Selasa, 16 Juni 2020

Apa Saja yang Termasuk Energi Alternatif?

Energi alternatif adalah energi yang dapat menggantikan bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Tujuan penggunaan energi alternatif adalah untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang jumlahnya kian menipis dan juga untuk melestarikan lingkungan karena sebagian energi alternatif adalah energi bersih. Saya akan menjawab soal sebutkan dan jelaskan macam-macam energi alternatif? Langsung saja kita simak yang pertama:

Yang Termasuk Energi Alternatif

Hidrogen merupakan unsur gas yang paling sederhana dimana setiap atomnya hanya mempunyai satu proton. Meskipun demikian, kadar hidrogen di muka bumi adalah yg tertinggi dibandingkan kadar gas lain. Hidrogen berpotensi sebagai bahan bakar di masa depan karena jumlahnya melimpah, mempunyai kandungan energi tertinggi (bila dibandingkan beratnya), produk sampingannya hanyalah uap air, dan terdapat dimana saja. Berikut merupakan persamaan reaksi hidrogen sebagai akibatnya dapat membuat tenaga:

H2+ 1/2O2→H2O+ Energi

Saat ini sudah dikembangkan tunggangan berbahan bakar hidrogen.

Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh pembelahan inti melalui reaksi fisi atau penggabungan beberapa inti melalui reaksi fusi. Meskipun penggunaan energi nuklir dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar dan sedikit menimbulkan polusi, namun radiasi yang dihasilkan sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar. Jika ada kebocoran karena kesalahan teknis atau bencana alam, bisa sangat fatal akibatnya. Sejak peristiwa gempa dan tsunami Jepang yang membuat reaktor nuklir Fukushima bocor, beberapa negara maju seperti Jerman mulai mengurangi ketergantungannya pada energi nuklir.

Energi energi angin adalah tenaga yang didapatkan sang tiupan angin dan memakai kincir angin buat mendapatkan energinya. Sejak dahulu, orang Belanda kerap memakai kincir angin untuk membantu irigasi atau menumbuk hasil pangan. Hal tadi juga termasuk salah satu pemanfaatan energi angin. Pembangkit listrik tenaga angin sangat higienis lantaran sama sekali tidak mengeluarkan residu yg membahayakan lingkungan. Selain itu, energi angin merupakan energi yg bisa diperbaharui.

Energi cara lain pula bisa berasal dari gas metana yg didapatkan oleh kotoran hewan (terutama hewan ternak). Gas metana yang telah dimurnikan bisa dimanfaatkan menjadi alternatif pengganti LPG. Dengan demikian, peternak bisa mengurangi timbunan kotoran hewan ternak dan menghemat penggunaan LPG di tempat tinggal .

Panel matahari merupakan alat buat mengubah paparan sinar surya sebagai energi listrik. Dasarnya adalah teori fotolistrik. Energi ini sangat ramah lingkungan lantaran tidak menghasilkan sisa, masa pakai yg usang, dan perawatan yang gampang. Tetapi harga panel matahari waktu ini masih relatif mahal dan industri panel mentari justru sangat Mengganggu lingkungan.

Arus air sungai yg dibendung jua dapat membuat tenaga yg cukup akbar. Energi tadi diproduksi pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Energi ini nir akan habis lantaran siklus air akan selalu berlangsung. Selain itu, tenaga ini juga ramah lingkungan.

Referensi:

  1. Pengertian Energi Angin Beserta Contoh Pemanfaatannya (http://benergi.com/pengertian-energi-angin-beserta-contoh-pemanfaatannya)

  2. Energi alternatif (https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_alternatif)

  3. BIOGAS (http://www.litbang.esdm.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=76:biogas&catid=80:ketenagalistrikan-dan-ebtke&Itemid=93)

  4. Keunggulan dan Kelemahan Panel Surya (http://www.indoenergi.com/2012/04/keunggulan-dan-kelemahan-panel-surya.html)

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...