Minggu, 31 Januari 2021

Kurikulum 2013 (Artikel Lengkap)

Kurikulum 2013Kurikulum 2013 adalah kurikulum output penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum ini juga dianggap Pendidikan Berbasis Karakter. Penyempurnaan terdiri berdasarkan penyerdehanaan, tematik-integratif, & penambahan jam pelajaran. Perubahan fundamental adalah dikuranginya beberapa mata pelajaran pada jenjang SD & SMP, dan dihilangkannya sistem penjurusan dalam jenjang SMA. Penghilangan sistem penjurusan bertujuan buat menghilangkan anggapan bahwa jurusan IPA itu pandai sedangkan IPS & bahasa itu orang yang bodoh atau bandel. Dengan kurikulum ini, setiap siswa atau siswa diperlukan bisa melakukan observasi, bertanya, menalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang sedang mereka pelajari. Tujuan Kurikulum 2013 adalah agar murid dapat lebih kreatif, inovatif, & lebih produktif. Kurikulum 2013 mulai diterapkan mulai tahun ajaran 2013-2014.

1. Aspek Kurikulum 2013

Aspek kurikulum ini terdiri berdasarkan tiga aspek, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Pengetahuan adalah penekanan pada tingkat pemahaman siswa pada pelajaran. Aspek pengetahuan sama misalnya kurikulum-kurikulum sebelumnya. Namun, aspek pengetahuan dalam kurikulum 2013 nir lagi menjadi aspek primer.

Keterampilan adalah fokus pada kemampuan anak didik seperti kemampuan buat beropini, berdiskusi, menciptakan laporan, dan mempresentasikan apa yg sedang dipelajari. Dengan aspek ini, murid diperlukan tidak hanya tahu teori saja.

Sikap adalah aspek yang mencakup sopan santun, kedisiplinan, sosial, & kepercayaan . Aspek ini sangat sulit buat dinilai karena pengajar tidak dapat memantau seluruh siswanya setiap saat. Sehingga terkadang penilaian sikap sebagai nir efektif.

Dua. Prinsip Pengembangan Kurikulum 2013

Berikut adalah beberapa prinsip-prinsip yg mendasari pengembangan kurikulum 2013:

Kurikulum bukan merupakan daftar pelajaran. Maka menurut itu, kurikulum dirancang & direncanakan menggunakan konten pendidikan yang wajib dimiliki sang semua siswa selesainya menuntaskan pendidikannya pada jenjang pendidikan tertentu. Hasil belajar yang diterima diharapkan dapat diterapkan dalam masyarakat.

Terdapat pengembangan kompetensi berupa perilaku, pengetahuan, keterampilan berpikir, & keterampilan psikomotorik yg dikemas dalam banyak sekali mata pelajaran.

Kemampuan kreativitas peserta didik mampu diperoleh menggunakan proses mengamati, bertanya, menalar, mencoba serta membentuk jejaring.

Setiap perilaku, keterampilan, & pengetahuan bisa dipelajari & dikuasai setiap peserta didik.

Memberikan kesempatan pada siswa buat berbagi perbedaan pada kemampuan & minat. Kurikulum wajib menaruh kesempatan pada peserta didik buat memiliki taraf penguasaan di atas perilaku, keterampilan, & pengetahuan.

Kurikulum wajib tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, dan seni.

Tiga. Mata Pelajaran Kurikulum 2013

Pendidikan Agama & Budi Pekerti

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

Matematika

Bahasa Indonesia

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Sosial

Seni Budaya & Prakarya (Termasuk Muatan lokal)

Pendidikan Jasmani & Kesehatan (Termasuk Muatan lokal)

Bahasa Daerah (Sesuai menggunakan kebijakan sekolah masing-masing)

Semua mata pelajaran di Sekolah Dasar disajikan secara terpadu integratif.

Kelompok A (Wajib)

Pendidikan Agama & Budi Pekerti

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

Matematika

Bahasa Indonesia

Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Sosial

Bahasa Inggris

Kelompok B (Wajib)

Seni Budaya (Rupa/Musik/Tari/Teater)

Pendidikan Jasmani & Kesehatan

Prakarya dan Kewirausahaan (Rekayasa/Kerajinan/Budidaya/Pengolahan)

Bahasa Daerah (Sesuai menggunakan kebijakan sekolah masing-masing)

Kelompok A (Wajib)

Pendidikan Agama & Budi Pekerti

Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan

Matematika

Bahasa Indonesia

Sejarah Indonesia

Bahasa Inggris

Kelompok B (Wajib)

Seni Budaya (Rupa/Musik/Tari/Teater)

Pendidikan Jasmani & Kesehatan

Prakarya dan Kewirausahaan (Rekayasa/Kerajinan/Budidaya/Pengolahan)

Kelompok C (Peminatan)

Ilmu Alam

Ilmu Sosial

Ilmu Bahasa

Matematika Peminatan

Sejarah Peminatan

Bahasa Indonesia Peminatan

Fisika

Geografi

Bahasa Inggris Peminatan

Biologi

Ekonomi

Bahasa Asing

Kimia

Sosiologi

Antropologi

Lintas Minat / Pendalaman Minat

Lintas Minat / Pendalaman Minat

4. Kelebihan & Kekurangan Kurikulum 2013

Setiap kurikulum yg pernah diterapkan di Indonesia niscaya terdapat kelebihan & kekurangannya. Berikut adalah kelebihan menurut Kurikulum 2013:

Lebih menekankan dalam pendidikan karakter.

Pendidikan budi pekerti & karakter diintegrasikan ke seluruh mata pelajaran.

Tidak ada perbedaan antara anak desa atau kota. Kurikulum terdahulu tak jarang tidak memberi kesempatan kepada anak di desa buat memaksimalkan potensi mereka.

Merangsang pendidikan murid berdasarkan awal melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kesiapan terletak dalam guru. Guru pula terus dipacu kemampuannya melalui pelatihan & pendidikan calon pengajar buat menaikkan kecakapan dan profesionalisme.

Sedangkan kekurangan atau kelemahan pada Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Pemerintah seolah melihat semua murid & guru mempunyai kapasitas & kemampuan yang sama.

Pengajar nir pernah terlibat langsung pada pengembangan Kurikulum 2013.

Tidak ada ekuilibrium antara proses pembelajaran & output karena Ujian Nasional (UN) masih diberlakukan.

Pengintegrasian mata pelajaran IPA, IPS, dan Bahasa buat pendidikan dasar nir tepat karena rumpun pelajaran tersebut tidak selaras.

Lima. Laporan Belajar pada Kurikulum 2013

Laporan Belajar atau Rapor pada Kurikulum 2013 ditulis menurut interval serta dihapuskannya sistem peringkat. Hal ini dilakukan buat meredam persaingan antar anak didik. Penilaian pada Rapor Kurikulum 2013 dibagi kedalam tiga kolom yaitu Pengetahuan, Keterampilan, & Sikap. Setiap kolom nilai Pengetahuan dan Keterampilan dibagi lagi sebagai dua kolom yaitu kolom nomor & kolom huruf, setiap kolom diisi memakai nilai interval sebagai berikut:

AngkaHuruf
1.00-1.33D
1.34-1.66C-
1.67-2.00C
2.01-2.33C+
2.34-2.66B-
2.67-3.00B
3.01-3.33B+
3.34-3.66A-
3.67-4.00A

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...