Rabu, 22 Juli 2020

Kepuasan Petani pada Bimbingan Usahatani

Kepuasan Petani pada Bimbingan Usahatani

Posted by Agrikompleks

Kepuasan Petani pada Bimbingan Usahatani - Pembimbingan usahatani adalah suatu kegiatan penyuluhan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam mengelola usahatani (khususnya kedelai) dengan produktif, efisien dan menguntungkan, sehingga petani dan keluarganya dapat meningkat kesejahteraannya.

Kepuasan petani pada bimbingan usahatani

Kartasapoetra (1994:5-6) menyatakan bahwa pembimbingan usahatani merupakan pendidikan non formal, menggunakan cara yg gampang dan gamplang sebagai akibatnya bisa menerapkan segala materi yang telah diterimanya pada praktek-praktek atau usahataninya.

Usaha pembimbingan ini wajib mengutamakan: kebebasan lokasi, kebebasan kurikulum, kebutuhan dan kepentingan para petani, tanpa adanya paksaan, tanpa adanya sanksi dan pembaharuan & hal-hal yang baru.

Herzberg (dalam Syptak, et al. 1999) mengemukakan bahwa kepuasan yg sedang bekerja merupakan hubungan sosial atau menggunakan membawa hubungan antar eksklusif menggunakan klien. Membantu membuatkan suatu perasaan kerjasama dengan petani secara kesetiakawanan.

Pelanggan (petani) akan termotivasi buat melaksanakan pekerjaan yang baik sinkron menggunakan petunjuk yang diberikan jika mereka diberikan bimbingan sinkron dengan yg diharapkannya.

Selanjutnya Herzberg (dalam Syptak, et al. 1999) menyatakan bahwa seluruh orang memiliki kebutuhan yang tidak sama, latarbelakang & harapan. Teori Herzberg ini memperlihatkan sesuatu titik awal yg layak. Dengan membentuk sesuatu lingkungan yg mempromosikan keputusan pada kerja.

Agar bimbingan penyuluhan pertanian bisa memberikan kepuasan dalam petani, maka: hal yg menyangkut teknis budidaya haruslah sesuai dengan kebutuhan, gampang dan dapat mengatasi perseteruan yg dihadapi; buat yg menyangkut panen & pasca panen mesti dapat memberikan nilai tambah; sedangkan buat pemasaran bisa membantu pada memudahkan akses pasar atau memproleh harga jual yg lebih tinggi. Selain itu kegiatan bimbingan, agar dapat memuaskan petani perlu jua mempertimbangkan saat bagi petani sasaran.

Daftar Pustaka :

Kartasapoetra, A. G. 1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Penerbit: Bumi Aksara.

Syptak, J.M., David, W.M.D, Maslaud, and Ulmer, D. 1999. Job Satisfaction: Putting Theory Into Prestice. Diperoleh menurut http://www.Anfp.Org/ fpm/991000fm/26. Internet; diakses 9 Januari 2007.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...