Kamis, 11 Juni 2020

Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Di Halaman Rumah

Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Di Halaman Rumah

Posted by Agrikompleks

Cara Menanam Cabe Di Halaman Rumah - Cabe merupakan bumbu dapur yang nyaris paling sering digunakan buat memasak. Tidak cuma untuk memasak, cabe pula kerap digunakan buat tambahan cemilan yaitu gorengan ataupun dijadikan sambal.

Nyaris seluruh olahan masakan menurut pada Indonesia memakai cabe. Di antaranya, kuliner spesial Padang yg bercita rasa pedas, kayak rendang, bermacam sambal terdapat pula rica-rica, dan masih poly lagi kuliner spesial indonesia yang terbuat dai cabe.

Cara menanam cabe di halaman rumah

Tetapi cabe seringkali terkendala dengan harganya naik turun & terkadang tak jarang meroket. Bayangkan saja jika harga cabe sekitaran ribuan atau ratusan per kg, maka banyak orang yang memilih buat tidak menggunakan cabe pada makanannya.

Alternatif buat menghindari harga cabe yang melambung tinggi adalah menggunakan menanam cabe di rumah. Anda mampu menanam sendiri pada pekarangan page rumah maupun di pot. Selain mudah menanamnya, cabai ini pula tidak mengenal demam isu. Berikut cara menanam cabai pada tempat tinggal dengan mudah dan cepat berbuah.

Memilih Benih

Langkah awal sebelum menanam cabe yaitu memilih bibitnya terlebih dahulu. Untuk skala rumah tangga kamu bisa memakai bibit cabai berdasarkan dapur atau membeli cabai yg sudah tua di pasar.

Ciri-cirinya dalam cabai rawit kulitnya berwarna merah menyala. Pilihlah yang terlihat segar dan tidak keriput, dan tangkainya berwarna hijau segar. Cara lain yaitu bisa membeli bibit cabe di toko pertanian.

Cara Menyemai Benih Cabe

apabila engkau telah menerima bibit cabai yg sehat, kemudian belahlah cabe & ambil bijinya. Lalu cuci biji sampai lendirnya hilang. Setelah terselesaikan lakukan seleksi benih menggunakan cara merendam biji cabai ke air. Biji yang mengapung merupakan biji yang kurang sehat, sisihkan atau buang. Ambil biji yang karam, jemur hingga kemarau.

Setelah biji cabai benar-benar kemarau, siapkan media semai menggunakan perbandingan dari adonan tanah & pupuk sangkar. Campur rata lalu pisahkan dalam waktu 3-7 hari di loka sejuk. Setelah seminggu rendam biji cabe pada air hangat kuku. Diamkan selama tiga jam. Pastikan ketika merendam biji jua ditambah menggunakan ZPT buat merangsang proses perkecambahan.

Masukkan media tanah dalam polybag. Lalu basahi menggunakan air, sehabis itu tambahkan 1 benih cabe untuk 1 polybag ukuran mini . Buat lubang sedalam 1-15 cm. Sisihkan polybag pada loka yg teduh menggunakan penyiraman setiap 1-2 kali per hari. Benih akan berkecambah pada ketika kurang lebih 1 minggu. Lakukan perawatan ini hingga bibit cabai berumur lima-6 minggu atau helai daun dalam bibit cabe sudah muncul 6-8 helai.

Cara Menaman Bibit Cabe

Setelah bibit cabe telah berkecambah alangkah baiknya jua dipindah di loka yg terkena sinar matahari. Tujuannya agar secara sedikit demi sedikit flora cabe sanggup tumbuh menggunakan sehat dengan syarat flora nir lemas dan pucat dan daun mampu lebih kokoh.

Pindahkan bibit cabai dalam pot yg idealnya berdiamer 30 centimeter. Kamu bisa memakai barang-barang bekas misalnya berdasarkan kaleng cat, jerigen juga ember kecil yang tidak terpakai. Kemudian siapkan pulang medai tanam yang lebih poly, yaitu dengan adonan tanah, pupuk kandang & juga sekam.

Semuanya dengan perbandingan tiga:dua:1. Pembuatan media tanam ini mampu engkau siapkan seminggu sebelum bibit dipindahkan agar kandungan menurut 3 campuran bahan itu berproses secara kimia.

Sebaiknya pemindahan bibit dilakukan dalam pagi hari lebih kurang pukul 07.00-09.00 atau sore hari sehabis pukul 15.30 buat menghindari tanaman stres. Pindahkan bibit pada pot, lalu siram dengan memakai gembor supaya tanah tidak memadat. Kemudian taruh pada loka terbuka yg terkena sinar matahari.

Cara Perawatan

Siramlah secara rutin setiap harinya supaya tanaman cabe sanggup tumbuh secara cepat & sempurna. Pastikan flora cabai yang mulai tumbuh nir kekurangan nutrisi. Sering-seringlah melihat apakah terdapat tumbuhan lain yang tumbuh dan menganggu perkembangan cabe. Apabila ada bubut supaya cabai bisa tumbuh menggunakan baik.

Jangan lupa siram 3 kali seminggu menggunakan air rendaman pupuk sangkar agar flora cepat berbuah. Ketika flora cabai mulai tumbuh besar berilah penopang menggunakan memakai bambu kecil supaya pohon mampu berdiri kokoh dan tidak patah. Setelah tumbuh menggunakan baik & paripurna, makan proses tanaman cabai sanggup lebih cepat berbuah.

Panen

Ketika cabai sudah tumbuh sempurna. Anda mampu melakukan panen.

Itulah keterangan mengenai cara menanam cabai menggunakan mudah di halaman tempat tinggal , gampang-mudahan sanggup berguna & menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...