Senin, 15 Juni 2020

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan

Posted by Agrikompleks

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Menguntungkan - Ternak bebek bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Ada dua jenis bebek, yaitu pedaging dan petelur. Telur bebek sendiri diketahui memiliki banyak khasiat untuk tubuh bila dibandingkan dengan telur ayam, karena menurut penelitian, kandungan vitaminnya lebih banyak.

Cara ternak bebek petelur modern yang menguntungkan

Selain itu, harga jual telur bebek lebih tinggi menurut telur ayam. Maka, nir perlu diragukan lagi jika usaha ini menggiurkan karena berpotensi berikan poly laba. Buat yang masih pemula, tentu masih gundah bagaimana cara memulai budidaya bebek petelur secara modern. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan agar untung akbar.

Siapkan Modal

Tanpa modal, seluruh bisnis tidak akan sanggup berjalan menggunakan lancar. Modal digunakan buat membeli segala sesuatu yg mendukung berjalannya proses usaha.

Dalam hal ternak bebek, modal digunakan misalnya buat menyewa lahan, membuat kandang, membeli bibit, membeli pakan, biaya perawatan, dan lain-lainnya.

Modal sanggup dihasilkan dari uang tabungan pribadi, atau menurut pinjaman. Kalau uang pribadi sangat mencukupi, lebih baik menggunakannya, ketimbang harus mempunyai utang menggunakan pihak bank, institusi pemberi pinjaman, atau orang lain.

Persiapkan Lahan

Bebek termasuk ke dalam kategori unggas. Artinya, kamu perlu mempersiapkan huma yang luas dan jauh menurut pemukiman masyarakat. Hal ini demi menghindarinya penularan penyakit berbahaya ke manusia, dari hewan unggas.

Beternak bebek idealnya adalah dimulai sekitar 100 ekor. Pastikan jika lahan yg kamu miliki relatif buat menampung semuanya.

Buat Kandangnya

Ada banyak jenis kandang yg terkenal pada kalangan peternak, tapi 3 jenis inilah yg paling acapkali dipakai, pertama yaitu sangkar panggung, sangkar litter, & sangkar sistem baterai.

Kandang bebek jenis anjung mempunyai bentuk misalnya anjung dan berada di atas tanah. Kandang ini mempunyai kelebihan menciptakan bebek terhindar berdasarkan risiko penyakit, lantaran alasnya selalu kemarau. Tapi, kekurangannya, bebek nir sanggup menerima mineral yang biasa terkandung pada pada tanah.

Kandang litter, bentuknya misalnya sangkar pada umumnya, yaitu hanya terdiri dari pagar persegi, beserta ruang tertutup dan terbuka. Kandang jenis ini dievaluasi lebih murah pembuatannya.

Terakhir sangkar baterai. Kandang ini letaknya di atas, sama seperti sangkar anjung, tapi bentuk sangkar ini bertingkat, sekitar 3-4 tingkatan.

Bagian alasnya dibuat miring 30 derajat ke depan buat memudahkan menggelindingkan telur yang telah ditetaskan. Kandang jenis ini dinilai paling cocok buat sebuah peternakan bebek.

Ukuran sangkar bebek petelur 100 ekor bisa lebih besar menurut bebek pedaging, idealnya sih lebih kurang 4 x 14 meter2. Selain jenis & ukuran, yg perlu diperhatikan menurut sangkar bebek adalah suhunya. Idealnya kandang bebek harus berada di suhu 27-30 derajat celcius. Cara menjaga suhu tetap ideal merupakan menggunakan menutup sebagian sisi sangkar menggunakan terpal.

Membeli Bibit Bebek Petelur Berkualitas

Setelah lahan & kandang siap, selanjutnya engkau tinggal membeli bibit bebek petelur yg berkualitas. Di dalam peternakan, istilah bibit bebek disebut menggunakan Day Old Duck (DOD). DOD sudah sanggup dibeli bahkan sejak berusia 1-10 hari sesudah menetas.

Agar ternak bebek petelur sukses, kamu wajib memastikan bibit yang dibeli berkualitas. Ciri-ciri bibit yg berkualitas di antaranya merupakan memiliki bobot 38-40 gram, gerakannya lincah & militan, nir terdapat kecacatan di dalam fisiknya, paruhnya mengkilap, suaranya rupawan, dan bulunya halus.

Harga bebek petelur bervariasi, akan tetapi homogen-homogen harganya sekitar Rp 950 ribu sampai Rp 1 juta per 100 ekor bibit.

Memberi Pakan Bebek Petelur & Perawatan Lainnya

Sebelum memasuki masa panen, perawatan yang rutin diharapkan hingga usia bebek mencapai umur siap bertelur. Perawatan tadi meliputi anugerah pakan setiap hari, pencucian sangkar, pemberian vaksin.

Untuk sanggup membuat telur yang berkualitas, bebek petelur perlu diberikan pakan yg sesuai. Pakan tadi wajib mengandung tinggi protein, energi, & mineral.

Beberapa peternak lebih menentukan buat meracik sendiri pakannya dari biji-bijian, & sayuran yg lalu dicampur dengan konsentrat pabrikan. Harga konsentrat bebek petelur 2019 berkisar Rp 600 ribuan per 50 kilogramnya.

Selain pakan, jangan lupa jua buat mengecek suhu kandang setiap waktu. Pastikan suhunya berada pada kisaran 27 hingga 30 derajat celcius. Kalau terlalu panas atau terlalu dingin, bebek akan rentan terhadap penyakit & berisiko mengalami kematian.

Panen Telur

Pada umumnya, bebek sanggup mengeluarkan telur pada usia 5 bulan sampai 7 bulan. Tapi di masa awal-awal umur produktif, jumlah telur yang dihasilkan masih belum stabil. Dari 100 ekor yang dimiliki, mungkin hanya 30 hingga 50 telur yang didapat. Lama kelamaan, telur yg dihasilkan bisa meningkat misal 70-80 telur per hari. Tetapi sayangnya, waktu usia bebek menginjak angka 12 bulan ke atas, produktivitasnya akan menurun. Kamu bisa merogoh telur-telur tadi setiap harinya jam 6 pagi.

Itulah warta mengenai cara ternak bebek petelur terkini yg menguntungkan, mudah-mudahan sanggup berguna dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...