Senin, 29 Juni 2020

15 Negara Kepulauan Terkecil di Dunia

Negara kepulauan merupakan negara yg terdiri menurut banyak pulau. Terdapat sekitar 21 negara kepulauan pada global. Negara kepulauan terbesar di global (berdasarkan segi luas & jumlah penduduk) merupakan Indonesia menggunakan luas 1.904.569 kilometer persegi & jumlah penduduk mencapai 237.556.363 jiwa. Negara kepulauan terkecil di dunia merupakan Tuvalu menggunakan luas 26 kilometer persegi. Negara kepulauan terkenal akan stabilitasnya. Sumber ekonomi negara kepulauan kecil adalah perikanan. Negara kepulauan paling rentan terkena siklus badai di lautan. Berikut adalah 15 negara kepulauan terkecil pada dunia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Vanuatu akhir-akhir ini menjadi perbincangan pada Indonesia karena salah satu warga negara kita sebagai korban dalam badai akbar yg terjadi pada sana. Republik Vanuatu merupakan negara kepulauan yg terletak pada Samudera Pasifik Selatan. Luas negara ini mencapai 12.190 kilometer persegi. Vanuatu terdiri berdasarkan 82 pulau dan terbagi sebagai 6 provinsi. Ibukotanya merupakan Port Vila. 71% komoditas ekonomi Vanuatu adalah pada sektor ikan beku (nir termasuk fillet) dan 14% merupakan sektor perkapalan. Jumlah penduduk pada Vanuatu mencapai 243.304 jiwa menggunakan kepadatan penduduk 19,7 jiwa/kilometer persegi.

Republik Tanjung Verde (Cape Verde) merupakan negara kepulauan yang terletak pada Samudera Atlantik, 570 kilometer sebelah barat Afrika. Luas negara ini mencapai 4.033 kilometer persegi. Tanjung Verde terdiri berdasarkan 10 pulau & terbagi menjadi 22 kota (dianggap concelhos). Ibukotanya merupakan Praia. 30% komoditas ekonomi Tanjung Verde merupakan ikan beku (tidak termasuk fillet) dan 24% adalah sektor perikanan. Jumlah penduduk di Tanjung Verde mencapai 567.000 jiwa dengan kepadatan penduduk lebih kurang 125,5 jiwa/kilometer persegi.

Samoa Barat merupakan negara kepulauan yang terletak pada sebelah barat Kepulauan Samoa di sebelah selatan Samudera Pasifik. Luas negara ini mencapai dua.831 kilometer persegi. Samoa terdiri berdasarkan 2 pulau akbar dan delapan pulau kecil. Ibukotanya merupakan Apia. 58,4% komoditas ekonomi Samoa merupakan pada sektor industri dan 30,dua% merupakan sektor jasa. Jumlah penduduk di Samoa mencapai 179.000 jiwa menggunakan kepadatan penduduk kurang lebih 63,dua jiwa per kilometer persegi.

Perserikatan Komoro adalah negara kepulauan di Samudera Hindia yang terletak diantara Mozambik dan barat laut Madagaskar. Luas negara ini kurang lebih dua.235 kilometer persegi. Komoro terdiri menurut 3 pulau utama dan beberapa pulau kecil. Ibukotanya merupakan Moroni. 40% komoditas ekonomi Komoro adalah rempah-rempah selain lada & 25% adalah di sektor bongkar muat kapal. Jumlah penduduk pada Komoro merupakan sekotar 798.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 275 jiwa per kilometer persegi.

Republik Mauritius merupakan negara kepulauan di Samudera Hindia kurang lebih 2.000 kilometer dari pantai tenggara Afrika. Luas negara ini kurang lebih 2.040 kilometer persegi. Mauritius terdiri menurut pulau utama Mauritius & beberapa pulau lain. Ibukotanya adalah Port Louis. Ekonomi negara ini bersumber berdasarkan pariwisata, tekstil, gula, & jasa keuangan. Jumlah penduduk pada Mauritius mencapai 1.244.663 jiwa dengan kepadatan 610 jiwa per kilometer persegi.

Republik Kiribati adalah negara kepulauan di tengah Samudera Pasifik yg terdiri berdasarkan 33 atoll & beberapa pulau karang. Luas negara ini sekitar 800 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Tarawa. Kiribati merupakan galat satu negara termiskin pada global yg hanya memiliki beberapa asal daya alam. Jumlah penduduk di Kiribati merupakan sekitar 98.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 135 jiwa per kilometer persegi.

Kerajaan Tonga adalah negara kepulauan pada Samudera Pasifik bagian selatan yang terdiri berdasarkan 52 pulau. Luas negara ini sekitar 750 kilometer persegi. Ibukotanya merupakan Nuku?Alofa. Perekonomian di Tonga sangat bergantung dalam pengiriman uang sang setengah penduduk Tonga yang tinggal di luar negeri. Sebagian akbar penggerak roda perekonomian pada Tonga merupakan sektor non keuangan. Negara ini adalah negara terkorup keenam pada global dan keliru satu negara tujuan investor terburuk pada dunia. Jumlah penduduk di Tonga sekitar 104.000 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 139 jiwa per kilometer persegi.

