Senin, 11 Mei 2020

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Untuk Para Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila Merah - Dalam membudidayakan ikan sudah menjadi suatu kegiatan bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Selain karena memiliki faktor lingkungan yang mendukung seperti tersedianya air bersih, ikan juga sangat disukai oleh masyarakat untuk sebagai konsumsi.

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Untuk Para Pemula

Posted by Agrikompleks

Cara Budidaya Ikan Nila Merah Untuk Para Pemula

Di Indonesia sendiri telah poly beraneka ragam jenis ikan yang dapat dibudidayakan keliru satu ikan nila merah yg cocok sekali buat dijadikan bisnis jual beli ikan, usaha masakan & tentu apabila diolah cita rasanya enak dan gurih.

Dalam budidaya ikan nila merah, poly yg mengabaikan beberapa dasar dalam teknik budidaya itu sendiri sebagai akibatnya para pemula tak jarang mengalami kegagalan pada membudidayakan ikan nila merah.

Dalam membudidayakan ikan nila merah ada beberapa teknik seperti persiapan kolam, persiapan benih, penebaran benih ikan, pemeliharaan, & pemanenan yg harus diperhatikan agar didalam melakukan usaha budidaya ikan nila merah itu sendiri mendapatkan keuntungan yg aporisma, buat itu kami akan menaruh informasi tentang bagaimana cara budiday ikan nila merah yang baik & sahih,

Persiapan Kolam

Untuk persiapan kolam anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam terpal dan kolam semen. Pada umumnya masyarakat kebanyakan menggunakan kolam tanah.

Dalam hal ini buat ukuran kolam bisa anda tentukan dengan luas lahan yang terdapat, yang perlu diperhatikan pada pembuatan kolam merupakan menggunakan memperhatikan kedalaman kolam dengan kedalaman nir boleh kurang berdasarkan 1 meter, karena bila terlalu dangkal maka akan berakibat pada pertumbuhan ikan kurang optimal & kualitas ikan nila merah itu sendiri.

Sebelum melakukan pengisian air usahakan kolam di jemur selama dua-tiga hari terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menetralkan pH yang baik buat ikan nila, lantaran pH netral yang wajib dilakukan buat budidaya ikan nila merah yaitu sekitar 6-7 derajat.

Jika mempunyai kolam bekas pakai umumnya mempunyai pH dibawah 6 derajat. Untuk menetralkannya bisa kalian berikan kapur dolomite dengan mempunyai takaran sekitar lebih kurang 500 hingga 1000 kg/ha.

Untuk bisa menyuburkan dasar kolam tanah mampu diberikan pupuk organik berdasarkan pupuk kandang, lantaran dengan tanah dasar kolam yg subur akan sangat mengagumkan buat tumbuhnya plankton dan lumut menggunakan baik yang bisa menyediakan sebagai pakan alami buat ikan nila merah. Dengan catatan hadiah pupuk kandang dengan ditebar merata wajib dengan ketebalan lebih kurang 10 centimeter.

Setelah dilakukan anugerah pupuk sangkar dalam kolam tanah telah sanggup digenangi air, pengisian air sebaiknya sedikit demi sedikit, tahap pertama yakni diisi 20 cm. Lalu taburkan pupuk kimia urea dan lalu diamkan selama 3 hari, hal ini bertujuan agar sinar matahari tembus sampai ke dasar kolam & plankton bisa tumbuh subur. Selanjutnya kolam tersebut bisa di isi air penuh dengan tinggi 0,75 m.

Persiapan Benih

Salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya ikan nila merah adalah bagaimana caranya melakukan pemilihan bibit benih yang berkualitas, pilihlah benih ikan nila yang berukuran beratnya 10-20 gram atau sekitar 5-10 cm. Benih yang berkualitas dapat dilihat dengan kondisi dan gerakannya yang gesit.

Untuk jenis kelamin benih dalam ikan nila merah ini sebaiknya dipilih yang jantan karena pertumbuhan ikan nila merah jantan lebih cepat bila dibandingkan dengan ikan nila merah betina. Untuk disparitas bisa mencapai 30-40 %, maka pemeliharaan satu jenis kelamin pada ikan nila merah sangatlah dianjurkan sebagai akibatnya mampu mendapatkan output yang maksimal & saat yg lebih cepat.

Ikan nila mempunyai sifat gampang melakukan dalam pemijahan, sehingga bila pemeliharaan menggunakan 2 jenis kelamin maka tenaga ikan nila merah akan terbuang buat & mengakibatkan pertumbuhan menjadi terhambat pada dalam proses perkembangbiakan. Sudah poly benih ikan nila merah menggunakan jenis kelamin jantan pada pasaran yang kalian bisa beli.

Penebaran Benih

Jika kolam dan benih sudah siap maka benih ikan nila merah sudah bisa ditebar ke dalam kolam. Untuk dapat menghindari kematian dan stres pada benih ikan sebaiknya dilakukan adaptasi benih terlebih dahulu dengan cara benih ikan nila ditaruh dalam sebuah wadah yang berisikan air kolam beberapa jam, lalu ikan sudah siap ditebar secara perlahan dengan cara menenggelamkan wadah dengan posisi miring dan kemudian biarkan ikan keluar dengan sendirinya.

Pemeliharaan Ikan Nila Merah

Dalam membudidayakan ikan nila merah faktor penentu keberhasilan ialah masa pemeliharaan. Apabila proses pemeliharaan ini dilakukan dengan cara benar dengan memperhatikan beberapa masalah maka akan di dapat hasil yang maksimal. Hal yang perlu diperhatikan dalam tahap pemeliharaan sebagai berikut.

Tahap pertama yaitu menggunakan pemberian pakan yang benar. Dalam pemberian pakan dilakukan 2 kali pada sehari menggunakan jenis pakan yg mengandung protein 30%, dengan kebutuhan pakan disesuaikan menggunakan berat ikan nila yakni kurang lebih 3% berdasarkan berat tubuh. Cara buat mengetahui berat ikan nila merah dilakukan menggunakan mengambil sampel ikan setiap dua minggu sekali, sekaligus kalian bisa mengetahui perkembangan ikan tersebut.

Tahap kedua yaitu manajemen pengelolaan air kolam. Untuk syarat air yg baik dalam pemeliharaan ikan nila merah adalah menggunakan pH 6-7 derajat & kandungan oksigen yang tinggi. Untuk menerima kondisi air yg berkualitas dan terjaga dengan baik maka sebaiknya lakukan penggantian air minimal pada kurung ketika seminggu sekali sebanyak sepertiga volume air kolam. Jika tersedia genre air sungai yang mengaliri setiap hari jauh lebih baik. Untuk kandungan oksigen dapat dibuat kincir dengan kipas bertenaga listrik yg ditaruh ditengah-tengah kolam.

Panen Ikan Nila Merah

Untuk kebutuhan domestik biasanya ikan yang memiliki ukuran 300 hingga 500 gram dengan waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai ukuran tersebut kurang lebih sekitar 4-6 bulan. Pemanenan harus dilakukan dengan hati-hati dengan menggunakan jaring agar ikan nila tetap hidup dan sehat. Ketika ikan sudah diangkat maka letakkan pada wadah yang berisi air dan sirkulasi udara yang cukup. Pengangkutan dengan mobil terbuka dengan terlebih dahulu melakukan pengepakan dengan menggunakan plastik yang diberikan oksigen.

Itulah berita mengenai cara budidaya ikan nila merah yg baik dan sahih, gampang-mudahan mampu berguna dan menambah wawasan anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...