Jumat, 08 Mei 2020

4 Prinsip Geografi dan Contohnya (Artikel Lengkap)

Geografi adalah ilmu yg mengusut fenomena geosfer dan kehidupan pada muka bumi beserta hubungan antara manusia menggunakan lingkungan yang berkaitan dengan susunan keruangan dan kewilayahan. Fenomena geosfer tersebut merupakan gejala alam sebagai output menurut proses alam yang terjadi di bumi. Pada dasarnya, geografi membahas interaksi antara insan menggunakan lingkungannya. Studi geografi menggunakan beberapa prinsip. Prinsip tadi digunakan menjadi dasar uraian, dasar pengkajian, & dasar pengungkapan gejala & warta geografi. Berikut adalah prinsip-prinsip geografi bersama contohnya. Langsung saja kita simak yg pertama:

Prinsip geografi

1. Prinsip Sebaran (Distribusi)

Prinsip persebaran atau distribusi merupakan prinsip yang sebagai kunci pertama pada geografi. Dalam prinsip persebaran, gejala dan kabar geografi beredar pada permukaan bumi secara nir merata berdasarkan satu wilayah dengan yang lain. Contoh prinsip persebaran merupakan persebaran potensi air yg tidak sinkron menurut satu tempat menggunakan loka lain.

Dua. Prinsip Interelasi (Hubungan)

Dengan melihat & mendeskripsikan aneka macam sebaran gejala dan liputan geografi menggunakan menggunakan prinsip sebaran, kita akan dapat mengungkap relasi (hubungan) antara satu tanda-tanda & liputan menggunakan yg lain sebagai akibatnya dapat diramalkan lebih lanjut. Hubungan tadi dapat antara faktor fisis & faktor non-fisis serta antara faktor fisis & faktor insan. Contoh prinsip interelasi adalah kekeringan yg terjadi menjadi imbas menurut fenomena La Nina.

Tiga. Prinsip Deskripsi

Prinsip pelukisan atau penjelasan merupakan penggambaran lebih lanjut tentang tanda-tanda & keterangan geografi. Deskripsi akan menjelaskan karena dampak terjadinya interelasi. Prinsip ini menitikberatkan kepada kajian yang dilengkapi menggunakan peta, tabel, & analisis data statistik. Contoh prinsip deskripsi berupa karya tulis atau karya ilmiah mengenai laut Indonesia yang menampilkan peta daerah laut Indonesia.

4. Prinsip Korologi (Wilayah/Ruang)

Prinsip ini memiliki arti bahwa segala gejala & berita geografi yang dicermati berdasarkan penyebaran & interelasinya nir terlepas dari eksistensi ruang itu sendiri. Ruang memberi ciri terhadap kesatuan tanda-tanda, kesatuan fungsi, dan kesatuan bentuk. Prinsip ini memadukan 3 prinsip geografi yg telah disebutkan sebelumnya. Prinsip korologi adalah prinsip dasar geografi yg sebagai galat satu ciri-karakteristik geografi modern. Contoh prinsip korologi merupakan waktu kita akan meneliti hal yg berkaitan dengan suhu udara. Maka, kita harus meneliti disparitas suhu udara pada pedesaan dan perkotaan dan penyebab perbedaan tadi

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...