Selasa, 09 Juni 2020

10 Macam Bakteri yang Ada di Dalam Usus Manusia

Terdapat sekitar 100 triliun mikroorganisme (mikroflora) yg hayati pada dalam sistem pencernaan dalam manusia, 10 kali lebih banyak dibandingkan jumlah total sel di dalam tubuh insan. Bakteri yang masih ada di dalam usus manusia berfungsi untuk melancarkan metabolisme, menaikkan imunitas tubuh, membantu dalam proses pembusukkan residu-residu kuliner, mencegah kanker usus besar , memproduksi vitamin K, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Berikut adalah macam-macam bakteri yg terdapat pada dalam usus manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

E coli Ag Res Mag

Escherichia coli (gambar). Manfaat bakteri ini adalah dapat memproduksi vitamin K2, memproduksi vitamin B kompleks, dan mencegah bakteri “jahat” terdapat di dalam usus. Idealnya terdapat 15% di dalam usus.

Cyanocobalamin. Membantu memproduksi vitamin B12 dan berperan sebagai bakteri probiotik yang membantu memecah senyawa kompleks dalam makanan.

Streptococcus sp.

Saccharomyces boulardii. Berperan mengurangi risiko diare pada anak-anak.

Bakteri asam laktat. Idealnya masih ada 85% di pada usus.

Bacteroides sp.

Kelompok enterobacter

Lactobacillus acidophilus. Berperan memproduksi asam laktat.

Kelompok bakteri probiotik

Tobacillus acidophilus. Berperan mengubah gula menjadi asam laktat. Bakteri ini juga menurunkan pH, mencegah infeksi gastrointestinal, dan mengurangi risiko pertumbuhan organisme lain dalam makanan.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...