Sabtu, 13 Juni 2020

Anatomi Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Paru-paru merupakan organ pernapasan yg sangat krusial lantaran memasok oksigen yang bermanfaat buat proses metabolisme. Manusia mempunyai dua paru-paru: paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Udara masuk ke paru-paru melalui bronkus kemudian di pada paru-paru bronkus bercabang-cabang seperti akar yg disebut bronkiolus, bronkiolus bermuara pada alveolus yang adalah loka terjadinya pertukaran gas menggunakan pembuluh darah.

1. Struktur Paru-Paru

Paru-paru adalah organ yg sangat lunak, elastis, ringan, dan bisa terapung pada dalam air. Wujud paru-paru misalnya spons berwarna merah belia dan berjumlah sepasang.

Paru-paru berjumlah sepasang yang mengisi sebagian akbar rongga dada. Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan paru-paru kanan. Hal ini dikarenakan paru-paru kiri mempunyai lekukan buat memberi ruang pada jantung. Kedua paru-paru dihubungkan oleh bronkus & trakea.

Paru-paru kanan terbagi sebagai tiga lobus (lobus superior, lobus medialis, dan lobus inferior), sedangkan paru-paru kiri terbagi menjadi dua lobus (lobus superior & lobus inferior). Lobus-lobus tersebut dipisahkan oleh fisura. Paru-paru kanan memiliki 2 fisura yaitu fisura oblique (interlobularis utama) dan fisura transversal (interlobularis sekunder). Sedangkan paru-paru kiri masih ada satu fisura yaitu fisura obliges. Tiap-tiap lobus terdiri atas bagian yang lebih mini yg dianggap segmen.

Paru-paru diselimuti sang selaput yg diklaim pleura menggunakan luas bagian atas sekitar 90 m2. Selaput ini berfungsi buat mengurangi tabrakan saat melakukan ide (menghirup napas) juga ekspirasi (menghembuskan napas). Pleura terdiri dari 2 lapisan yaitu pleura parietalis dan pleura viseralis.

Masing-masing bagian paru-paru memiliki 10 segmen. Paru-paru kiri memiliki lima segmen pada lobus superior & 5 butir segmen pada lobus inferior. Paru-paru kanan mempunyai 5 segmen pada lobus superior, 2 segmen dalam lobus medialis, dan tiga segmen pada lobus inferior. Tiap-tiap segmen terbagi sebagai beberapa lobulus. Masing-masing lobulus dibatasi sang jaringan ikat yg berisi pembuluh darah, getah bening, dan jaringan saraf. Tiap-tiap lobulus masih ada bronkiolus yg memiliki banyak cabang. Cabang tersebut diklaim duktus alveolus. Tiap-tiap duktus alveolus berakhir dalam alveolus menggunakan diameter antara 0,dua hingga 0,3 mm.

Di dalam paru-paru masih ada ribuan bronkiolus & jutaan alveolus. Alveoli adalah gelembung udara loka terjadinya pertukaran gas dengan pembuluh darah. Dinding alveolus terdiri berdasarkan jaringan epitel & endotel. Jumlah total alveolus di kedua paru-paru lebih kurang 700 juta atau masing-masing 350 juta. Alveolus dan bronkiolus bisa diisi tiga,lima liter udara.

Dua. Letak Paru-Paru

Paru-paru terletak pada dalam rongga dada (mediastinum) dan dilindungi sang tulang selangka. Rongga dada dan rongga perut dibatasi sang suatu sekat yang disebut diafragma. Paru-paru terletak pada atas jantung dan hati (liver). Paru-paru berada di dalam pleura yg merupakan lapisan pelindung paru-paru.

3. Bagian-Bagian Paru-Paru

bagian-bagian paru-paru

Gambar diatas adalah gambar anatomi paru-paru manusia. Berikut merupakan penerangan bagian-bagian tersebut:

Laring adalah organ yang berfungsi untuk melindungi trakea dan menghasilkan suara.

Trakea atau batang tenggorok adalah saluran berbentuk pipa yang dindingnya terdiri dari 3 lapisan: lapisan luar (jaringan ikat), lapisan tengah (otot polos dan cincin tulang rawan), dan lapisan dalam (jaringan epitel bersilia).

Bronkus adalah percabangan trakea yang menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Bronkus primer adalah percabangan pertama, bronkus sekunder adalah percabangan kedua, sedangkan bronkus tersier adalah percabangan ketiga.

Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus.

Cardiac notch adalah lekukan yang berfungsi untuk memberikan ruang kepada jantung.

Arteri pulmonalis adalah pembuluh nadi yang membawa darah kaya karbon dioksida dari jantung ke paru-paru.

Vena pulmonalis adalah pembuluh balik yang membawa darah kaya oksigen dari paru-paru menuju jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh.

Duktus alveolus adalah percabangan dari bronkiolus yang bermuara di alveolus.

Alveoli adalah kantung kecil yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida untuk bergerak di antara paru-paru dan aliran darah.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...