Senin, 11 Mei 2020

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia - Sudah merupakan tugas sumber daya manusia mengelola manusia seefektif mungkin agar diperoleh suatu satuan sumber daya manusia yang merasa puas dan memuaskan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Posted by Agrikompleks

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia adalah bagian manajemen generik yang memfokuskan berdasarkan dalam asal daya insan. Adapun fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia, seperti halnya fungsi manajemen umum, yaitu :

1. Fungsi Manajerial

  • Perencanaan (planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengarahan (Directing)
  • Pengendalian (Controlling)

dua. Fungsi Operasional

  • Pengadaan tenaga kerja (SDM)
  • Pengembangan
  • Kompensasi
  • Pengintegrasian
  • Pemeliharaan
  • Pemutusan hubungan kerja

Fungsi-fungai manajemen SDM mungkin akan dijumpai ada beberapa disparitas pada aneka macam literatur, hal ini sebagai dampak sudut pandang, akan namun dasar pemikirannya relatif sama. Aspek lain dari manajemen SDM adalah peranannya dalam pencapaian tujuan organisasi secara terpadu.

Manajemen SDM tidak hanya memperhatikan kepentingan organisasi, namun pula memperhatikan kebutuhan karyawan dan pemilik tuntunan masyarakat luas.

Peranan manajemen SDM merupakan mempertemukan atau memadukan ketiga kepentingan tersebut yaitu organisasi, karyawan dan rakyat luas, menuju tercapainya efektivitas, efisiensi, produktivitas dan kinerja organisasi.

Berbagai kegiatan dalam rangka manajemen SDM misalnya dikemukakan pada atas jika sudah terealisasi secara keseluruhan akan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi organisasi dan SDM yang terdapat pada organisasi tersebut.

Pelaksanaan banyak sekali fungsi manajemen SDM sebenarnya bukan hanya dapat membangun SDM yg produktif mendukung tujuan organisasi, akan namun membentuk suatu kondisi yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan potensi & motivasi SDM pada berkarya.

Pelaksanaan job analysis, perencanaan SDM, rekrutmen dan seleksi, penempatan dan pembinaan karir serta pendidikan pelatihan yang baik akan meningkatkan potensi SDM untuk berkarya karena telah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dan ditempatkan pada kedudukan yang tepat (the right man on the right place).

Sedangkan aplikasi fungsi-fungsi SDM lainnya seperti kompensasi, perlindungan, dan hubungan perburuhan yg baik akan bisa menyebabkan stimulus yang mendorong meningkatnya motivasi kerja SDM.

Sumber :

Tahir Malik (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis kinerja. Kretakupa Print. Makassar

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...