Posted by Agrikompleks
Strategi Pemasaran Susu - Konsumsi susu di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, walaupun konsumsi perkapita di Indonesia masih dapat dikatakan rendah dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam, atau Thailand.
Hal ini diantaranya lantaran produk tadi relatip nir gampang buat mendapatkannya, selain jumlahnya yang terbatas, juga kontinuitas ketersediaannya kurang terjamin.
Hal ini terbukti pemerintah masih melakukan import bahan produsen susu, walaupun beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan pasokan kebutuhan susu, tetapi syarat ini belum sanggup memenuhi kebutuhan konsumen susu pada negeri.
Kualitas air susu yang tersebar mempunyai kualitas relatip rendah, karena penanganan pada ketika proses pemerahan nir dilakukan secara hygiene, keadaan ini semakin memperburuk kualitas air susu.
Untuk meningkatkan pendapatan sekaligus kesejahteraan peternak susu pada negeri dapat dilakukan menggunakan jalan memperbaiki faktor pada dan faktor luar.
Guna menaikkan penjualan susu ternak produksi pada negeri galat satu upaya yg bisa dilakukan merupakan melakukan perbaikan faktor-faktor pada pada peternak itu sendiri & faktor-faktor di luar peternak.
Dalam tulisan ini akan diuraikan faktor-faktor pada & luar yg bisa menaikkan penjualan susu ternak pada negeri. Faktor-faktor yg termasuk dalam tatanan susu ternak dalam negeri yg bisa diperbaiki supaya penjualan bisa meningkat merupakan sebagai berikut;
1. Kualitas Susu
Kualitas susu yang dihasilkan peternak wajib dipertahankan kualitasnya jangan hingga terdapat upaya buat mendapatkan jumlah liter yg banyak tetapi dilakukan menggunakan mencampur susu dengan bahan lain misalnya santan kelapa, air murni, air tajin beras dll.
Susu yang asal menurut ternak sendiri pada dalam kandungannya sudah masih ada campuran air yg memang asal menurut pada ternak itu sendiri, selain itu terdapat unsur-unsur vitamin, kalsium dll zat/unsur yg berguna bagi pertumbuhan manusia.
Jika dicampur menggunakan homogen air menggunakan tujuan buat mendapatkan jumlah liter yang banyak, tetapi dari segi kualitas dan unsur-unsur zat yg diharapkan buat pertumbuhan tubuh manusia akan berkurang.
Peternak susu wajib menyadari bahwa kualitas susu yg dihasilkan buat dipasarkan sahih-benar murni susu asli yg menurut ternaknya.
Sebab bila dilakukan pencampuran susu ternak asli menggunakan bahan lain misalnya tadi di atas, maka selanjutnya pembeli/konsumen akan enggan membeli susu yg dari menurut asal utama tersebut.
Memang pada tahap awal konsumen mungkin sanggup diyakinkan bahwa itu susu ternak murni, tetapi lama kelamaan konsumen akan mengetahui bahwa susu tersebut nir murni lantaran bisa dirasa menurut kesegarannya bahkan berdasarkan rona dan ketahanan susu ternak tadi.
2. Kebersihan
Peternak susu sapi harus melakukan langkah-langkah yang bersih/mencegah kuman dll mulai berdasarkan memeras susu sapi, pengolahan, pengemasan dll. Sehingga susu yg akan dijual benar-benar higienis berdasarkan kuman dan penyakit.
Karena kebersihan susu ternak berdasarkan sumber penyakit & kuman sangat dibutuhkan antisipasinya, apabila susu nir bersih maka susu ternak sapi tadi akan gampang tertular penyakit.