Posted by Agrikompleks
Konsep Strategi Pengembangan Usaha - Menurut Kotler (1997), hasil analisis faktor internal dan eksternal dapat dipakai untuk mengetahui posisi dan menyusun strategi pengembangan usaha kedepan.
Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan pada suatu usaha dalam kaitannya dalam tujuan jangka panjang, acara nir lanjut & prioritas lokasi sumberdaya (Chandler, 1962 dalam Rangkuti, 2006), selanjutnya berdasarkan Porter (1998), strategi adalah alat penting buat menerima keunggulan bersaing.
Strategi pengembangan usaha yang baik berasal menurut perencanaan strategis yang baik jua, yaitu suatu proses analisis, perumusan & penilaian taktik-strategi, dimana tujuan primer dari berdasarkan perencanaan strategis merupakan mencari kesesuaian aktivitas-aktivitas usaha dengan syarat internal-eksternal yg menghipnotis pengembangan bisnis.
Jadi strategi pada pengembangan suatu bisnis penting buat memperoleh keunggulan bersaing & menghasilkan output sesuai dengan permintaan pasar dengan dukungan optimal menurut sumberdaya yg terdapat (Rangkuti, 2006).
Teknik perumusan taktik yg krusial dari David (2002) bisa dipadukan menjadi kerangka kerja pembuatan keputusan 3 termin, yaitu: (1) termin input, (dua) tahap mencocokkan, & (3) tahap keputusan. Tahap input merupakan tahap analisis lingkungan, beberapa hal yg wajib diperhatikan dalam dalam mekanisme analisis lingkungan adalah: (1) menentukan relevansi lantaran nir semua faktor lngkungan berpengaruh dalam suatu usaha & (dua) memilih taraf relevansi menurut issu taktik (strategic issue), yaitu faktor lingkungan yg mempengaruh besar terhadap usaha.
Tahap mencocokkan, mencocokkan faktor-faktor strategis internal dan eksternal merupakan kunci efektif menghasilkan alternatif taktik yg layak.
Tahap keputusan, tahap keputusan sebagai krusial jika ada beberapa cara lain taktik dalam pengembangan bisnis.
Pada umumnya taktik yang terpilih merupakan strategi memiliki peringkat tertinggi atau yang diramalkan dapat memenuhi tujuan menurut suatu bisnis secara optimal.
Sumber :
David F. R. 2002. Manajemen Strategis: Konsep. Penerjemah: Widyantoro A. Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Prenhallindo, Jakarta.
Porter, M. E. 1990. The Competitive Advantage of Nations. The Free Press, A Division of Macmillan, Inc., New York.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.