Jumat, 05 Juni 2020

Fenomena Sosial (Artikel Lengkap)

Fenomena sosial merupakan seluruh perilaku yg memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang/kelompok tertentu menurut atau terhadap orang/gerombolan lain. Fenomena sosial dapat diartikan sebagai insiden yg terjadi dan bisa diamati pada kehidupan sosial. Fenomena sosial terjadi saat insan menganggap segala sesuatu yang dialaminya adalah sebuah kebenaran mutlak. Fenomena sosial dapat terjadi dimana saja, baik itu pada desa maupun kota.

Fenomena sosial tawuran

Fenomena sosial bisa sebagai perkara dan dapat juga berdampak positif. Contoh fenomena sosial yang menyebabkan masalah adalah tawuran antar pelajar. Sedangkan contoh fenomena sosial yang berdampak positif merupakan aktivitas kerja bakti pada lingkungan RT. Fenomena sosial yg berdampak negatif bisa terjadi karena adanya konduite menyimpang yang wajib dikendalikan dengan pengendalian sosial.

2. Penyebab Terjadinya Fenomena Sosial

Fenomena sosial terjadi lantaran banyak sekali macam faktor misalnya lingkungan, perkembangan zaman, budaya, & pola pikir seseorang/kelompok. Fenomena sosial yg terjadi karena budaya misalnya mudik waktu lebaran. Contoh fenomena sosial yg terjadi lantaran pola pikir merupakan aktivitas para relawan yg eksklusif menolong waktu terjadi bala alam. Contoh fenomena sosial yg terjadi lantaran perkembangan zaman adalah makin banyak orang-orang yg memilih berkomunikasi menggunakan media sosial.

Tiga. Perilaku Menyimpang yang Mengakibatkan Terjadinya Fenomena Sosial

Baca pula: Pengertian Fenomena Sosial & Ekonomi (Beserta Contoh)

Perilaku menyimpang adalah perilaku seseorang/kelompok yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat yang menimbulkan usaha dari pihak berwenang untuk mengendalikan perilaku menyimpang tersebut. Perilaku menyimpang dapat disebabkan oleh pengaruh pergaulan, kondisi keluarga, dan teman dekatnya. Perilaku menyimpang yang dilakukan secara berkelompok dapat menyebabkan terjadinya fenomena sosial. Seperti kegiatan balapan liar anak jalanan pada malam hari.

4. Pengendalian Sosial Sebagai Solusi Atas Fenomena Sosial Berdampak Negatif

Pengendalian sosial merupakan segala upaya buat mengajak/memaksa seseorang/gerombolan buat pulang mentaati kebiasaan yg berlaku di suatu loka. Pengendalian sosial dapat dilakukan sang Polisi atau orang yg dianggap oleh masyarakat.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...