Senin, 04 Mei 2020

Teknologi Budidaya Pada Pemeliharaan Sapi Potong

Teknologi Budidaya Pada Pemeliharaan Sapi Potong

Posted by Agrikompleks

Budidaya Sapi Potong - Negara Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok digunakan untuk beternak sapi potong, apalagi dalam peluang bisnis budidaya ternak sapi potong itu sendiri cukup menjanjikan untuk dijalankan. Nah, dalam budidaya ternak sapi potong ada beberapa teknologi pemeliharaan yang dapat dilakukan yaitu dengan sistem gembala, perkandangan dengan melakukan kombinasi sistem gembala dengan perkandangan dan pakan ternak.

Teknologi Budidaya Pada Pemeliharaan Sapi Potong

Sistem Gembala

Pada sistem gembala lakukan penggembalaan bebas pada padang rumput untuk mencari kuliner sendiri. Pakan dikonsumsi secara bebas dan tergantung dalam ketersediaan rumput pada lapangan. Biasanya daya tampung untuk sistem gembala merupakan 1-2 ekor per hektar sehingga sistem gembala membutuhkan huma yg luas.

Ketika melakukan sistem penggembalaan, perlu juga diperhatikan faktor keamanan ternak cara ini jua dilakukan buat menghindari pencurian ternak. Bagi peternak yang menggembalakan sapi potongnya di daerah pertanian, lakukan pemagaran agar ternak nir masuk ke kebun petani dan menghambat tanaman petani.

Peternak umumnya menggunakan sistem kombinasi gembala dan dikandangkan, dimana pada pagi sampai sore ternak dilepas dilapangan, sedangkan dalam malam hari ternak digiring & dimasukkan ke sangkar masing-masing.

Perkandangan

Fungsi sangkar dalam pemeliharaan sapi merupakan buat melindungi ternak berdasarkan hujan & panas mentari , mempermudah perawatan dan pemantauan pada proses produksi serta buat menghindari pencurian ternak. Ukuran sangkar & kepadatan sinkron menggunakan umur ternak dan buat pembuatan sangkar dapat dibentuk dalam bentuk ganda atau tunggal, sesuaikan menggunakan jumlah sapi yang dimiliki.

Bagi yg ingin membuat kandang dengan tipe tunggal, lakukan menggunakan cara satu baris atau satu jajaran, sementara sangkar yang bertipe ganda penempatannya dilakukan dalam dua jajaran yang saling berhadapan atau saling bertolak belakang & diantara ke 2 jajaran tadi umumnya dibentuk jalur untuk jalan.

Nah, bagi yang melakukan ternak sapi potong buat tujuan penggemukan, sangkar yg biasa dipakai berbentuk tunggal & tergantung dalam kapasitas ternak yang dipelihara. Tetapi, apabila melakukan ternak sapi pangkas buat tujuan penggemukan yang ditujukan buat komersial, berukuran sangkar harus lebih luas dan lebih akbar sebagai akibatnya dapat menampung jumlah sapi yg lebih poly.

Untuk menjegah timbulnya banyak sekali penyakit pada lantai lantai sangkar harus diusahakan permanen bersih. Seharusnya lantai buat sangkar ternak sapi pangkas dibuat dari tanah padat atau semen agar kototran sapi mudah dibersihkan. Alasi kandang dengan jerami kemarau supaya kandang permanen hangat. Lakukan penyemprotan menggunakan desinfektan, seperti creolin, lysol, & bahan-bahan lainnya terlebih dahulu supaya kandang tetap steril dan terbebas dari penyakit.

Kandang sebaiknya harus bersih dan tidak lembab dalam pemeliharaan sapi dan untuk masalah lokasi pemeliharaan bisa dilakukan di dataran rendah sekitar 100-500 m hingga dataran tinggi kurang lebih  500 m. Dalam pembuatan andang juga harus diperhatikan konstruksi, letak, ukuran dan perlengkapan kandang.

Pembibitan

Syarat ternak yang wajib diperhatikan dalam teknologi budidaya pada pemeliharaan sapi potong merupakan memiliki tanda telinga merupakan pedet tersebut telah terdaftar dan lengkap silsilahnya, matanya tampak cerah dan higienis, tidak masih ada indikasi-tanda sering batuk, terganggu pernafasannya dan menurut hidung tidak keluar lendir,k ukunya nir terasa panas jika diraba, tidak terlihat adanya eksternal parasit pada kulit dan bulunya, tidak masih ada adanya indikasi-indikasi mencret dalam bagian ekor & dubur, tidak ada indikasi-pertanda kerusakan kulit dan kerontokan bulu, pusarnya bersih dan kering, bila masih lunak dan tidak berbulu mengindikasikan bahwa pedet masih berumur sekitar 2 hari.

Pakan

Pakan merupakan galat satu faktor yg sangat krusial buat menentukan keberhasilan maupun kegagalan dalam bisnis peternakan sapi potong. Pada usaha sapi pangkas masyarakat, pakan yang diberikan dalam umumnya sinkron dengan kemampuan peternak, bukan sinkron menggunakan kebutuhan ternaknya.

Pasokan pakan berkualitas rendah merupakan hal yg biasa, yg jika terjadi terus menerus pada waktu yg cukup usang akan berpengaruh negatif terhadap produktivitas.

Pakan adalah sumber tenaga utama buat pertumbuhan dan pembangkit tenaga. Makin baik mutu & jumlah pakan yang diberikan, makin besar tenaga yg disebabkan dan masih akbar juga tenaga yang tersimpan pada bentuk daging.

Itulah keterangan tentang teknologi budidaya dalam pemeliharaan ternak sapi potong, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...