Minggu, 03 Mei 2020

Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Budidaya Ternak Ayam Kampung - Ayam kampung merupakan salah satu jenis ternak unggas yang telah memasyarakat dan tersebar di berbagai daerah. Istilah mengapa ayam ini disebut sebagai ayam kampung karena mengacu pada ayam yang ditemukan berkeliaran bebas di sekitar perkampungan. Kebanyakan masyarakat pada umumnya budidaya ayam kampung hanya sekedar sampingan saja, mereka membudidayakan ayam kampung karena ingin di konsumsi dagingnya.

Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Posted by Agrikompleks

Cara Budidaya Ternak Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Budidaya ayam kampung sebenarnya bisa dijadikan galat satu usaha yg bisa mendatangkan keuntungan apalagi permintaan terhadap ayam kampung relatif tinggi & stabil. Untuk meningkatkan produktivitas pada ternak ayam kampung, diharapkan upaya buat memelihara ayam kampung secara baik dan benar.

Ada beberapa poin krusial yang harus diperhatikan oleh peternak pada budidaya ayam kampung yg diusahakan membentuk keuntungan. Untuk itu kami akan memberikan berita tentang cara budidaya ternak ayam potong yang baik dan sahih supaya membuat keuntungan.

Pemilihan Bibit Pada Ayam Kampung

Dalam pemilihan Bibit ayam kampung, kalian harus memperhatikan tujuan pemeliharaan untuk ternak ayam kampung. Karena bibit ayam kampung merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan, jadi jika tujuan pemeliharaan kalian untuk ternak ayam kampung untuk diambil dagingnya kalian harus memilih bibit ayam kampung dari keturunan ayam yang berkualitas dan pertumbuhan yang cepat sangat diprioritaskan. Ciri-ciri bibit ayam kampung yang harus kalian pilih yaitu berdiri tegap, sehat dan tidak cacat, mata bersinar, pusar terserap sempurna, bulu bersih dan mengkilap serta kalian jangan lupa memberikan vaksinasi sesuai usia DOC.

Pakan Ayam Kampung

Kalian juga harus memperhatikan pakan ayam kampung karena pakan sangat menentukan keberhasilan budidaya ayam kampung kalian. Sebenarnya pakan ayam kampung sangat mudah tidak seperti pakan ayam broiler, ayam petelur dan lain-lain.

Kalian hanya memberikan konsentrat, dedak, jagung. Kalian pula mampu memberikan pakan berdasarkan residu kuliner yang menjadi alternatif lain seperti residu dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain sebagainya. Dengan pakan cara lain yang sangat mudah kalian dapatkan, kalian mampu menghemat porto produksi sebagai akibatnya laba ayam kampung kalian meningkat.

Sistem Kandang Ayam Kampung

Ada tiga macam kandang, yakni kandang box, kandang postal dan kandang baterai.  Untuk kandang jenis box ini bertujuan sebagai tempat pemeliharaan anakan ayam kampung unggulan atau DOC. Disebut kandang box karena bentuknya yang kotak dan berukuran 1x1 m kalian dapat isi DOC sebanyak 40-45 ekor, perkiraan pemeliharaan sekitar 20 hari dan kalian harus menjaga suhu dalam kandang dengan cara berkan lampu pada kandang box dengan suhu sekitar 30-32 derajat celcius.

Setelah sudah di perkirakan kurang lebih 20 hari ayam kampung telah bisa dipindah ke sangkar postal. Kandang postal umumnya berukuran sekitar 5x20 m dan kalian sanggup diisi sebesar 1200 ekor ayam kampung yang dipindahkan menurut kandang box.

Apabila kalian ingin menghasilkan telur ayam kampung, kandang baterai sangat cocok buat kalian buat. Namun kalian harus menentukan lokasi yg agak rindang & terhalangi oleh bangunan atau tembok lain agar angin tidak berhembus pribadi ke dalam kandang. Sebelum sangkar diisi menggunakan ayam kampung, perlu dilakukan penyemprotan dengan disinfektan yg tidak berbahaya bagi ayam.

Pengendalian Penyakit Ayam Kampung

Penyakit pada ayam kampung kerap kali menimbulkan masalah dan kerugian yang besar. Karena itu pengendalian dan pencegahan penyakit penting untuk dilakukan. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit antara lain :

  • Menjaga sanitasi lingkungan kandang, peralatan kandang dan manusianya
  • Pemberian pakan yang fresh dan sesuai kebutuhan ternak
  • Melakukan vaksinasi secara teratur
  • Pemilihan lokasi peternakan di daerah yang bebas penyakit
  • Manajemen pemeliharaan yang baik
  • Kontrol terhadap binatang lain.

Itulah liputan tentang cara budidaya ternak ayam kampung yg baik dan sahih, mudah-mudahan bisa berguna & menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...