Rabu, 10 Juni 2020

8 Fungsi Hidung

Hidung merupakan tonjolan dalam wajah yang berisi sepasang lubang hidung dan di dalamnya terdapat rongga hidung. Hidung merupakan bagian dari sistem pernapasan pada manusia yakni menjadi penghubung antara global luar tubuh menggunakan sistem pernapasan & bagian dari indera alat pada manusia yakni indera penciuman. Fungsi primer hidung merupakan sebagai loka masuk munculnya udara dan sebagai indera penciuman. Berikut adalah beberapa fungsi lain dari hidung insan. Langsung saja kita simak yang pertama:

Fungsi hidung

Sebagai pintu masuk & keluar udara menurut dan menuju paru-paru.

Menyaring debu dan kotoran yg berasal berdasarkan udara luar dengan menggunakan bulu hidung atau selaput lendir pada hidung.

Berperan dalam resonansi suara. Operasi hidung dapat mengakibatkan bunyi Anda berubah.

Sebagai alat penciuman (pembauan).

Mengatur suhu udara yg akan masuk ke sistem pernapasan.

Mengatur kelembaban udara yang akan masuk ke sistem pernapasan.

Mencegah benda asing masuk ke pada sistem pernapasan. Struktur lubang hidung yg menghadap ke bawah menciptakan benda asing sulit masuk ke pada rongga hidung secara nir disengaja.

Mencegah partikel asing berbahaya masuk ke dalam sistem pernapasan dengan cara bersin.

Referensi:

  1. Nose (https://en.wikipedia.org/wiki/Nose)
  2. Hidung: Anatomi Dan Bagian Bagian Hidung Beserta Fungsinya (http://belajarbiologi.com/2015/05/hidung-anatomi-dan-bagian-bagian-hidung-fungsinya.html)
  3. Human nose (https://en.wikipedia.org/wiki/Human_nose)

Anda mampu request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...