Senin, 11 Mei 2020

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Untuk Menunjang Kelancaran Usaha Ternak Domba

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Domba - Peralatan merupakan sarana yang menunjang kelancaran usaha ternak secara teknis, sedangkan perlengkapan kandang menunjang kelancaran usaha ternak secara non teknis.

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Untuk Menunjang Kelancaran Usaha Ternak Domba

Posted by Agrikompleks

Peralatan dan Perlengkapan Kandang Untuk Menunjang Kelancaran Usaha Ternak Domba

1. Peralatan Kandang

Peralatan kandang yang penting adalah tempat pakan dan tempat minum. Berikut penjelasan peralatan kandang domba yaitu tempat pakan dan tempat minum.

Tempat Pakan

Tempat pakan untuk kandang kolong dapat dibuat menempel pada dinding sisi depan. Contoh ukuran tempat pakan yang sering digunakan oleh peternak adalah sebagai berikut,

  • Bagian bawah (dasar) berukuran lebar 25 cm.
  • Bagian atas lebar permukaan 35-40 cm
  • Tinggi rak sekitar 50 cm
  • Jarak dari lantai setinggi 25 cm

Bahan loka pakan dapat dibentuk berdasarkan bambu atau papan menggunakan bagian bawah dibuat rata. Dengan demikian, nir akan poly makanan yg tercecer sehingga sebagai boros. Penempatan tempat pakan harus terhindar dari panas surya atau pun air hujan.

Tempat pakan buat kandang yg lantainya tanpa rongga di bawah rumah perlu dibuat dalam bentuk tersendiri berupa rak yang mampu ditempatkan pada dalam ruang sangkar. Konstruksi loka pakan di sangkar akan mengklaim makanan berupa rumput tidak akan mudah terinjak-injak. Makanan yg sudah terinjak-injak tidak akan dimakan dan mampu mengakibatkan pemborosan.

Tempat Air Minum

Walaupun ternak domba termasuk salah satu hewan ternak yang tahan tidak minum, tetapi alangkah baiknya kalau minum disediakan sepanjang hari. Tempat air minum bisa disediakan pada ember plastik atau tempat lain yang ditaruh diluar kandang atau menempel pada dinding kandang.

Dengan demikian, jika domba hendak minum, dapat menggunakan gampang mengeluarkan kepalanya dari dalam sangkar & tidak membasahi ruang sangkar. Hal semacam ini akan mempermudah proses pemeliharaan.

Dua. Perlengkapan Kandang Domba

Selain peralatan, diperlukan pula perlengkapan kandang yang tujuannya untuk memudahkan peternak dalam melakukan proses pemeliharaan.

Tangga

Alat perlengkapan yang sekiranya diperlukan adalah tangga untuk kandang kolong. Tangga ini diperlukan agar tak menyulitkan para petugas atau pun domba keluar masuk kandang.

Bak Penampung Kotoran pada Bawah Kolong

Bak penampungan kotoran dibuat dengan ukuran yang agak dalam, kurang lebih 50 cm dan lebar disesuaikan dengan lebar lantai kandang.

Sumber :

Sudarmono, A.S & Bambang Sugeng, Y. (2011). Beternak Domba. Penebar Swadaya : Bogor.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...