Kamis, 07 Mei 2020

Peredaran Darah Jantung (Artikel Lengkap)

Jantung adalah organ tubuh berupa otot berongga berbentuk kerucut terbalik yang berfungsi menjadi pompa pada sistem kardiovaskular. Jantung merupakan organ penting pada tubuh manusia karena fungsinya yakni memompa darah ke semua tubuh. Darah perlu senantiasa disirkulasikan buat mengedarkan oksigen & sari-sari makanan ke seluruh tubuh serta mengeluarkan sisa berdasarkan dalam tubuh. Berikut merupakan penjelasan aliran darah yg terjadi di jantung.

Peredaran darah jantung

1. Aliran Darah dalam Jantung

1.1 Aliran Darah pada Jantung Kanan

Jantung kanan mengumpulkan darah terdeoksigenasi (kurang oksigen dan kaya karbon dioksida) berdasarkan 2 vena yakni vena cava superior & vena cava inferior menuju serambi (atrium) kanan jantung. Ketika serambi kanan berkontraksi, darah terpompa menuju katup trikuspid menuju bilik (ventrikel) kiri. Kemudian waktu bilik kiri berkontraksi, katup trikuspid menutup dan darah terpompa menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis buat melepas karbon dioksida dan merogoh oksigen.

1.Dua Aliran Darah dalam Jantung Kiri

Pada jantung kiri, darah teroksigenasi (kaya oksigen) diterima melalui vena pulmonalis menuju serambi kiri. Darah tadi lalu dipompa menuju bilik kiri melalui katup mitral. Dari bilik kiri, darah dipompa ke aorta buat diedarkan ke semua tubuh.

2. Sirkulasi Koroner

Jaringan pada jantung jua membutuhkan pasokan oksigen, nutrien, dan membuang sisa metabolisme misalnya halnya jaringan lainnya pada tubuh. Pasokan darah buat jantung disebut aliran koroner yg terdiri dari arteri, vena, dan pembuluh limfatik yg masih ada di seluruh permukaan jantung. Darah membawa oksigen dan nutrisi ke miokardium melalui cabang-cabang intramiokardial.

Darah diterima aliran koroner melalui dua arteri yang berada tepat pada atas katup aorta. Arteri koroner kiri eksklusif bercabang sebagai 2 pembuluh yakni arteri desendens anterior kiri & arteri sirkumfleks kiri. Arteri desendens anterior kiri memasok darah dalam bagian depan, sisi luar, dan septum bilik kiri. Sedangkan arteri sirkumfleks kiri memasok bagian belakang dan bawah bilik kiri.

Arteri koroner kanan memasok serambi kanan, bilik kanan, dan bagian posterior bawah bilik kiri. Arteri koroner kanan pula memasok darah ke nodus atrioventrikular dalam lebih kurang 90% orang & nodus sinoatrial dalam lebih kurang 60% orang. Arteri koroner kanan pula melalui bagian belakang jantung.

Sebagian besar darah tadi dimuntahkan melalui vena kardiak yg berdampingan menggunakan arteri koroner. Vena kardiak bermuara di sinus koroner yang merupakan vena akbar yg berakhir pada serambi kanan.

Baca pula:

  1. Sistem Peredaran Darah pada Manusia (Artikel Lengkap)

  2. 2 Gambar Aliran Darah pada Manusia (Beserta Penjelasan)

  3. 12 Bagian-Bagian Jantung Manusia Beserta Fungsinya

  4. Jantung Manusia (Artikel Lengkap)

  5. 8 Langkah Cara Kerja Jantung

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...