Jumat, 05 Juni 2020

Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia

Jenis Ikan Lele yang Populer dan Banyak dikembangkan di Indonesia

Posted by Agrikompleks

Jenis Ikan Lele dikembangkan di Indonesia - Terdapat banyak jenis dari ikan lele yang tersebar di dunia. Di Indonesia sendiri ada puluhan jenis ikan lele yang tersebar di pulau-pulau dan daerah di Nusantara. Tetapi ada beberapa jenis ikan lele yang populer dan banyak dikembangkan oleh masyarat Indonesia,

Jenis lele di indonesia

Berikut kami akan mengungkapkan jenis ikan lele yg populer dan banyak dikembangkan di Indonesia.

Ikan Lele Jawa

Hasil gambar untuk lele jawa

Sumber : hobiternak.Com

Ikan Lele Jawa (Clarias batrachus) atau orang biasa menyebutnya dengan lele lokal merupakan lele yang orisinil berasal menurut perairan Indonesia. Lele jawa sempat populer pada kalangan pembudidaya ikan lele sebelum ikan lele jenis lain hadir. Dahulu, banyak petani yg membudidayakan ikan lele jawa baik sebagai konsumsi ataupun sebagai ikan hias.

Untuk lele jawa sendiri terbagi sebagai tiga macam yaitu lele jawa yang berwarna hitam menjadi lele konsumsi, dan lele jawa yg berwarna merah dan hitam putih belang-belang menjadi lele hias. Ikan lele jawa memiliki tubuh yang mini , pipih memanjang dengan rona kulit hitam. Pada sirip dadanya terdapat patil yg relatif tajam & beracun. Laju pertumbuhan dari lele jawa tergolong lambat. Hal itu jua berpengaruh dalam anugerah pakan yang juga sebagai lebih banyak.

Ikan Lele Dumbo

Sumber : www.Agrinak.Com

Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) didatangkan ke Indonesia pada tahun 1985. Lele dumbo merupakan lele output persilangan antara pejantan jenis Clarias gariepinus asal Afrika menggunakan betina jenis Clarias fuscus berasal Taiwan.

Setelah lele dumbo tiba ke Indonesia, poly para peternak yang antusias buat mencoba menyebarkan lele dumbo. Perkembangan lele dumbo jauh lebih cepat menurut lele jawa karena pada saat tiga bulan lele dumbo telah mampu dipanen. Lele dumbo banyak dikembangbiakkan sebagai lele konsumsi dan jua bibit.

Warna berdasarkan kulit lele dumbo merupakan kemerahan atau keunguan menggunakan kulit bagian perut berwarna putih. Terdapat bintik-bintik akbar pada tubuhnya. Disaat lele dumbo stress, maka warna kulitnya akan berubah sebagai lebih terang & muncul bercak-bercak pada kulitnya.

Namun waktu kondisinya sudah kembali hening & normal, rona kulitnya pun akan balik seperti semula. Meskipun mempunyai laju pertumbuhan yg lebih cepat berdasarkan lele jawa, rasa daging ikan lele dumbo masih dibawah lele jawa. Lele dumbo mempunyai tekstur daging yg sedikit lembek dan nir segurih lele jawa. Namun tetap banyak orang yang suka menggunakan citarasa lele dumbo meskipun cita rasanya tidak misalnya lele jawa.

Ikan Lele Sangkuriang

Sumber : alamtani.Com

Ikan lele sangkuriang merupakan hasil rekayasa genetika dari ikan lele dumbo melalui perkawinan  sekerabat (inbreeding). Tujuannya untuk mendapatkan bibit lele unggul karena peminat lele dumbo sendiri sudah mulai berkurang. Rekaya genetika ini dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Selama kurang lebih dua tahun para peneliti di BBPAT Sukabumi meneliti tentang lele sangkuriang ini, yaitu sejak tahun 2002 sampai 2004. Hingga akhirnya berhasillah mereka menemukan spesies lele baru yang diberi nama lele sangkuriang. Pada tahun 2004, Dinamakan sangkuriang, lantaran asal usul ikan ini seperti seperti cerita legenda di Jawa Barat yakni Legenda Sangkuriang.

Itulah berita jenis ikan lele yg poly dikembangkan di Indonesia gampang-mudahan mampu berguna dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...