada Tuhan YME.

41. Sikap positif hidup Muhammad Fudoli yang sinkron menggunakan kutipan biografi tadi adalah ?

a.Muhammad Fudoli membuat karya besar bernapaskan Islam.
b.Hasil karya Muhammad Fudoli sering diterbitkan di majalah Horison.
c.Muhammad Fudoli berani menampilkan adegan tragis.
d.Muhammad Fudoli memiliki semangat pantang menyerah.
e.Dalam karyanya, Muhammad Fudoli mengajak pembaca untuk bertobat dan meningkatkan keyakinan kepada Tuhan YME.

42. Perilaku-perilaku yg bisa diteladani berdasarkan tokoh menurut kutipan tersebut ?

a.Cerpen Muhammad Fudoli mendapatkan penghargaan dari berbagai instansi.
b.Muhammad Fudoli berani melemparkan kritik tajam dengan kemasan bahasa yang halus dan memikat.
c.Muhammad Fudoli adalah penulis yang dikenal teliti, tetapi tidak sabar.
d.Muhammad Fudoli sering mengejutkan pembaca dengan menampilkan adegan tragis.
e.Muhammad Fudoli tidak malu melakukan pekerjaan apa pun.

Kutipan hikayat dan novel terjemahan berikut buat soal angka 43 dan 44.

Kutipan Hikayat

Hari menjelang sore. Gadis Cik Inam berdiri di pagar anjungan. Ia memandang ke kejauhan, menanti kepulangan Muda Cik Leman & Anggung Selamat berdasarkan medan perang. Ia selalu berharap Muda Cik Leman & Anggung Selamat duduk pada atas kuda masing-masing diiringi hulubalang-hulubalang dan prajurit Muar pergi menuju istana. Mulutnya tiada henti-hentinya berdoa, mengharap mukjizat dari Yang Maha Kuasa, mengharap Muda Cik Leman & Anggung Selamat pergi menggunakan semat. Gadis Cik Inam menjadi resah, suaminya belum jua pergi.

Kutipan Novel Terjemahan

Makan bersama pada pondok selesainya pemakaman itu sangat mengesankan. Namun menceritakan ini terasa memilukan. Tentu saja kami sangat berduka. Papa paling ditangisi dan Mama kasihan sekali. Sebagian besar pelayat menangis waktu Papa dibawa ke lokasi pemakaman & dimakamkan dalam liang lahat yang baru digali.

43. Latar loka yg tergambar dari kedua kutipan tersebut adalah ?

Kutipan Hikayat

Kutipan Novel Terjemahan

a. pagar anjungan istana pondok dan lokasi pemakaman b. istana rumah Papa c. istana Anggung Selamat pemakaman d. rumah Muda Cik Leman rumah Papa e. pagar anjungan istana rumah Papa

44. Nilai kehidupan yg tergambar pada ke 2 kutipan adalah ?

Kutipan Hikayat

Kutipan Novel Terjemahan

a.religikesopanan
b.budayasosial
c.moralekonomi
d.kesopananmoral
e.kesetiaanbudaya

45. Dialog drama menggunakan tema kesedihan seseorang anak putus sekolah merupakan ?

a.
Ibu:Bantulah saja Ibu di pasar.
Putri:Tapi Putri ingin melanjutkan sekolah, Bu!
Ibu:Untuk makan saja kita kesusahan, Nak. Ibu harap kamu mengerti.
Putri:Baiklah, Bu. (Mengusap air mata)
b.
Ibu:Putri, kerjakan dulu tugas-tugasmu!
Putri:Sebentar lagi, Bu.
Ibu:Ini sudah larut malam. Nanti tidak selesai.
Putri:Iya, Bu.
c.
Putri:Kenapa aku tidak sekolah, Bu?
Ibu:Besok, Nak, kalo kita sudah punya cukup uang.
Putri:(Mendekat ke ibunya) Janji ya, Bu.
Ibu:(Menyeka air matanya) Iya, Nak.
d.
Putri:Terima kasih, Ibu. (Memeluk ibunya)
Ibu:Belajar yang rajin ya, Nak.
Putri:Putri janji, Bu. (Melihat seragam barunya)
Ibu:Ibu akan selalu mendoakanmu agar naik kelas.
e.
Ibu:Putri, nilaimu bagus sekali.
Putri:Ah, Ibu. (Merajuk)
Ibu:Sampai-sampai ditulis dengan tinta merah semua.
Putri:(Diam sambil menundukkan kepala)

46. Novel yang lebih mementingkan unsur khayalannya daripada kabar merupakan pengertian dari ?

a.biografi ilmiah
b.novel biografi
c.biografi populer
d.biografi berat
e.cerpen biografi

47. Karya tulis ilmiah mempunyai sifat-sifat berikut, kecuali …

a.Karya ilmiah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
b.Karya ilmiah disusun secara sistematis, dengan tata urutan yang jelas.
c.Karya ilmiah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diterima akal sehat.
d.Fakta yang digunakan dalam karya ilmiah harus dapat dipercaya.
e.Karya ilmiah dilengkapi dengan imajinasi agar lebih menggugah perasaan.

48. Berikut ini merupakan etika dalam berdiskusi, kecuali

a.niat
b.situasi yang kondusif
c.mendominasi pembicaraan
d.mendengarkan dengan baik
e.kejelasan

49. Cermatilah penggalan drama berikut.

Hendra:“Terima kasih, Dik.”
Didik:

“Sebenarnya sudah lama aku ingin mengajakmu ke luar kota, tetapi mengingat ibumu sakit, ya kutunda sampai hari ini.”

Hendra:

“Ya, itulah Dik, maka aku belum mau melangkah ke luar kota. Tapi, sekarang ibuku sudah sehat dan sudah mulai bekerja lagi. Kalau begitu, kapan kita berangkat?”

Didik:“Bagaimana kalau minggu depan?”
Hendra:“Baiklah, aku akan minta izin kepada ibuku dulu.”
Penggalan drama tersebut menceritakan …

a.Ibu Hendra sakit dan Hendra harus menungguinya
b.Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota
c.Hendra merasa kecewa karena ibunya sakit.
d.Didik menengok Hendra yang sedang sakit.
e.Hendra harus minta izin kepada ibunya.

50. Berikut ini tugas moderator merupakan ?

a.mengatur peserta diskusi
b.menampung kritik dan saran
c.mencatat kronologis kegiatan diskusi
d.memaparkan materi diskusi
e.membuka acara diskusi

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...