Senin, 01 Juni 2020

Fotografi untuk Introvert! Bagaimana Melakukannya dan Cara Menghasilkan Uang

Menjadi introvert memang sangat bikin capek. Di satu sisi kita sangat ingin berinteraksi menggunakan orang lain, akan tetapi pada sisi lain kita tidak sanggup atau sangat canggung ketika bertemu dengan orang lain terutama orang yg belum kita kenal. Menjadi fotografer menuntut pelakunya wajib ke luar rumah, berkomunitas, dan berinteraksi dengan objek terutama jika objeknya insan. Nah, hal itulah yg acapkali menjadi kesulitan bagi seorang introvert. Introvert hanya mampu berkomunikasi empat mata. Apabila ada satu orang lain yg bergabung dalam dialog, introvert cenderung akan membisu tanpa kata.

Fotografi untuk introvert

Saya saat menikmati keindahan Bukit Campuhan, Ubud. Saya beruntung punya teman dan adik yang bisa diajak travelling bareng. Saya tidak yakin apa saya termasuk introvert atau ekstrovert, mungkin di tengah-tengah. Difoto dengan Canon EOS 800d lensa fix 50mm f/3,5 1/1250sec ISO 200. Pada waktu memotret, saya (dan teman saya) memang kurang memahami segitiga eksposur.

Kabar baiknya, fotografi sanggup dilakukan oleh siapa saja. Bahkan seseorang introvert sekalipun. Kita jua mampu membentuk uang menurut fotografi tersebut meskipun tidak wajib berinteraksi dengan orang lain. Ada poly sekali aliran fotografi yang mampu dilakukan sang seseorang introvert. Diantaranya:

Landscape photography adalah langkah awal yang bagus jika kamu ingin mulai belajar fotografi. Kamu tidak harus mengajak teman untuk sekedar mencari spot bagus di pantai, pegunungan, atau air terjun. Perlengkapan yang harus kamu punya adalah kamera DSLR/mirorless dengan lensa lebar dan tripod. Lebih baik lagi jika kamu memiliki cable release shutter untuk hasil foto yang lebih tajam.

Jika kamu memiliki budget lebih, milikilah quadcopter / drone dan jelajahi lingkungan sekitarmu. Sama seperti halnya fotografi lansekap, kamu tidak harus berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja kamu harus tahu aturan dasar menggunakan drone dan larangan terbangnya. Hindari objek vital negara, bandar udara, dan tempat lain yang dilarang.

Wildlife photography merupakan pekerjaan menantang dan butuh cukup poly uang, karena wajib membeli lensa fix zoom yg panjang & porto perjalanan ke alam liar. Tapi engkau mampu memulainya menurut kebun hewan.

Food photography jua menarik. Namun jika engkau terlalu minder buat tiba ke restoran, memesan makanan, & memotret makanan tadi sebelum engkau menyantapnya, cobalah bereksperimen menciptakan makanan yg lezat dan menarik pada rumahmu. Memang, stigma rakyat sedikit negatif melihat orang yang gemar memotret makanannya sebelum dimakan.

Nature photography memiliki pengertian yang lebih luas ketimbang landscape photography. Bila landscape photography hanya terbatas pada bentuk alam dan lekukan permukaan bumi, nature photography juga mencakup hutan, taman, alam liar, air terjun, dan segala hal yang berkaitan dengan outdoor.

Jika di lingkungan sekitarmu terdapat banyak bangunan yg menarik, cobalah potret. Pilih sudut pandang dan pencahayaan yg sempurna. Gunakan format RAW supaya lebih jelasnya bangunan lebih kentara dipandang & tidak terbias dengan cahaya matahari atau langit yang jelas.

Macro photography sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan di kamar rumah. Hanya saja kamu perlu membeli sejumlah minifigure. Atau alternatifnya kamu bisa memotret bunga atau serangga.

Street photography merupakan langkah awal menuju lebih ?Sosial?. Beranikan dirimu berjalan pada pasar atau perkotaan, kemudian potret kehidupan insan atau apapun yg menurutmu menarik. Cobalah belajar berinteraksi dengan orang lain disana. Setiap orang niscaya ramah apabila engkau juga ramah. Tapi jika ada yang mengusirmu, jangan berkecil hati & putus asa. Tetap bersikap sopan, meminta maaf, & menjauh.

Fotografer profesional merupakan fotografer yg bisa menghasilkan uang menurut hasil karya fotonya, bahkan bisa hidup mapan menggunakan fotografi. Introvert jua bisa menghasilkan uang melalui fotografi. Kemajuan teknologi terutama internet sebagai pemberian bagi introvert buat bisa berinteraksi dengan dunia secara nir eksklusif. Berikut adalah beberapa cara buat seorang introvert untuk memaksimalkan pendapatan menurut fotografi.

Lomba foto

Saya ingat sekali foto ini menciptakan saya diundang Istana Negara buat menghadiri Upacara Pengibaran Bendera 17 Agustus 2014. Padahal hanya menggunakan kamera ponsel (saya lupa ponsel apa, yang pasti bukan ponsel rupawan).

Ada poly sekali lomba fotografi yg bertebaran di global maya. Baik itu skala lokal, nasional, maupun internasional. Hadiahnya menggiurkan & sanggup menambah agama dirimu pada fotografi apabila punya beberapa penghargaan lomba. Apabila kalah, jangan menyerah. Belajar berdasarkan kesalahan, amati foto mereka yang menang, & coba lagi pada perlombaan berikutnya. Tips saya, hanya fokus pada satu lomba foto pada satu ketika. Jika kamu telah mengunggah atau mengirim foto tadi, barulah mencari lomba foto lain.

Saya belum pengalaman menjual foto, tapi kabarnya hasilnya menggiurkan. Cobalah cari di internet berkaitan menggunakan menjual foto pada stock photo berbayar. Biasanya pembelinya berasal menurut negara maju yang siap membayar cukup mahal output foto engkau .

Apabila kita telah punya cukup banyak ilmu tentang fotografi dan ingin menyebarluaskannya kepada orang lain tetapi tidak berani berinteraksi secara pribadi, blogging solusinya. Membuat blog sangat mudah & cepat. Apabila tulisanmu berguna dan dibaca banyak orang, kita sanggup menghasilkan uang menurut iklan yang terpasang. Bahkan apabila cukup berani, cobalah vlogging!

Jika kamu sudah cukup banyak dan lengkap memiliki gear dan tidak semuanya selalu terpakai, cobalah disewakan. Lakukan survei harga sewa peralatan fotografi di tempat lain, buatlah situs kecil yang menunjukkan gear apa saja yang kamu miliki. Kemudian untuk mencegah barang tidak dikembalikan, gunakan KTP sebagai jaminan. Pikirkan juga bagaimana mekanisme ganti rugi jika gear kamu rusak setelah dipinjam.

Jika kamu paham betul seputar kamera & lensa dan harga pasarannya, engkau bisa mencoba usaha jual beli kamera dan lensa. Memang hal tersebut membutuhkan modal yg nir sedikit, akan tetapi aku pikir hasilnya cukup menguntungkan bila kamu memahami dimana membeli barang bekas menggunakan harga murah tapi kualitas baik & dimana menjual barang bekas tersebut dengan harga lebih tinggi.

Jika kamu punya kenalan fotografer preweeding atau event profesional, cobalah tawarkan diri menjadi asistennya dengan bayaran murah atau gratis semata-mata untuk mengetahui bagaimana cara mereka bekerja. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dari sana sehingga kamu tidak gugup lagi ketika menerima tawaran memotret suatu acara atau preweeding.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...