Federasi Mikronesia adalah negara kepulauan yang membentang menurut timur laut Papua Nugini hingga sebelah timur Filipina yg terdiri menurut kurang lebih 607 pulau. Luas negara ini merupakan 702 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi empat negara bagian. Ibukotanya merupakan Palikir. Aktivitas ekonomi utama di Federasi Mikronesia merupakan perternakan & perikanan. Jumlah penduduk pada Federasi Mikronesia sekitar 111.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 158,1 jiwa per kilometer persegi.

Republik Palau adalah negara kepulauan yang berada di sebelah barat Samudera Pasifik & pada sebelah utara Maluku dan Papua Barat. Negara ini terdiri berdasarkan sekitar 250 pulau. Luas Palau adalah 459 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi 16 negara bagian. Ibukotanya adalah Ngerulmud. Komoditas ekonomi primer pada Palau merupakan pariwisata, pertanian, dan perikanan. Jumlah penduduk pada Palau merupakan sekitar 20.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 43,6 jiwa per kilometer persegi.

Republik Seychelles merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini terdiri berdasarkan 115 pulau. Luas Seychelles merupakan 455 kilometer persegi. Negara ini terbagi sebagai 26 tempat administratif. Ibukotanya merupakan Victoria. 74% komoditas Seychelles merupakan ikan salmon. Jumlah penduduk di Seychelles merupakan kurang lebih 87.500 dengan kepadatan penduduk 192 jiwa per kilometer persegi.

Saint Vincent dan Grenadines adalah negara kepulauan pada Laut Karibia selatan. Luas Saint Vincent dan Grenadines merupakan 389 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi enam parish (provinsi). Ibukotanya merupakan Kingstown. Pariwisata adalah sektor utama negara ini. Jumlah penduduk pada Saint Vincent dan Grenadines adalah kurang lebih 120.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 307 jiwa per kilometer persegi.

Republik Maladewa adalah negara kepulauan pada Samudera Hindia. Negara ini terdiri menurut 1.192 pulau koral yg tergabung dalam 26 atoll. Luas Maladewa merupakan 298 kilometer persegi. Negara ini terbagi menjadi 21 pembagian administratif. Ibukotanya merupakan Mal?. Sektor pariwisata & perikanan telah menjadi sektor ekonomi primer di Maladewa. Jumlah penduduk di Maladewa adalah kurang lebih 329.198 jiwa menggunakan kepadatan penduduk 1.105 jiwa per kilometer persegi.

Kepulauan Cook merupakan negara kepulauan pada selatan Samudera Pasifik. Negara ini terdiri menurut 15 kepulauan mini menggunakan luas total 240 kilometer persegi. Ibukotanya merupakan Avarua. Negara ini bergantung dalam pariwisata & donasi dari negara lain. Negara ini sangat bergantung pada geografi, terisolasi berdasarkan pasar regional, infrastruktur yg kurang memadai, & tidak memiliki sumber daya alam. Jumlah penduduk pada Kepulauan Cook adalah 10.777 jiwa dengan kepadatan penduduk 45,7 jiwa per kilometer persegi.

Republik Kepulauan Marshall merupakan negara kepulauan pada dekat khatulistiwa Samudera Pasifik. Negara ini terdiri menurut 1.156 pulau & pulau kecil yang membentuk 24 atoll. Luas negara ini adalah 181 kilometer persegi. Ibukotanya adalah Majuro. Komoditas ekspor primer pada Kepulauan Marshall merupakan perkapalan (84%). Jumlah penduduk pada negara ini merupakan lebih kurang 62.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 342,5 jiwa per kilometer persegi.

Tuvalu adalah negara kepulauan terkecil pada global menggunakan luas hanya 26 kilometer persegi. Negara ini terletak di tengah Samudera Pasifik sempurna diantara Hawaii & Australia. Tuvalu terdiri berdasarkan tiga pulau karang dan enam atoll. Ibukotanya merupakan Funafuti. Negara ini merupakan keliru satu negara dengan perekonomian terbaik pada Samudera Pasifik. Meskipun begitu, terdapat ancaman tenggelamnya negara ini lantaran pemanasan global mengingat titik tertinggi di Tuvalu tidak sampai empat meter. Pemerintah berencana merelokasi penduduknya ke negara lain. Kemungkinan negara ini akan lenyap pada 50 tahun kedepan. Jumlah penduduk di Tuvalu merupakan 12.373 jiwa menggunakan kepadatan penduduk 475,88 jiwa per kilometer persegi.

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...